Rumah Hitler Akan Dijadikan Kantor Polisi Austria

Rumah Hitler Akan Dijadikan Kantor Polisi Austria
Tampilan eksterior rumah kelahiran Adolf Hitler, di Braunau am Inn, Austria, pada 27 September 2012. ( Foto: AP / Kerstin Joensson )
Unggul Wirawan / WIR Sabtu, 23 November 2019 | 15:52 WIB

Wina, Beritasatu.com- Rumah tempat Adolf Hitler dilahirkan akan diubah menjadi kantor polisi Austria. Pada Selasa (19/11), Menteri Dalam Negeri Austria Wolfgang Peschorn, menegaskan rencana tersebut. Keputusan ini muncul setelah debat bertahun-tahun tentang cara terbaik untuk mencegah rumah itu menjadi situs ziarah bagi neo-Nazi.

Pemerintah Austria akan mengundang arsitek untuk mengajukan rencana untuk mendesain ulang bangunan rumah Hitler untuk dijadikan kantor kepolisian setempat. Tindakan itu dilakukan setelah baru-baru ini melakukan pembelian rumah wajib di Braunau am Inn, satu kota di perbatasan dengan Jerman.

“Penggunaan rumah di masa depan oleh polisi harus mengirimkan sinyal yang tidak salah lagi bahwa bangunan ini tidak akan pernah lagi membangkitkan ingatan soal Sosialisme Nasional,” ujar Menteri Dalam Negeri Wolfgang Peschorn.

Menurut Kementerian Dalam Negeri, arsitek dari seluruh Uni Eropa akan diundang untuk menyerahkan rencana untuk mendesain ulang bangunan bulan ini. Juri ahli dan pejabat publik akan memilih desain yang terpilih di paruh pertama tahun depan.

Meskipun Hitler lahir di Braunau pada tahun 1889, Austria berpendapat selama beberapa dekade bahwa itu adalah korban pertama Sosialisme Nasional, yang dianeksasi oleh Jerman Hitler pada tahun 1938.

Namun, pemerintah baru-baru ini mengakui bahwa warga Austria juga merupakan pelaku kejahatan Nazi dan bahwa ada sedikit perlawanan terhadap kekuasaan Hitler.



Sumber: Suara Pembaruan