UE Tolak Negosiasi Ulang Brexit

UE Tolak Negosiasi Ulang Brexit
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson (kanan) bertemu dengan Perdana Menteri Estonia Juri Ratas di 10 Downing Street, di London, Selasa (6/8/2019). ( Foto: AFP / Dominic Lipinski )
Natasia Christy Wahyuni / WIR Rabu, 7 Agustus 2019 | 18:32 WIB

London, Beritasatu.com- Menteri kabinet Inggris Michael Gove menyatakan Uni Eropa (UE) tampaknya menolak untuk bernegosiasi dengan Inggris atas kesepakatan baru Brexit.

Gove, yang bertanggung jawab untuk rencana Brexit tanpa kesepakatan (no-deal Brexit), mengaku sangat sedih karena menurutnya Brussels menyatakan “tidak, kami tidak ingin berbicara”.

Pernyataan itu disampaikan Gove setelah UE mengatakan tuntutan Inggris untuk menghapuskan penghalang (backstop) Irlandia dari kesepakatan Theresa May tidak bisa diterima. Perdana Menteri (PM) Irlandia Leo Varadkar telah menekankan bahwa kesepakatan penarikan, termasuk backstop, tidak bisa dinegosiasikan ulang.

“Pada saat ini, UE tampaknya akan mengatakan mereka tidak tertarik, mereka hanya mengatakan 'tidak, kami tidak ingin bicara',” kata Gove.

“Saya pikir itu salah dan menyedihkan, itu bukan untuk kepentingan Eropa,” tambahnya.

Sementara itu, Komisi Eropa menyatakan bersedia melakukan pembicaraan lanjutan jika Inggris ingin mengklarifikasi posisinya. Di pihak lain, sekelompok politisi telah memulai langkah hukum untuk mencegah PM baru Boris Johnson menutup parlemen demi memaksakan Brexit tanpa kesepakatan.

Kesepakatan Brexit dari Theresa May telah ditolak tiga kali oleh anggota parlemen, sedangkan pemerintahan baru Inggris di bawah Johnson menegaskan Inggris bagaimana pun akan keluar dari UE pada 31 Oktober entah disetujui atau tidak.

Pada Senin (5/8), para perunding UE mengatakan kepada para diplomat di sana bahwa saat ini tidak ada diskusi yang bermakna, dan pembicaraan kembali ke titik mereka berada tiga tahun lalu. Seorang diplomat senior UE dilaporkan mengatakan no-deal Brexit tampaknya akan menjadi skenario pusat dari Pemerintah Inggris.



Sumber: Suara Pembaruan