Inggris Sita Heroin Senilai Rp 694,5 Miliar

Inggris Sita Heroin Senilai Rp 694,5 Miliar
Aparat keamanan Inggris menyatakan pada Selasa (6/8/2019) telah menyitas sekitar 398 kilogram heroin, disembunyikan di bawah banyak handuk dan jubah mandi dalam kapal yang mencurigakan di Felixstowe, Inggris. ( Foto: CNN / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Rabu, 7 Agustus 2019 | 17:44 WIB

London, Beritasatu.com- Penegak hukum Inggris telah menyita 40 juta poundsterling (Rp 694,5 miliar) narkoba setelah operasi antinarkoba internasional. Seperti dilaporan CNN, pada Selasa (6/8), Badan Antikejahatan Nasional (NCA) Inggris menyatakan pengungkapan ini merupakan kasus yang terbesar.

"Petugas dari Pasukan Perbatasan dan NCA bertindak Jumat lalu atas laporan intelijen yang mengidentifikasi kapal yang mencurigakan di Felixstowe, Inggris," kata NCA.

Di dalam, petugas menemukan satu wadah berisi sekitar 398 kilogram heroin, disembunyikan di bawah banyak handuk dan jubah mandi.

"Narkoba akan bernilai setidaknya 9 juta poundsterling untuk penjahat terorganisasi yang menjual seluruh pengiriman secara grosir, dan setidaknya 40 juta poundsterling di pasaran gelap Inggris dan negara-negara Eropa lainnya," kata NCA.

Temuan heroin sengaja dibiarkan dan peti kemas dikembalikan ke kapal dan dikirim dalam perjalanan. Setelah tiba di pelabuhan Antwerp, Belgia, peti kemas lalu  dipindahkan dengan truk ke kota Belanda Rotterdam, semua  proses pengiriman di bawah pengawasan ketat polisi. Ketika tersangka mengambil langkah untuk membongkar isinya, polisi Belanda lantas menyergap.

Dua penangkapan telah dilakukan oleh Polisi Belanda. Seorang tersangka pria dari Bromsgrove, Inggris, juga telah ditangkap.

"Penyitaan substansial seperti ini membantu menjaga komunitas tetap aman dan menghantam kelompok kejahatan terorganisir yang terlibat dalam perdagangan narkoba internasional," kata Wakil Direktur Pasukan Perbatasan Mark Kennedy.



Sumber: Suara Pembaruan