Kroasia Desak Israel Segera Jual Jet Tempur

Kroasia Desak  Israel Segera Jual Jet Tempur
Pesawat tempur F-16 ( Foto: Antara/Siswowidodo )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 5 Januari 2019 | 19:35 WIB

Zagreb- Kroasia mendesak Israel untuk mengatasi perselisihan dengan Amerika Serikat (AS) sampai 11 Januari atau Kroasia akan membatalkan kesepakatan pembelian jet tempur buat AS.

Kroasia telah mendesak Israel untuk mengatasi perselisihan yang jarang terjadi dengan AS dan untuk mengkonfirmasi hal itu dapat dilakukan melalui kesepakatan untuk menjual 12 jet tempur buatan Amerika.

Pada Kamis (3/1), Kementerian Pertahanan Kroasia mengatakan mereka membutuhkan jawaban dari Israel pada 11 Januari atau pesanan senilai US$ 500 juta negara Balkan untuk puluhan pesawat F-16 akan dibatalkan.

Israel membuat kesepakatan tentatif untuk menjual pesawat tempur F-16 Barak yang dipercanggih ke Kroasia pada bulan Maret, sambil menunggu persetujuan AS karena mengizinkan jet-jet itu dialihkan ke pihak ketiga.

Kesepakatan itu mengalami masalah setelah Departemen Luar Negeri AS mengisyaratkan bahwa Israel perlu menanggalkan komponen pembaruan yang ditambahkan setelah Israel menerima pengiriman pesawat dari AS sekitar 30 tahun yang lalu.

Israel meningkatkan jet dengan sistem elektronik dan radar yang canggih, yang sangat penting dalam keputusan Kroasia untuk membeli pesawat dari Israel daripada pembelian langsung ke AS.

“Jika pesawat tidak sesuai dengan apa yang telah kami sepakati, kesepakatan itu tidak akan dilakukan dan kami akan memiliki tawaran pembelian lainnya,” kata Ketua Parlemen Kroasia, Gordan Jandrokovic, kepada AFP.



Sumber: Suara Pembaruan