Gandeng Mitsui, Multipolar Bangun Data Center Tier-4 Senilai Rp 228 Miliar

Gandeng Mitsui, Multipolar Bangun Data Center Tier-4 Senilai Rp 228 Miliar
Multipolar ( Foto: istimewa )
Yosi Winosa Jumat, 29 Agustus 2014 | 17:18 WIB

Jakarta - PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) berencana melakukan kerja sama joint venture dengan Mitsui & Co, Ltd senilai Rp 228 miliar dengan komposisi kepemilikan saham 65-35 persen pada Oktober 2014.

Dalam kerja sama itu, Mitsui Knowledge Industry Co, Ltd (MKI), anak usaha Mitsui & Co Ltd, dan PT Graha Teknologi Nusantara (GTN), anak usaha MLPT akan membangun Data Center Tier-4 di Cikarang yang ditargetkan beroperasi akhir 2015.

"Melalui Tier-4 ini, kami akan terus melanjutkan layanan TI terbaik bagi konsumen, kami juga tengah dalam tahap perencanaan awal cloud computing di Tier-4," kata Direktur Bisnis Infrastruktur dan Solusi Multipolar Technology Jip Ivan Susanto kepada Beritasatu.com, Jumat (29/8).

Perusahaan belum mau memberikan nilai investasi pembangunan, namun disebutkan dari belanja modal (capital expenditures/ capex) MLPT tahun 2014 sebesar Rp 244 miliar.

PT Graha Teknologi Nusantara (GTN) menawarkan Data Center Tier-4 Ready sesuai dengan standar TIA 942 dan Uptime Institute dengan spesifikasi dual-path way, yaitu memiliki sumber daya listrik dari dua pembangkit yang terpisah dan melalui jalur penyedia Fiber Optic yang multicarrier.

Data Center Tier-4 Ready ini menggabungkan kompetensi di bidang perencanaan dan implementasi Disaster Recovery dan Business Continuity Plan, serta kemampuan Cloud Computing dari MKI yang sudah memiliki reputasi baik dan teruji pada pasar Jepang.

Layanan Data Center dari GTN ini menawarkan keunggulan kompetitif, dengan menerapkan prinsip green data center dengan menitik beratkan pada ramah lingkungan dan efisiensi penggunaan energi.