Perangi Obesitas, Rumania akan Pajaki Minuman Manis

Perangi Obesitas, Rumania akan Pajaki Minuman Manis
Obesitas ( Foto: Fox News )
Happy Amanda Amalia / PYA Selasa, 6 Agustus 2019 | 23:05 WIB

BUCHAREST, beritasatu.com – Pemerintah Rumania pada Selasa (6/8) mengumumkan rencana pemungutan pajak atas minuman manis ringan kategori B untuk memerangi obesitas. Langkah ini mengikuti jejak negara-negara di Eropa lainnya, seperti Prancis.

“Pajak ini ditujukan mencegah konsumsi (minuman manis), dan meningkatkan pendapatan publik yang dapat dibelanjakan di bidang kesehatan dan pendidikan. Epidemi obesitas di Uni Eropa merupakan sebuah beban besar pada sistem kesehatan,” demikian disampaikan kementerian keuangan dalam dokumen yang dirilis, Selasa.

Pungutan pajak baru itu harus naik 66 juta euro (US$ 74 juta) selama sisa 2019, dan akan dijadikan sebagai bagian dari tinjauan anggaran yang lebih luas, yang juga akan melihat kenaikan pajak pada tembakau, dan pengurangan anggaran di daerah-daerah tertentu dari pengeluaran publik.

Pemerintah sayap kiri dilaporkan sedang berusaha mempertahankan target defisit publik sebesar 2,76% pada tahun ini. Tetapi, tugas tersebut semakin sulit dengan kenaikan tunjangan pensiun dan upah sektor publik yang masuk pada 2018.

Kelompok oposisi tengah pun mencemooh kebijakan pajak yang baru, dan menunjukkan proposal serupa yang diajukan oleh partai USR liberal pada April namun mendapat penolakan dari pemerintah pada saat itu.

Sedangkan asosiasi produsen minuman ringan di Rumania mengecam pajak itu sebagai tindakan "diskriminatif", dan akan merusak sektor yang telah menyumbang sekitar 60.000 pekerjaan.

Menurut perusahaan konsultan KeysFin, pasar minuman manis di Rumania bernilai sekitar 1,2 miliar euro.



Sumber: AFP