Panglima TNI: Pendisiplinan Protokol Kesehatan Akan Dilakukan Bertahap

Panglima TNI: Pendisiplinan Protokol Kesehatan Akan Dilakukan Bertahap

Selasa, 26 Mei 2020 | 12:36 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan mengatakan pelaksanaan pendisplinan protokol kesehatan akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, akan diterapkan di empat provinsi dan satu kota, yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo, serta Kota Bekasi. Keempat provinsi ini merupakan daerah yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

“Dalam tahap pertama ini, akan kita laksanakan di empat tempat, yaitu di DKI Jakarta, khususnya di Bundaran HI, kemudian di wilayah Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gorontalo,” kata Hadi Tjahjanto seusai mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Selasa (26/5/2020).

Untuk tahap pertama ini, pihaknya akan mengatur kapasitas dari pusat perbelanjaan atau restoran dengan memperbolehkan hanya 50 persen dari total jumlah kapasitas di pusat perbelanjaan, restoran atau perdagangan.

Baca juga: Tegakkan Protokol Kesehatan, TNI-Polri Dikerahkan di 1.800 Titik Keramaian

“Tahap pertama akan kita atur mal kapasitasnya 1.000, mungkin kita akan izinkan untuk 500 saja dan kita awasi, termasuk juga rumah makan harusnya 500 hanya 200 saja. Ini kita lakukan atas kerja sama antara TNI, Polri dan pemerintah daerah termasuk koordinasi dengan Gugus Tugas,” terang Hadi Tjahjanto.

Menurut Hadi Tjahjanto, pelaksanaan pendisiplinan yang dilakukan secara bertahap ini akan dilakukan di tempat lalu lintas masyarakat, stasiun kereta dan tempat-tempat niaga atau perdagangan.

“Nanti siang rencananya Presiden juga akan meninjau tempat niaga, khususnya Food Hall di Bekasi, dan termasuk tempat-tempat untuk mendukung kepentingan masyarakat yaitu apotek, penjualan obat. Ini yang akan terus kita awasi,” terang Hadi Tjahjanto.

Ia mengharapkan dengan peningkatan penerapan protokol kesehatan di 1.800 titik yang tersebar di empat provinsi dan 25 kabupaten/Kota dapat menurunkan yang data angka reproduksi (reproductive number/R0) virus corona atau Covid-19 di bawah angka satu.

“Oleh sebab itu, saya mohon dukungan untuk berhasilnya pelaksanaan pendisplinan protokol kesehatan tersebut. Mudah-mudahan empat provinsi dan 25 kabupaten/kota tersebut, R0 bisa turun sampai 0,7 sampai bawah lagi yang lebih bagus,” tutur Hadi Tjahjanto.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Kampus Harus Berperan Aktif dalam Transformasi “New Normal Life”

Butuh waktu untuk mengadopsi tatanan kehidupan normal baru ini. Untuk itu, edukasi terus menerus sangat dibutuhkan.

NASIONAL | 26 Mei 2020

Studysaster Perkuat Peran Guru dalam Edukasi Pencegahan Covid-19

Melalui studysaster, guru tidak hanya mengedukasi bahaya Covid-19 kepada siswa, tetapi juga secara tidak langsung ke masyarakat luas.

NASIONAL | 26 Mei 2020

IPW Sesalkan IPDN Jatinangor Gelar Halalbihalal di Tengah Upaya Memutus Covid-19

Sangat aneh di tengah kerja keras pemerintah memutus mata rantai pandemi Covid 19, kampus IPDN justru membuat acara halalbihalal di kampusnya.

NASIONAL | 26 Mei 2020

Covid-19 Berpotensi Meningkat di Bengkulu Pasca-Lebaran

Kepala Dinkes Bengkulu, Herwan Antoni tidak membantah hak tersebut.

NASIONAL | 26 Mei 2020

Ganjar Instruksikan Rapid Test Massal di 35 Kabupaten dan Kota

Untuk mendukung rapid test massal itu, Pemprov Jateng telah mendistribusikan 38.111 alat rapid test ke seluruh kabupaten/kota.

NASIONAL | 26 Mei 2020

Wawancara Siti Fadilah Supari, Deddy Corbuzier Langgar Prosedur Ditjenpas

Ditjenpas menilai kegiatan peliputan dan wawancara yang dilakukan Deddy Corbuzier dengan Siti Fadilah tidak memenuhi izin dan prosedur.

NASIONAL | 26 Mei 2020

Jateng Bersiap Terapkan Normal Baru

Sebelum normal baru benar-benar diterapkan di seluruh lapisan masyarakat, Ganjar Pranowo mengatakan instansi pemerintah mesti memberi contoh terlebih dahulu.

NASIONAL | 26 Mei 2020

Airnav Ingatkan Pilot Waspadai Gangguan Balon Udara

AirNav Indonesia memberikan peringatan kepada pilot untuk mewaspadai gangguan balon udara liar melalui penerbitan notice to airmen (Notam).

NASIONAL | 25 Mei 2020

Polda Bengkulu Perketat Penjagaan di Perbatasan Antisipasi Arus Balik

Polda Bengkulu akan memperketat penjagaan di pos perbatasan wilayah Bengkulu untuk mengantisipasi arus balik dari beberapa kota di Jawa dan Sumatera.

NASIONAL | 25 Mei 2020

IGI Usulkan Sekolah Dibuka Januari 2021

IGI siap membantu Kemdikbud meningkatkan kompetensi guru di Indonesia.

NASIONAL | 25 Mei 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS