Iduladha, Anies Baswedan Tidak Gelar Silaturahmi Keluarga Besar

Iduladha, Anies Baswedan Tidak Gelar Silaturahmi Keluarga Besar

Jumat, 31 Juli 2020 | 11:14 WIB
Oleh : Hotman Siregar / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi, melaksanakan salat Iduladha 1441 H dengan protokol kesehatan di Masjid Fatahillah, Balai Kota Jakarta, pada Jumat (31/7/2020) pagi.

Dalam perayaan Iduladha kali ini, Anies mengenang ketangguhan keluarga Nabi Ibrahim AS yang patut diteladani oleh keluarga-keluarga di masa pandemi seperti sekarang ini.

"Keteladanan sebuah keluarga, ketaatan seorang anak Ismail AS, ketakwaan seorang Ibrahim AS, dan keikhlasan seorang Ibu Siti Hajar. Tiga pribadi ini yang terus-menerus diulang kisahnya dan keteladanannya. Inilah kesempatan bagi kita, keluarga-keluarga, untuk meneladani betapa besarnya cobaan yang dialami oleh Ibrahim AS sekeluarga, dan keluarga-keluarga kita hari ini mengalami cobaan yang tidak kalah ringan," kata Anies.

Usai salat, Gubernur Anies dan Wagub Ariza menyerahkan masing-masing satu ekor sapi sebagai hewan kurban untuk disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) PD Dharma Jaya. "Jadi tadi kami menitipkan seekor sapi beratnya 1,3 ton. Kemudian sapi yang dari Pak Wagub tadi beratnya 1 ton, yang nanti akan dipotong di Dharma Jaya," ujar Anies.

Kemudian Gubernur Anies turut mengapresiasi para pengelola yang dengan disiplin mengatur jalannya perayaan Iduladha dengan protokol kesehatan. "Ketika kita menggunakan masker, ketika kita mencuci tangan secara rutin, dan memastikan ada jarak, maka itu namanya kita ikut bertanggung jawab. Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada semua yang terlibat. Saya ingatkan hari ini supaya seluruh protokol itu diikuti dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Anies kemudian menceritakan perbedaan perayaan Hari Raya Iduladha tahun ini yang dilakukan tanpa silaturahmi bersama keluarga besar, melainkan sekadar kumpul bersama keluarga inti di rumah. Untuk mencegah penularan Covid-19, tahun ini Anies juga tidak mengajak keluarga menyaksikan pemotongan hewan kurban.

Peninjauan akan tetap dilakukan oleh Gubernur Anies ke beberapa tempat untuk memastikan pelaksanaannya sesuai dengan syariat dan protokol kesehatan, serta distribusi daging yang ramah lingkungan. "Semoga kurban kita diterima oleh Allah SWT, dan inshaallah bisa memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita yang hari ini akan menikmati dagingnya," tandas Anies.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Lalin Puncak Ramai Lancar, One Way Situasional

Lalu lintas di ruas Jalur Puncak terpantau ramai lancar pada Jumat (31/7/2020) atau bertepatan Perayaan Iduladha 1441 H.

MEGAPOLITAN | 31 Juli 2020

Sudin KPKP Jakpus Akan Periksa 530 Ekor Hewan Kurban di Lokasi

102 orang petugas akan mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban di sejumlah lokasi di Jakarta Pusat mulai hari ini sampai dengan Senin (3/8/2020) mendatang.

MEGAPOLITAN | 31 Juli 2020

Iduladha 1441 H, Wali Kota Jakpus: Patuhi Protokol Kesehatan

Penyelenggaraan ibadah dapat dilaksanakan namun dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

MEGAPOLITAN | 31 Juli 2020

Jokowi Salat Iduladha di Halaman Wisma Bayurini Istana Bogor

Pelaksanaan salat dilakukan dengan menjaga jarak antarjemaah dan menjalankan protokol kesehatan lainnya secara ketat.

MEGAPOLITAN | 31 Juli 2020

Anies Tegaskan Angka Positivity Rate Jakarta Kredibel dan Terpercaya

Angka tersebut diambil dari hasil testing yang cukup banyak dan bahkan jumlahnya 4 kali lipat dari standar yang ditetapkan WHO.

MEGAPOLITAN | 31 Juli 2020

Kunjungi SMA Regina Pacis Bogor, Nadiem Makarim Sapa Murid Lewat Laptop

Nadiem juga mendoakan agar para murid dapat belajar lagi secara langsung di sekolah dan bisa berjumpa dengan guru maupun teman-temannya.

MEGAPOLITAN | 30 Juli 2020

PSBB Transisi, Anies Ajak Masyarakat Bagi Tugas dengan Pemerintah Lawan Covid-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali mengajak masyarakat DKI Jakarta berbagi tugas dengan pemerintah dalam melawan Covid-19 di masa PSBB transisi.

MEGAPOLITAN | 30 Juli 2020

Penataan Kampung Arab di Puncak, Ombudsman Temukan Potensi Malaadministrasi

Secara administratif nama yang tertera di sertifikat adalah nama penduduk lokal, tetapi pemilik sebenarnya adalah WNA.

MEGAPOLITAN | 30 Juli 2020

Palyja Sumbang 11 Hewan Kurban

Bantuan hewan kurban Iduladha yang merupakan program tahunan CSR tersebut ditujukan kepada masyarakat di area pelayanan Palyja.

MEGAPOLITAN | 30 Juli 2020

Ini 25 Ruas Jalan di Jakarta yang Akan Terapkan Ganjil-Genap

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap mulai Senin, 3 Agustus 2020.

MEGAPOLITAN | 30 Juli 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS