Kulit Orang yang Aktif Perlu Perhatian Ekstra

Kulit Orang yang Aktif Perlu Perhatian Ekstra
Ilustrasi perempuan berenang. ( Foto: Hybrid/Visualphotos )
/ WEB Kamis, 21 Juni 2012 | 19:43 WIB
Harus dibedakan sesuai jenis aktivitasnya.

Selain baik untuk kesehatan organ-organ dalam tubuh, berolahraga juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Olahraga memompa darah dan oksigen ke kulit untuk memberikan kompleksi serta kulit yang tampak berseri-seri.

Namun, para orang yang aktif berolahraga tahu, dengan joging, bersepeda, berenang, atau olahraga-olahraga atletik lain yang menimbulkan keringat, akan membuat kulit bekerja ekstrakeras.

Heike M Falkenstein, kosmetolog asal Jerman mengatakan, berolahraga rutin juga bisa menjaga kulit tetap kencang karena terbantu dari sirkulasi darah yang baik. Namun, penting diketahui, aktivitas fisik rutin juga akan memberi beban berat bagi kulit. Karenanya, butuh perhatian dan cara rawat kulit yang berbeda. 

Orang yang aktif berolahraga perlu memerhatikan cara merawat kulit. Ada perawatan pencegahan, ada pula perawatan usai berolahraga. Harus dibedakan sesuai jenis aktivitasnya.

"Tipe cara perawatan kulitnya tergantung tipe dan kondisi kulit masing-masing individu," tegas Elena Helfenbein, pakar kesehatan kulit dari Jerman.

Menurut Helfenbein, amat penting untuk orang-orang yang gemar berolahraga untuk rajin membersihkan kulit, mengangkat minyak, keringat, serta klorin yang menempel pada kulit.

"Mandi menggunakan air hangat dengan shower gel bisa membantu, tapi cukup sebentar saja. Mandi menggunakan air hangat terlalu lama bisa mengurangi minyak kulit terlalu banyak, artinya bisa membuat kulit kering. Sementara mandi menggunakan air dingin usai olahraga justru bisa memicu tubuh kembali berkeringat setelah mandi," kata Falkenstein.

Untuk menjaga kesehatan kulit, disarankan untuk menggunakan sabun dengan keseimbangan pH sekitar 5,5 karena mirip dengan pH pada kulit. Kebanyakan produk sabun mencantumkan pH-netral, namun, menurut Falkenstein ini bisa menipu, karena artinya pH yang terkandung adalah 7, yang sebenarnya tidak cocok untuk kulit karena justru bisa membuat kulit kering.

Usai mandi, disarankan untuk mengeringkan kulit sebaik-baiknya. Namun, kebanyakan orang mengira, dengan membiarkan kulit sedikit lembap usai mandi (kulit tidak benar-benar kering), justru tidak baik. Ketika air yang tersisa pada kulit itu menguap, makin banyak kelembapan alami kulit yang ikut menguap.

Melembapkan kulit usai berolahraga adalah hal yang penting. "Keringat deras adalah cara tubuh untuk berusaha mendinginkan suhu tubuh," kata Jenny Pohl, jurubicara untuk asosiasi pembuat dan peritel alat medis serta nutrisi di Jerman.

"Karena mineral dan garam dalam tubuh akan ikut keluar bersama keringat, maka kulit sensitif akan dengan mudahnya teriritasi. Solusinya, adalah dengan mengasup banyak air dan mengaplikasikan losion," kata Pohl.

Bagi mereka yang punya kehidupan aktif disarankan untuk menghindari penggunaan losion dengan kandungan lemak banyak. Losion dengan kandungan lemak dalam jumlah banyak bisa meninggalkan perasaan tak nyaman pada kulit, khususnya bila ia mulai berkeringat, kata Helfenbein sambil menyarankan penggunaan pelembap ringan.

Ditambahkan Helfenbein, bagi mereka yang gemar berenang, pengaplikasian losion sebelum berenang bisa membantu mengurangi dampak buruk klorin yang bisa membuat kulit kering. Mandi kemudian mengaplikasikan losion usai berenang adalah keharusan.

Bagi perempuan yang merasa harus menggunakan riasan wajah usai berolahraga disarankan untuk menggunakan tipe mineral yang ringan atau foundation bentuk bubuk dan maskara waterproof.