Kapal Diterjang Badai, 270 Kontainer Jatuh ke Laut

Kapal Diterjang Badai, 270 Kontainer Jatuh ke Laut
Kapal kargo MSC Zoe ( Foto: AFP / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Jumat, 4 Januari 2019 | 19:16 WIB

Berlin- Sejumlah 270 kontainer barang impor terjauh ke laut saat kapal kargo MSC Zoe diterjang badai Zeetje. Hingga Kamis (3/1), lebih dari 200 kontainer masih belum ditemukan.

Puing-puing sampah yang telah hanyut terdampar di pulau-pulau di lepas pantai utara Belanda. Puing-piung itu berserakan setelah sekitar 270 kontainer termasuk bahan kimia jatuh dari kapal kargo akibat badai.

Dalam seketika tingkat polusi menjadi tampak jelas di lima pulau termasuk Terschelling. Para penjaga pantai mencari kontainer yang di sekitar Laut Utara.
Kargo kontainer jatuh dari kapal MSC Zoe di dekat pulau Borkum, Jerman, tetapi gelombang laut membawa sebagian besar kontainer itu ke wilayah barat daya.

Namun para pejabat mengatakan tiga kontainer yang hilang membawa bubuk beracun peroksida organik. Penjaga pantai Belanda dan Jerman memperingatkan orang-orang lokal untuk menjauhi benda beracun itu.

Satu tas berisi 25kg bubuk peroksida ditemukan di pulau Schiermonnikoog pada hari Kamis, bersama dengan beberapa kontainer dan isinya.

Kapal MSC Zoe yang terdaftar di Panama ini digambarkan sebagai kapal kargo terbesar di Eropa, dengan potensi muatan 19.000 kontainer. Ketika badai Zeetje menerpa Jerman utara dengan angin kencang pada Selasa (1/1) malam, 270 kontainer kargo Zoe jatuh dari kapal dan masuk ke Laut Wadden.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE