Hadapi La Nina, PDIP Lakukan Gerakan Menanam Pohon

Hadapi La Nina, PDIP Lakukan Gerakan Menanam Pohon

Sabtu, 31 Oktober 2020 | 10:51 WIB
Oleh : Markus Junianto Sihaloho / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri direncanakan akan membuka dan memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Bidang Nasional (Rakorbidnas) Kebudayaan dengan tema Gerakan Menanam Pohon Kepala Daerah PDI Perjuangan seindonesia, Sabtu (31/10/2020).

"Ibu Megawati sangat memberikan perhatian terhadap alam dan tanaman. Melalui gerakan menanam pohon kepada para kepala daerah yang berasal dari PDI Perjuangan diharapkan memberikan kontribusi untuk menjaga kelestarian alam," ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Dalam acara yang digelar secara virtual itu, Hasto dan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan, Tri Rismaharini juga akan turut memberikan pengarahan. Berdasarkan jadwal, acara dimulai pukul 13.30 WIB.

"Pada acara itu juga akan dipaparkan dampak La Nina baik terkait dengan pertanian, ancaman banjir dan tanah longsor, termasuk meminta kader-kader PDI Perjuangan melalui Baguna dapat mempersiapkan kemungkinan terjadinya bencana tersebut. Lalu skala prioritas penanganan bencana ditujukan pada kaum perempuan dan anak," papar Hasto.

Hasto menambahkan, melalui gerakan menanam pohon diharapkan bisa menjadi sebuah ajakan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga lingkungan sekitar.

"Merawat alam termasuk menanam pohon akan menjadi salah satu indikator penilaian terhadap kinerja bagi kader yang duduk di eksekutif. Ibu Megawati selalu berpesan merawat alam dan lingkungan dengan sendirinya juga akan bermakna merawat kehidupan," ucap Hasto.

Dengan Rakorbidnas, setiap kepala daerah diminta melaporkan progres terkait dengan gerakan menanam tanaman pendamping beras seperti sukun, sorgum, pisang, umbi-umbian, porang, talas, sagu dan lainnya.

Dengan gerakan menanam tersebut, PDI Perjuangan mengedepankan wajah sebenarnya dari politik yang menyentuh perikehidupan rakyat. “Sebab Indonesia dikenal sebagai bangsa dengan sumber pangan dan bumbu-bumbuan paling lengkap sedunia. Generasi muda Indonesia hendaknya bangga menggembangkan seluruh keanekaragaman pangan tersebutdan mengolahnya secara kreatif,” harap Hasto.

Hasto mengingatkan dalam rangka mengampanyekan gerakan menanam pohon, PDI Perjuangan pada 2 Februari lalu, menggelar kegiatan yang berpusat di Citarum, Jawa Barat.

Hasto pun menuturkan Megawati Soekarnoputri tercatat sebagai Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia yang memiliki hobi dengan tanaman.

"Ibu Megawati selalu menekankan pentingnya menjaga kelestarian tanaman di Indonesia. Melalui Rakorbidnas ini, kampanye gerakan menanam pohon semakin diperkuat dan diharapkan para kepala daerah PDI Perjuangan bisa mewujudkan harapan itu," tandas Hasto.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Walhi Ingatkan Dampak Buruk BBM Oktan Rendah

BBM RON rendah berdampak buruk terhadap kesehatan paru-paru.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Di Tengah Pandemi Covid-19, Upacara Kebo Ketan Digelar secara Virtual

Karena wabah pula, Kraton Ngiyom memutuskan untuk tidak memakai dana pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten Ngawi maupun pemerintah pusat.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Libur Panjang, Antrean Kendaraan Penuhi Akses Keluar Bandung

Antrean menuju ke sisi utara yang merupakan akses ke kawasan wisata Lembang, Punclut, dan wilayah Ciburial di Dago atas.

NASIONAL | 30 Oktober 2020

Rumah Artis Mega Aulia Dibobol Maling

Rumah Artis Sinetron Tukang Bubur Naik Haji dibobol maling.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Banten Konsisten Terapkan PSBB demi Mencegah Covid-19

Gubernur Banten Wahidin Halim secara konsisten menerapkan kebijakan PSBB untuk Tangerang Raya sejak tahap pertama hingga tahap ke-10.

NASIONAL | 31 Oktober 2020

Kempupera Prioritaskan Rehabilitasi Sistem Irigasi Food Estate

Tinjau kawasan food estate, Menpupera memastikan pengembangan sistem irigasi di kawasan lumbung pangan.

NASIONAL | 30 Oktober 2020

Dukung PJJ, Samsung Bagikan 200 Ponsel di Bangka Belitung

Samsung membagikan 200 unit ponsel pintar atau smartphone untuk membantu siswa di Bangka Belitung mengikuti PJJ.

NASIONAL | 30 Oktober 2020

Tol Pekanbaru-Dumai Digratiskan hingga Satu Pekan Mendatang

Karena sosialisasi yang dinilai belum maksimal, Tol Pekanbaru-Dumai masih digratiskan selama satu pekan ke depan bagi masyarakat hingga 10 November.

NASIONAL | 30 Oktober 2020

Legislator Minta Freeport Terbuka Soal Penundaan Pembangunan Smelter

Freeport Indonesia diminta untuk terbuka mengenai penyebab penundaan pembangunan smelter selama ini.

NASIONAL | 30 Oktober 2020

Cawagub Audy Joinaldy Berkomitmen Dukung Bisnis Anak Muda di Sumbar

Audy memuji kafe yang berbentuk kapal kayu ini yang menurutnya bisa menjadi penggerak ekonomi untuk pemerintah daerah.

NASIONAL | 30 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS