Dukung Keamanan Warga, Kota Sevilla Gunakan Lampu Signify

Dukung Keamanan Warga, Kota Sevilla Gunakan Lampu Signify
Petugas kota memasang lampu tenaga surya dari Signify untuk penerangan jalan di Taman Infanta Elena, Kota Sevilla, Spanyol sebagai proyek percontohan pembangunan berkelanjutan. ( Foto: Signify Indonesia / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Kamis, 3 Oktober 2019 | 15:48 WIB

Sevilla, Beritasatu.com- Pemerintah Kota Sevilla, Spanyol menggunakan penerangan lampu Signify untuk mendukung keamanan warga. Sejumlah 20 lampu jalan tenaga surya Philips SunStay akan dipasang di Taman Infanta Elena sebagai proyek percontohan.

“Sevilla merupakan kota yang berkomitmen untuk memerangi perubahan iklim dan sebuah model kota berkelanjutan yang memenuhi tujuan rencana strategis Sevilla 2030 serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dari PBB,” kata Juan Espadas, Wali Kota Sevilla.

Pemasangan lampu Philips SunStay menegaskan komitmen kota Sevilla dan Signify atas keberlanjutan (sustainability). Signify, produsen pencahayaan, menggunakan penerangan bertenaga surya untuk meningkatkan keamanan pengunjung Taman Infanta Elena di Sevilla, Spanyol.

“Seluruh pasokan listrik kota dialihkan menjadi 100% energi terbarukan. Itulah mengapa sangat penting untuk mengembangkan proyek bisnis inovatif di salah satu area hijau di kota, untuk menemukan solusi yang meningkatkan penggunaan ruang publik warga dan pada saat yang bersamaan, berkontribusi terhadap pengurangan emisi dan tujuan keberlanjutan,” ujarnya.

Dengan mengintegrasikan panel tenaga surya, luminer, pengontrol pengisi daya, dan baterai dalam satu rumah lampu, lampu jalan Philips SunStay menjadi ringkas dan mudah dipasang serta dirawat.

Lampu jalan tenaga surya tersebut juga akan membantu Sevilla, satu kota yang berkomitmen terhadap keberlanjutan dan ekologi, untuk mengurangi biaya energi dan memperbaiki jejak karbonnya.

Lebih Efisien

Lampu jalan Philips SunStay menghemat biaya pemasangan kabel, mengurangi jejak karbon, serta menurunkan pengeluaran operasional dan modal keseluruhan.

Dengan output 3.000 lumen cahaya kuning dan kecukupan 175 lm/W, lampu-lampu tersebut lebih efisien dibandingkan lampu jalan bertenaga surya yang sudah ada.

“Kami sangat senang dapat menunjukkan relevansi pencahayaan bertenaga surya di negara-negara Eropa,” ujar Harsh Chitale, Business Group Leader Professional.

Pencahayaan taman memungkinkan latihan olahraga luar ruang pada malam hari, selain fasilitas yang sudah ada sekarang, juga memaksimalkan penggunaan ruang hijau kota ini oleh warga sekitar dan pengunjung.

“Saya yakin semakin banyak kota-kota yang akan mengadopsi instalasi penerangan jalan bertenaga surya di Eropa, mendukung ekspektasi pertumbuhan kuat segmen pasar ini untuk tahun-tahun mendatang,” tambah Chitale.

Pencahayaan baru yang telah dipasang pada bulan Juni ini dikerjakan dalam waktu yang lebih singkat dari waktu yang dibutuhkan untuk penerangan umum konvensional, berkat pekerjaan sipil dan instalasi kabel, yang mengurangi biaya dan ketidaknyamanan bagi warga.

Proyek percontohan tenaga surya di Sevilla ini sejalan dengan Signify dalam hal keberlanjutan. Signify berkomitmen untuk menciptakan kehidupan yang lebih cerah dan dunia yang lebih baik dengan menyediakan pencahayaan yang hemat energi, menghemat sumber daya, dan meningkatkan kehidupan.

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Signify telah mencapai netralitas karbon di Spanyol pada tahun 2017. Philips SunStay juga merupakan solusi penerangan jalan berbasis tenaga surya yang tepat untuk negara-negara tropis dengan banyak sinar matahari seperti Indonesia.

Pencahayaan ini mendukung peralihan ke kota-kota pintar yang berkelanjutan dengan menghemat biaya energi serta mengurangi ketergantungan pada jaringan listrik.



Sumber: Suara Pembaruan