Koleksi Perhiasan Museum Jerman Digasak

Koleksi Perhiasan Museum Jerman Digasak
Seorang ahli forensik menggeledah daerah sekitar di depan Istana Kerajaan tempat Museum Green Vault (Gruenes Gewoelbe) berada di Dresden, Jerman timur, Senin (25/11/2019). (Foto: AFP/DPA / Sebastian Kahnert)
Unggul Wirawan / WIR Selasa, 26 November 2019 | 08:52 WIB

Berlin, Beritasatu.com- Tiga set perhiasan abad ke-18 koleksi museum Green Vault di Jerman. Museum tersebut merupakan salah satu museum tertua di dunia.

Seperti dilaporkan VoA, polisi mengaku mendapat peringatan pencurian di museum itu tidak lama menjelang pukul 5 pagi waktu setempat. Polisi baru tiba di tempat kejadian beberapa menit kemudian.

Belum ada tersangka yang ditahan tetapi pihak berwenang sedang meninjau rekaman dari kamera keamanan. Pada jumpa pers Senin (25/11), seorang penyelidik polisi mengatakan dua tersangka memutus aliran listrik, dan masuk dengan memecah jendela.
Penyidik mengatakan pencuri langsung menuju lemari pajangan dan juga menghancurkannya. Ada indikasi para pelaku memiliki mobil yang menunggu untuk membantu pelarian mereka.

Direktur koleksi seni negara, Marion Ackermann, mengatakan meskipun beberapa media melaporkan barang-barang yang dicuri itu bernilai ratusan juta, atau bahkan mungkin satu miliar dolar, nilai artistik dan historisnya "tidak ternilai." Penting disampaikan bahwa makna dan kualitas khususnya terletak pada kenyataan bahwa koleksi tersebut diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi sebagai satu set lengkap.

"Saya juga ingin menyampaikan bahwa nilai material masing-masing benda itu tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan nilai satu set lengkap benda bersejarah ini. Seperti kalian ketahui, koleksi ini bisa digambarkan sebagai harta negara abad ke-18," kata Ackermann.



Sumber: Suara Pembaruan