Musim Ini F-1 Mau Tambah Seri Balapan di Eropa

Musim Ini F-1 Mau Tambah Seri Balapan di Eropa
Balapan Formula 3 di Sirkuit Silverstone Inggris. (Foto: PR / PR)
Surya Lesmana / LES Jumat, 12 Juni 2020 | 15:36 WIB

London, Beritasatu.com – Manajemen Formula Satu (F-1) tengah menyiapkan sejumlah seri balapan di Eropa, menyusul adanya rencana pembatalan di Asia dan Amerika terkait pandemi Covid-19.

Jadwal saat ini seri balapan mesin jet darat tersebut sebanyak delapan kali di sirkuit di Eropa. Namun manajemen F-1 berharap masih bisa ditambah hingga 15-18 seri.

Grand Prix di Asia, Monaco, Belanda, dan Prancis telah diputuskan ditunda. Kemudian Azerbaijan, Singapura, dan Jepang, juga disebut-sebut bakal melakukan hal yang sama. Kemudian balapan di Brasil, Meksiko, dan Texas (AS) belum ada kepastian.

“Kami memiliki sejumlah perbedaan opini. Namun kami yakin akan menjalankan balapan di putaran kedua ini. Ada kepentingan untuk menambah seri balapan di Eropa. Saya rasa Bahrain dan Abu Dhabi akan mendukung kami, sehingga balapan akan menjadi 10 seri. Kami tinggal mencari lima atau enam seri balapan lagi,” ungkap managing director F-1 Ross Brawn seperti dikutip di situs formula1.com, Jumat (12/6/2020).

Seri perdana F-1 musim 2020 seharusnya berlangsung di Australia pada 15 Maret lalu. Namun merebaknya Covid-19 membuat seri perdana kemungkinan digelar di Austria dengan jadwal antara 5 Juli atau 12 Juli.

Kemudian pada Agustus dijadwalkan dua seri balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris, dan berikutnya Hongaria, Spanyol, Belgia, dan Italia.

Italia juga kemungkinan menggelar dua seri balapan, yakni di San Marno, dan antara Sirkuit Mugello yang dmiliki tim Ferrari atau di Imola.

Sedangkan seri tambahan yang tengah disiapkan, adalah di Hockenheim (Jerman), kemudian di Portimao (Portugal). Russia menjadi pilihan berikutnya, dengan kemungkinan menggelar dua seri balapan.

Seri balapan F-1 akan berakhir di Abu Dhabi bulan Desember setelah sebelumnya di Bahrain. “Kami juga tengah memikirkan Bahrain digelar dua seri balapan. Karena di sana banyak kofigurasinya, dengan lintasan yang berbeda,” jelas Brawn.

 



Sumber: eurosport.com