Pemprov DKI Siapkan Dua Alternatif Rute Formula E 2020

Pemprov DKI Siapkan Dua Alternatif Rute Formula E 2020
Ilustrasi Balap Mobil Formula E. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Lenny Tristia Tambun / FER Senin, 15 Juli 2019 | 19:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI telah menyediakan dua rute alternatif yang akan dijadikan lintasan lomba balap mobil Formula E 2020 di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan, dua alternatif rute tersebut dipilih lembaga penyelenggara Formula E 2020. Kedua rute tersebut, dipilih dari lima rute yang diusulkan Pemprov DKI Jakarta.

"Pihak panitia sudah datang pada 8 Juli kemarin. Mereka sudah melakukan survei lintasan yang akan digunakan dalam Formula E 2020. Kemarin itu dari penyelenggara, diambil dua rute alternatif,” kata Syafrin Liputo, Senin (15/7/2019).

Adapun rute pertama adalah Silang Monas Tenggara (belakang Stasiun Gambir) - Jalan MI Ridwan Rais - berputar di Tugu Tani - kembali ke Jalan MI Ridwan Rais - Jalan Medan Merdeka Selatan - putar balik di depan Wisma Antara - kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan - Silang Monas Tenggara.

"Yang pertama nanti pit stop-nya itu di Monas, belakangnya Stasiun Gambir," ujar Syafrin Liputo.

Sedangkan rute kedua adalah Silang Monas Selatan (sebagai pit stop) - Jalan Medan Merdeka Selatan - belakang Stasiun Gambir - Jalan MI Ridwan Rais - belok kanan ke Jalan Medan Merdeka Selatan - Bundaran Air Mancur - Silang Monas Selatan.

Sayangnya, dalam rute kedua ini ada sedikit kendala. Pasalnya, Jalan Medan Merdeka Selatan mengarah ke Ridwan Rais dari arah utara tidak ada bukaan jalan. Sehingga diperlukan pembukaan jalur di jalan tersebut.

"Hingga saat ini, Pemprov DKI masih menunggu keputusan lembaga penyelenggara turnamen balap mobil bertenaga listrik itu soal lintasan yang akan digunakan. Setelah ada keputusan, Pemprov DKI akan mempersiapkan lintasan tersebut. Nanti akan kita lakukan persiapan sehingga sarana prasarana itu memenuhi standar penyelenggara," terang Syafrin Liputo.

Seperti diketahui, Kota Jakarta bakal menjadi tuan rumah turnamen Formula E Tahun 2020. Formula E adalah turnamen balap mobil bertenaga listrik yang digelar di sirkuit jalan raya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebelumnya telah menginformasikan hal itu melalui akun Instagram-nya, @aniesbaswedan, Minggu (14/7/2019).

"Alhamdulillah, berhasil! Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020," tulis Anies dalam keterangan foto di akun Instagram-nya.



Sumber: BeritaSatu.com