Inggris Bongkar Jaringan Heroin Senilai Rp 2 Triliun

Inggris Bongkar Jaringan Heroin Senilai Rp 2 Triliun
Foto selebaran yang dirilis oleh National Crime Agency (NCA) pada 3 September 2019 menunjukkan paket-paket heroin yang disita. Operasi internasional ini telah menjaring penyitaan heroin terbesar di Inggris setelah temuan hampir 1,3 ton heroin di kapal peti kemas. ( Foto: AFP / Badan AntiKriminal Nasional )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 5 September 2019 | 21:41 WIB

London, Beritasatu.com- Satu operasi internasional telah membongkar sindikat heroin terbesar di Inggris. Pada Rabu (3/9), Badan Anti-Kejahatan Nasional (NCA) menyatakan hampir 1,3 ton ditemukan dari kapal peti kemas.

Menurut NCA, pihak berwenang menyerbu kapal MV Gibraltar setelah merapat di pelabuhan Felixstowe Inggris selatan pada 30 Agustus.

Polisi Inggris telah menemukan bahwa heroin akan berada di kapal ketika merapat dalam perjalanan ke Antwerp. Paket kiriman narkoba itu memiliki nilai jalanan sekitar 120 juta poundsterling (US$145 juta atau sekitar Rp 2 triliun).

“Para penyelundup telah menyembunyikan obat-obatan itu dalam satu handuk penuh, menjahit 1 kg heroin di dalam beberapa handuk. Secara total, petugas saya butuh hampir enam jam - bekerja pada jam-jam awal Sabtu pagi - untuk mengeluarkan narkoba itu,” kata Jenny Sharp, Asisten Direktur Border Force di Felixstowe.

Wadah itu kemudian diletakkan kembali di atas kapal saat berangkat menuju Antwerp. Badan-badan penegak hukum Belanda dan Belgia melacak wadah itu ketika sedang berjalan dengan truk dari Antwerpen ke Rotterdam. Paket itu kemudian pindah dan menangkap empat tersangka ketika mereka menurunkan barang kiriman.

“Ini adalah rekor penyitaan heroin di Inggris dan salah satu yang terbesar di Eropa. Ukuran ini dan pengiriman terbaru lainnya menunjukkan skala ancaman yang kita hadapi," kata Matt Horne dari NCA.



Sumber: Suara Pembaruan