Baran Energy Siapkan Perilisan Energy Storage System

Baran Energy Siapkan Perilisan Energy Storage System

Senin, 8 Juli 2019 | 20:03 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Sekelompok anak muda milenial Indonesia memiliki mimpi besar untuk menghasilkan teknologi agar masyarakat Indonesia bisa menikmati listrik dengan harga sangat terjangkau, yaitu Rp 1.

Teknologi yang dikembangkan oleh Baran Energy, startup calon unicorn Indonesia, berupa energy storage system. Teknologi ini diyakini akan mampu mengubah peta industri energi di Indonesia. Bahkan diperkirakan, penggunaan teknologi baterai penyimpanan energi skala besar di Indonesia akan masif, menyusul tren di sejumlah negara maju yang telah lebih dahulu mengembangkan dan memanfaatkan teknologi ini.

Victor Wirawan bersama sekelompok anak muda milenial di bawah naungan Baran Energy pada pertengah Juli ini akan meluncurkan teknologi baterai penyimpanan energi skala besar. Dengan teknologi revolusioner ini, masyarakat dimungkinkan untuk tidak perlu membayar listrik lagi, karena baterai ini dapat menyimpan energi listrik yang dihasilkan solar panel pada siang hari untuk digunakan kemudian di malam harinya. Kemampuan yang dapat membuat perubahan secara dramatis dalam dunia energi di Indonesia.

"Pada Juli, 12 tahun lalu Steve Jobs membuat heboh dunia dengan presentasi kelahiran Iphone. Juli tahun ini millenial Indonesia calon Unicorn akan presentasi melahirkan Program Listrik Hanya Beban Rp 1,” tutur Victor Wirawan yang merupakan founder Baran Energy kepada Beritasatu.com, Senin (8/7/2019).

Menurut Victor, persoalan utama dalam hal ketersediaan energi adalah pasokan. Selama ini, dengan bergantung pada satu sumber energi, yaitu energi fosil menjadi beban, baik bagi pemerintah selaku penyedia energi maupun masyarakat luas.

"Dengan baterai yang diproduksi oleh Baran, akan membantu pemerintah dalam menyediakan energi listrik yang bersih, terjangkau dan aman bagi masyarakat,” kata Victor

Saat ini, Victor yang sering dijuluki Elon Musk Indonesia ini bersama puluhan anak-anak negeri yang berbakat mengembangkan tiga varian produk teknologi energi ramah lingkungan, yaitu PowerWall berkapasitas 8.8 KWh, PowerPack 126 KWh, dan PowerCube 1.2 MWh. Ketiga perangkat dapat digunakan mulai dari rumah tinggal, pabrik, real estate, perkebunan, pertambangan, hingga industri sekala besar.

“Sudah waktunya Indonesia secara nyata dan dengan dukungan politik yang tepat, memberikan ruang kepada energi terbarukan untuk dapat berkembang. Di berbagai negara, hal ini dilaksanakan dalam bentuk pemberian insentif dan ‘subsidi' bagi energi terbarukan,” kata Victor.

Menurut Victor, hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan perlakuan yang sama bagi energi berbasis fosil dan energi terbarukan. Dengan memberikan pertimbangan yang sama dalam penetapan harga, termasuk dengan menginternalisasikan berbagai biaya eksternal.

Baterai karya anak bangsa, tutur Victor, bisa memberikan solusi bagi pemerintah dalam menjamin ketersediaan listrik di seluruh Indonesia. Untuk itu ia berharap, pemerintah dapat mendukung inisiatif anak bangsa dalam hal energi terbarukan.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Survei: Pengguna Smartphone Malas Backup Data

67 persen orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone yang berujung pada perasaaan kesal.

DIGITAL | 8 Juli 2019

20 Persen Ponsel di Indonesia Berasal dari Black Market

Sekitar 20 persen dari ponsel pintar yang beredar di Indonesia, masuk ke negara ini tanpa melalui registrasi dan sertifikasi dari pihak berwenang atau ilegal.

DIGITAL | 8 Juli 2019

Lyfe Gandeng BNI Hadirkan Jam Tangan Pembayaran Pertama di Indonesia

Melalui kolaborasi dengan BNI, Lyfe Watch dilengkapi dengan teknologi pembayaran non-tunai (cashless) Tapcash.

DIGITAL | 8 Juli 2019

Bayar Tiket MRT dan Transjakarta Lewat Jam Tangan Pintar

Lyfe berkolaborasi dengan BNI, meluncurkan Lyfe Watch, jam tangan pintar dengan fungsi pembayaran pertama di Indonesia.

DIGITAL | 8 Juli 2019

OVO Hadirkan SmartCube, Sebuah "Smart Vending Machine"

OVO SmartCube merupakan smart vending machine pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan analisis data.

DIGITAL | 8 Juli 2019

Mewujudkan Jaringan Telekomunikasi yang Aman dan Mandiri

Penggunaan jaringan publik dengan tingkat keamanan yang rendah, mudah sekali menjadi target serangan siber.

DIGITAL | 8 Juli 2019

Perluas Penggunaan Point Reward, My Credit Chain Gandeng Mango Soft

Kedua perusahaan telah sepakat bersinergi di berbagai bidang, termasuk revitalisasi platform data berbasis Blockchain.

DIGITAL | 8 Juli 2019

Aplikasi Laundry KlinnKlin Perluas Jangkauan Layanan

Jenis usaha laundry bisa menghasilkan omzet Rp 40 juta per bulan.

DIGITAL | 8 Juli 2019

Koin Legends of Runeterra Kini Bisa Didapatkan di Codashop

Coda kini memberikan layanan pembelian koin untuk game Legends of Runeterra.

DIGITAL | 8 Mei 2020

Meninggalnya Sutopo Jadi Trending Topics di Twitter

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, 4 topik teratas yang diperbincangkan warganet di Twitter berkisar mengenai berpulangnya Sutopo.

DIGITAL | 7 Juli 2019


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS