Ungkap Sindikat Sabu, Polri Berhasil Selamatkan 1,6 Juta Orang

Ungkap Sindikat Sabu, Polri Berhasil Selamatkan 1,6 Juta Orang

Jumat, 5 Juni 2020 | 16:38 WIB
Oleh : Carlos KY Paath, Markus Junianto Sihaloho / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo danWakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahronimengapresiasi kinerja Satgassus Polri karena dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu kembali berhasil melakukan penangkapan narkotika jenis sabu seberat 402 kilogram senilai Rp 482 miliar, beserta 6 orang tersangka di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (3/6/2020).

Dua minggu sebelumnya, Satgassus Polri juga telah berhasil mengungkap jaringan narkotika internasional asal Iran dengan barang bukti narkoba jenis sabu seberat 831 kg. Satgassus juga menangkap 2 orang, yaitu BA asal Pakistan dan AS asal Yaman.

"Ini pencapaian yang luar biasa, dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu, Satgassus Polri kembali melakukan penangkapan terhadap pelaku kejahatan narkoba," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu, Jumat (5/6/2020).

Menurutnya, Satgassus Polri mengorbankan banyak waktu untuk menangkap para penjahat itu. Sebab banyak dari aparat itu yang belum pulang berhari-hari, bahkan ada yang dua bulan belum kembali ke rumah.

"Sehingga perlu diapresiasi lebih untuk kinerjanya," ujar Bamsoet.

Dengan keberhasilan pengungkapan ini, setidaknya pihak kepolisian telah menyelamatkan sekitar 1.608 juta jiwa. Oleh karena itu, Bamsoet merasa pemerintah sepertinya perlu untuk lebih serius untuk memerangi perdagangan narkoba di Indonesia.

"Perhitungannya begini, satu kilogram sabu itu bisa dipakai oleh 4000 jiwa, dikalikan dengan total penangkapan, 1.608.000 jiwa telah terselamatkan," jelas Bamsoet, mengacu kepada barang bukti 402 kg sabu.

Bamsoet juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan lembaga untuk mendukung kinerja Kepolisian. Menurutnya pemberantasan narkoba di Indonesia harus lebih dipertegas demi menyelamatkan generasi masa depan Indonesia.

"Pemberantasan narkoba sekarang dapat menyelamatkan lebih banyak jiwa lagi, sehingga di masa depan Indonesia benar-benar terbebas dari narkoba," pungkasnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni juga mengapresiasi kinerja Polri. Sebab dalam satu bulan ini berhasil mengungkap dua kasus besar sindikat narkoba jaringan internasional.

"Saya sangat mengapresiasi kinerja Polri, Khususnya Satgasus Merah Putih yang telah berhasil mengungkap dua kasus besar sindikat narkoba internasional dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. Sebelumnya Polri berhasil mengungkap hampir satu ton sabu, sekarang 402 kg. Sungguh luar biasa kinerja Satgasus kita ini," kata Sahroni, Jumat (5/6/2020).

Politisi Partai Nasdem ini menyebut, hal tersebut membuktikan bahwa Polri bisa tetap fokus memerangi narkoba dengan baik dan cermat meski dalam keadaan pandemi Covid-19. "Penangkapan ini kembali membuktikan bahwa Polri tetap fokus dan tidak pernah lengah dalam memberantas predaran dan penyalahan narkoba, meskipun negara lagi sibuk menghadapi pandemi Covid-19," ujar Sahroni.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Petani yang Tewas di Poso Terjebak Kontak Tembak

Hasil penyelidikan polisi, DPO teroris yang menembak hingga tewas dua petani sudah di sekitar lokasi kejadian.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Banjir Menerjang Kerinci, Ratusan Warga Mengungsi

Para pengungsi belum ada yang berani kembali ke rumah mereka, karena banjir masih cukup tinggi.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Geser Tiongkok, Sabu-sabu Kini Banyak Datang dari Iran

Sudah tiga kali kasus sabu dari Iran yang terungkap Januari-Mei 2020.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Pedagang Diizinkan Buka Kembali di Pantai Panjang Bengkulu

Pemkot Bengkulu juga memberikan kesempatan kepada rumah makan dan warung kopi untuk membuka kembali agar geliat ekonomi di daerah kembali bangkit.

NASIONAL | 5 Juni 2020

41 Bandar Narkoba Dipindah ke Lapas Super Ketat di Nusakambangan

Dari jumlah tersebut, terdapat 11 narapidana seumur hidup dan 10 terpidana hukuman mati di Lapas Super Maximum Security Nusakambangan.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Pelaksanaan PPDB di Kota Bengkulu Dilaksanakan Dua Tahap

Tahap pertama untuk sekolah berbasis keagamaan dan tahap kedua untuk sekolah umum baik tingkat SD,SMP dan SMA/SMK sederajat.

NASIONAL | 5 Juni 2020

KPK dan LPSK Didesak Serius Beri Jaminan Perlindungan Hukum untuk Saksi Kunci

KPK dan LPSK harus lindungi saksi kunci dan peniup pluit.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Dirjen PPKL Karliansyah: Hari Lingkungan Hidup Menginspirasi untuk Menjaga Alam

"Para ilmuan menyatakan bahwa jika kita tidak mengubah perilaku kita terhadap alam, maka kita akan menghadapi pandemi ini semakin lama,” kata Karliansyah.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Donor Darah ASN Pemerintah Aceh Terus Berlanjut

Hingga saat ini, sudah sebanyak 480 kantong darah telah didonorkan oleh ASN dan non ASN yang bertugas di pemerintahan Aceh.

NASIONAL | 5 Juni 2020

Setelah 2 Bulan, Masjid di Bengkulu Kembali Gelar Jumatan

Mayoritas jemaah Jumatan membawa sajadah sendiri dan menggunakan masker. Jemaah menerapkan jaga jarak antara 1-1,5 meter dan cek suhu tubuh.

NASIONAL | 5 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS