Busrul Iman Jadi Dirut Baru Bank Jatim

Busrul Iman Jadi Dirut Baru Bank Jatim

Kamis, 23 Juli 2020 | 19:43 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar di Surabaya, Kamis (23/7/2020) mengangat Busrul Iman sebagai Direktur Utama (Dirut) Bank Jatim. Keputusan RUPSLB ini juga menyudahi kekosongan jabatan Dirut secara definitif di bank tersebut selama ini.

Baca Juga: Stimulus Dorong Pengembangan Green Economy

Dipercaya untuk mengisi jabatan Dirut Bank Jatim, Busrul Iman menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para pemegang saham atas kepercayaan yang telah diberikan. "Semoga saya bisa menjalankan amanah dalam membawa bankjatim ke arah yang lebih baik," ucap Busrul.

Pada RUPSLB dengan agenda utama pengangkatan Direktur Utama Bank Jatim, sebenarnya ada 2 calon yang diajukan untuk dipilih dengan suara terbanyak. Yaitu, Busrul Iman yang menduduki jabatan terakhir sebagai Direktur Komersial dan Korporasi Bank Jatim dan Erdianto Sigit Cahyono yang menduduki jabatan terakhir sebagai Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Jatim.

Keduanya telah memperoleh persetujuan menjadi Direktur Utama Bank Jatim dari hasil penilaian kemampuan dan kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). RUPSLB Bank Jatim tersebut berjalan dengan lancar yang ditandai dengan terpilihnya Busrul Iman sebagai Direktur Utama Bank Jatim yang baru.

Baca Juga: OJK dan Bank Jatim Survei Dampak Covid-19

Pengangkatan Direktur Utama secara definitif tersebut diharapkan dapat membawa Bank Jatim lebih baik dimasa yang akan datang serta mampu meningkatkan kinerja Bank Jatim.

Busrul lantas menjelaskan , hingga Mei 2020 tercatat aset Bank Jatim sebesar Rp 72,36 triliun atau tumbuh 9,69 persen (YoY). Dari segi bisnis, kredit Bank Jatim mengalami pertumbuhan 12,07 persen (YoY) atau sebesar Rp 38,96 triliun, sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim mengalami pertumbuhan 10,76 persen (YoY) atau sebesar Rp 61,36 triliun.

Pertumbuhan performa kinerja keuangan Bank Jatim yang cukup bagus tersebut mampu menjaga rasio keuangan Bank Jatim posisi Mei 2020 di tingkat yang wajar. Return on Equity (ROE) sebesar 18,25 persen menunjukkan rasio profitabilitas Bank Jatim masih cukup bagus.

Baca Juga: Perbankan di Jatim Siap Layani Kebutuhan Masyarakat

Dari sisi ketahanan modal, rasio CAR sebesar 21,61 persen menggambarkan kecukupan modal Bank Jatim cukup bagus, diikuti dengan Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,88 persen, ROA sebesar 2,60 persen serta tingkat efisiensi Bank Jatim yang cukup bagus dari sisi rasio BOPO sebesar 70,71 persen. "Dengan kinerja tersebut, Bank Jatim mampu mencatatkan laba bersih sebesar Rp 608,22 miliar,” terang Busrul.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai tantangan kini dihadapi pemerintah, pelaku usaha, tidak terkecuali industri perbankan. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu tantangan terberat yang dihadapi setiap elemen masyarakat. Di tengah-tengah pandemi, Bank Jatim bersyukur masih mampu memberikan kinerja yang positif khususnya untuk mendorong perekonomian Jawa Timur.

"Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19, Bank Jatim menyalurkan bantuan dengan total akumulatif sebesar Rp 4,4 miliar yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur,” kata Busrul.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Gramedia Beri Diskon 30% untuk Seluruh Buku

Promo ini berlaku untuk semua buku di seluruh gerai Gramedia.

EKONOMI | 23 Juli 2020

Aktifkan Rekening, Bank Bukopin Berikan Cashback

Bank Bukopin hadirkan program promo dengan memberikan cashback bagi nasabah yang mengaktifkan kembali rekening pasif atau masih dalam status dormant dengan

EKONOMI | 23 Juli 2020

Forum Leaders Talk, Upaya PGN Hadapi Transformasi

Sebagai Subholding gas dan bagian dari holding PT Pertamina, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyambut positif rencana transformasi holding migas oleh PT Per

EKONOMI | 23 Juli 2020

UMKM Akan Beradaptasi di Tengah Pandemi

UMKM memiliki karakteristik unit, dan dapat bertahan di tengah krisis melanda Indonesia.

EKONOMI | 23 Juli 2020

Konsumen Minati Konsep Hunian Pintar

Synthesis Development kembali luncurkan show unit smart homes.

EKONOMI | 23 Juli 2020

Shopee dan Google Luncurkan Google Ads with Shopee

Shopee bekerja sama dengan Google meluncurkan Google Ads with Shopee, solusi pemasaran pertama bagi mitra untuk mendorong penjualan "online" mereka.

EKONOMI | 23 Juli 2020

Pelni Terapkan Efisiensi Penggunaan BBM

Komponen biaya terbesar untuk pengoperasian kapal Pelni berasal dari BBM.

EKONOMI | 23 Juli 2020

Dirut AP I Optimistis Industri Penerbangan Segera Bangkit

AP I mencatat penumpang di bandara-bandara kelolaannya pada periode 1-21 Juli 2020 mencapai 875.213 orang.

EKONOMI | 23 Juli 2020

Pertamina Uji Coba Produksi Green Avtur Akhir 2020

Pertamina akan melakukan uji coba produksi green avtur yang pertama dengan co-processing injeksi 3 persen minyak kelapa sawit.

EKONOMI | 23 Juli 2020

Pembayaran Digital Dinilai Jauh Lebih Aman

BI memiliki prosedur perizinan yang cukup banyak dalam hal menjaga keamanan dana nasabah.

EKONOMI | 23 Juli 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS