Setelah Kecelakaan, Pangeran Philip Serahkan SIM

Setelah Kecelakaan, Pangeran Philip Serahkan SIM
Pangeran Philip. ( Foto: Mirror )
Unggul Wirawan / WIR Senin, 11 Februari 2019 | 12:18 WIB

London,Beritasatu.com- Suami Ratu Elizabeth yang berusia 97 tahun, Pangeran Philip telah secara sukarela melepaskan Surat Izin Mengemudi-nya setelah kecelakaan bulan lalu. Hal itu diumumkan Istana Buckingham pada Sabtu (9/2).

Philip selamat tanpa cedera saat kecelakaan pada 17 Januari ketika Land Rover yang dikendarai terbalik. Mobil yang dikendarai Philip tabrakan dengan mobil dekat dengan kediaman bangsawan Sandringham di Inggris timur.

"Setelah pertimbangan matang, Duke of Edinburgh telah mengambil keputusan untuk secara sukarela menyerahkan SIM-nya," kata istana kerajaan dalam satu pernyataan.

Pengemudi lain, seorang wanita berusia 28 tahun, menderita luka di lututnya. Ada juga seorang wanita berusia 45 tahun di dalam mobil, yang juga memiliki bayi berusia sembilan bulan juga mengalami patah pergelangan tangan.

Philip, yang berpendapat bahwa sinar matahari rendah telah mempengaruhi penglihatannya karena kecelakaan itu. Dia juga menerima peringatan dari polisi karena mengemudi tanpa sabuk pengaman, dua hari setelah kecelakaan itu.

Polisi Norfolk mengkonfirmasi bahwa Philip secara sukarela menyerahkan lisensinya kepada petugas pada Sabtu. Polisi akan meneruskan lisensi ke otoritas lisensi Inggris, DVLA.

"File investigasi untuk tabrakan (17 Januari) telah diserahkan ke Layanan Kejaksaan Mahkota untuk dipertimbangkan," tambahnya.

Philip sudah pensiun dari kehidupan publik pada tahun 2017, meskipun ia kadang-kadang masih muncul bersama istrinya yang berusia 92 tahun saat acara-acara resmi.

Tidak ada usia legal di Inggris untuk berhenti mengemudi, tetapi pengemudi di atas 70 harus memperbarui lisensi mereka setiap tiga tahun.



Sumber: Suara Pembaruan