Raikkonen Menangi GP Amerika, Gelar Juara Hamilton Tertunda

Raikkonen Menangi GP Amerika, Gelar Juara Hamilton Tertunda
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton dalam babak kualifikasi di Barcelona, Spanyol, 13 Mei 2017. ( Foto: AFP )
/ CAH Senin, 22 Oktober 2018 | 07:19 WIB

Austin, Texas - Lewis Hamilton belum dapat memastikan gelar juara dunia Formula Satu 2018 setelah pembalap tim Mercedes tersebut finis di urutan tiga Grand Prix Amerika Serikat, Minggu (22/10). Balapan GP Amerika dimenangkan pembalap veteran Ferrari Kimi Raikkkonen.

Bagi Raikkonen, pembalap Finlandia berusia 39 tahun, kemenangan di Austin itu adalah trofi grand prix pertamanya sejak GP Australia tahun 2013 bersama tim Lotus- atau selang 113 lomba ke belakang.

Sementara itu pembalap muda Belanda Max Verstappen membuat kejutan dengan finis urutan kedua meskipun start dari posisi grid 18.

Pembalap tim Ferrari Sebastian Vettel, yang menjadi satu-satunya pesaing Hamilton dalam perburuan gelar juara dunia tahun ini, sempat berada di urutan 18 pada putaran pembukaan sebelum finisi di posisi keempat.

Dengan hasil lomba di Austin tersebut, persaingan gelar juara dunia masih terbuka pada grand prix berikutnya di Meksiko pekan depan.

Hamilton, yang mengantongi 346 poin, kini memimpin 70 poin di atas rival terdekatnya Vettel, dengan sisa tiga lomba lagi tahun ini.

Jika Vettel menang di Meksiko pekan depan, maka Hamilton harus finis minimal di urutan tujuh untuk memastikan gelar juara dunia untuk kelima kalinya.

"Saya mengira kami akan bisa tampil lebih bagus, namun ini hasil terbaik yang bisa kami raih hari ini. Kami tinggal perlu tetap berusaha untuk lomba berikutnya," kata Hamilton.

"Saya tidak percaya strategi kami berakhir seperti ini," kata pembalap Inggris itu yang start di urutan pertama namun terkejar oleh Raikkonen pada tikungan pertama sirkuit.



Sumber: ANTARA
CLOSE