Pelajar Indonesia Menangkan Kompetisi Teknologi Geospasial Dunia

Pelajar Indonesia Menangkan Kompetisi Teknologi Geospasial Dunia

Jumat, 24 Juli 2020 | 14:59 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pelajar SMA Al-Jabr School Jakarta,Ahsan Imam Istamar, terpilih sebagai juara pertama kompetisi teknologi geospasial dunia yang berlangsung di California, Amerika Serikat (AS) pada 13-16 Juli 2020 lalu. Kompetisi ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Esri User Conference, dalam menginspirasi penggunaan teknologi digital dan geospasial dalam mengatasi permasalahan dunia saat ini.

Baca Juga: BIG Hadirkan Portal Geospasial Pantau Covid-19

Mewakili Indonesia dalam kategori Student Map usia 13-18 tahun, karya Ahsan berbentuk aplikasi daring yang berjudul Jakarta: Insight on Drowning City berhasil mengalahkan sekitar 1.500 aplikasi yang masuk. Karya Ahsan dipilih juri sebagai pemenang pertama, mengungguli dua finalis lainnya dari University of North Carolina at Chapel Hill, dan Amity Regional High School, Connecticut.

Ahsan merancang sebuah aplikasi interaktif Story Map yang ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai penurunan tanah di Jakarta dan banjir yang terjadi khususnya pada Januari-Februari 2020, lengkap dengan data resmi titik-titik kerawanan banjir, penduduk usia sekolah terdampak, dan masyarakat marjinal terdampak yang bermanfaat memberikan pemahaman untuk menghadirkan solusi lebih lanjut sesuai dengan tantangan masing-masing.

Siswa berusia 17 tahun tersebut, juga mempresentasikan aplikasi dan pesannya yang menekankan pentingnya pengelolaan penggunaan air tanah yang bertanggung jawab dan pemeliharaan jaringan air sekitar kepada panelis dan peserta konferensi akbar teknologi geospasial ini.

Baca Juga: Geoportal Covid-19 Lacak Virus Corona secara Real Time

"Pemahaman terhadap permasalahan lingkungan dan peran masyarakat sangat penting agar tidak terjadi eksploitasi air tanah yang berlebihan. Dengan teknologi tersebut, siapapun bisa berkontribusi dalam digital humanitarianism untuk membantu komunitasnya. Setiap orang dapat berkontribusi data yang sekaligus unik dan berdampak," kata Ahsan, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Jumat (24/7/2020).

CEO Esri Indonesia, Dr Achmad Istamar, mengatakan, prestasi ini merupakan wujud dari meningkatnya adopsi teknologi geospasial di Indonesia dan semakin dibukanya akses kepada masyarakat umum untuk berbagi pakai data oleh pemerintah dan lembaga.

"Semakin banyaknya open data memungkinkan komponen masyarakat untuk berbagi pakai data dan membuat wahana dan aplikasi digital secara mandiri. Hal ini sangat membantu pemahaman mengenai pengelolaan penggunaan sumber daya alam seperti air, jaringan saluran air dan perhatian kepada masyarakat yang memiliki kerentanan tertentu," kata Istamar.

Baca Juga: Esri Indonesia Gagas Program ESSC

Menurut Istamar, adopsi teknologi digital yang pesat di Indonesia juga dapat dirasakan di bidang geospasial. Teknologi dan cara berbagi pakai data ini sangat potensial untuk memecahkan berbagai masalah dan tantangan dunia secara bersama-sama.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian perwakilan Indonesia di ajang kompetisi Esri Map Gallery ini. Harapannya ini adalah momentum untuk semakin meningkatkan pemanfaatan teknologi dan data spasial antar pemerintah/lembaga, dunia pendidikan, swasta dan masyarakat untuk memberikan dampak nyata bagi tantangan dinamis dunia saat," pungkas Istamar.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Sony Luncurkan Kamera Pocket Digital ZV-1

ZV-1 merupakan kamera compact pertama Sony dengan layar LCD Vari-angle bukaan samping.

DIGITAL | 23 Juli 2020

Telkomsigma Dukung Transformasi Digital di Era New Normal

Telkomsigma siap mendukung pelaku industri untuk melakukan transformasi digital di masa adaptasi kebiasaan baru dengan layanan infrastruktur TI.

DIGITAL | 23 Juli 2020

GK Plug and Play dan BCA Dukung Ekosistem Startup

Banyak potensi startup karya anak bangsa yang belum bisa berkembang dengan baik.

DIGITAL | 23 Juli 2020

Infinix Masuk Top 15 Globalizing Chinese Brand dan 2 Besar di Lazada

Infinix dapat menjadi pilihan terbaik untuk kaum milenials Indonesia dengan memberikan produk berteknologi mutakhir dan harga terjangkau.

DIGITAL | 22 Juli 2020

Indonesia Kekurangan Tenaga Pemasaran Digital

Pasar tenaga kerja di Indonesia dinilai sangat kekurangan lulusan sarjana komunikasi dengan skill pemasaran digital.

DIGITAL | 21 Juli 2020

OVO Fasilitasi Pembayaran Hewan Kurban Secara Digital

OVO mempermudah shohibul qurban (orang yang berkurban) untuk menunaikan ibadah kurban di tengah masa pandemi.

DIGITAL | 21 Juli 2020

Lelang Oppo Find X2-Jo Malone London Hasilkan Rp 161 Juta

Seluruh dana hasil lelang akan didonasikan untuk pembangunan sekolah dasar di Nusa Tenggara Timur (NTT).

DIGITAL | 21 Juli 2020

Tips Tangkas Berinternet di Masa Kewajaran Baru

Internet membuka banyak peluang untuk bermain, belajar, dan bersosialisasi.

DIGITAL | 21 Juli 2020

Uji Coba Kompetisi Sains Nasional Digelar Daring

Kompetisi Sains Nasional (KSN) menggelar uji coba secara daring tahap pertama pada 20-21 Juli 2020, dan tahap dua ada 27-29 Juli 2020.

DIGITAL | 21 Juli 2020

Dies Natalis ke-56, FTUI Tampilkan 7 Produk Riset Lawan Covid-19

Ketujuh produk yang dikedepankan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), sebagian besar merupakan hasil riset yang sudah diproduksi dan didistribusikan.

DIGITAL | 20 Juli 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS