PTPP Bidik Kontrak Baru di Tiga Negara Asia

PTPP Bidik Kontrak Baru di Tiga Negara Asia

Jumat, 14 Agustus 2020 | 17:37 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT PP (Persero) Tbk atau PTPP, berhasil mengembangkan sayap bisnisnya hingga ke luar negeri.

Baca Juga: PTPP Torehkan Karya Monumental di Seantero Nusantara

Keberhasilan itu, tidak hanya ditunjukkan dari jumlah proyek yang dimenangkan, namun juga berbagai penghargan internasional bergengsi yang diraih perseroan.

Berbekal pengalaman dalam mengerjakan proyek-proyek prestisius dan monumental di dalam negeri, PTPP menggelar ekspansi proyek konstruksi, infrastruktur, maupun EPC, hingga ke luar negeri.

Adapun ekspansi perdana yang dilakukan PTPP, berwujud dalam pengerjaan proyek luar negeri di Timor Tengah pada tahun 2010.

Saat itu, PTPP dipercaya mengerjakan proyek King Abdullah University of Science and Technology KAUST di Mekah, Saudi Arabia. Dalam proyek tersebut, perseroan mengerjakan residential buildings, civil buildings, university campus and marina. Proyek bernilai US$ 3 juta tersebut, bekerjasama dengan kontraktor lokal, yaitu Saudi Binladin Group.

Baca Juga: PTPP Komitmen Dukung Kemajuan UMKM di Indonesia

Proyek selanjutnya yang dikerjakan perseroan, yaitu Amir Naif Palace Project (Crown Prince, Defense Minister) yang berlokasi di Jeddah dengan nilai proyek US$ 62 juta. PTPP juga mengerjakan pembangunan Saleh Awair Palace Project (Deputy Interior Minister) yang juga berlokasi di Jeddah dengan nilai proyek US$ 44 juta.

Selain proyek tersebut, perseroan turut melaksanakan pembangunan proyek King Saud University Endowment (KSUE) yang berlokasi di Riyadh. Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh Perseroan, antara lain Convention Centre (Mall), Medical Tower, Office Tower, 5th Star Hotel, 7th Star Hotel, dan Residential Suite.

Selain mengerjakan pembangunan proyek di Timor Tengah, PTPP mendapat kerpercayaan dari negara tetangga untuk mengerjakan beberapa proyek di Timor Leste. Salah satunya, Gedung Kementerian Keuangan Timor Leste. Gedung tersebut merupakan gedung tertinggi dan bertingkat pertama di Dili, Timor Leste. Gedung perkantoran yang terdiri atas 12 lantai dan 1 basement ini, memiliki nilai kontrak US$ 28 juta.

PTPP juga juga mendapat kepercayaan dari Pemerintah Timor Leste untuk mengerjakan rehabilitasi dan pemeliharaan jalan Tibar- Gleno, dengan nilai kontrak US$ 29 juta.

Baca Juga: Konsorsium Percepat Pembangunan Kawasan Industri Batang

Selain itu, perseroan juga mengerjakan rehabilitasi Jalan Liquica-Mota Ain. Proyek jalan yang berlokasi di Dili ini, memiliki nilai kontrak US$ 20 juta.

Direktur Utama PTPP, Novel Arsyad, mengatakan, dengan berbekal pengalaman mengerjakan proyek di luar negeri tersebut, perseroan optimistis akan kembali mengembangkan sayap ke luar negeri.

“Saat ini, perseroan tengah membidik beberapa kontrak baru di Asia Tenggara. Adapun negara-negara yang dibidik untuk pengembangan bisnis Perseroan di luar negeri, yaitu Malaysia, Brunei dan Filipina,” jelas Novel dalam keterangannya, Jumat (14/8/2020).

Menurut Novel, atas keberhasilan dalam pembangunan sejumlah proyek, perseroan juga menerima pengakuan dari pihak asing dengan diterimanya sejumlah penghargaan bertaraf internasional.

“Berbagai penghargaan internasional tersebut, membuktikan bahwa perseroan tidak hanya dapat diandalkan di luar negeri saja namun juga telah dipercaya oleh pihak asing,” ujar Novel.

Adapun penghargaan luar negeri yang pernah diraih oleh PTPP antara lain Best Civil Engineering Project Award for an Outstanding and Remarkable Contribution to the Advancement of Civil Engineering and Development in Asia yang diberikan oleh Lembaga Asian Civil Engineering Coordinating Council (ACECC) pada tahun 2016 di Hawaii. Penghargaan tersebut diberikan atas hasil kinerja membangun Mega Proyek Terminal Peti Kemas Kalibaru (New Priok) di yang berlokasi di Jakarta.

Perseroan juga berhasil meraih ASEAN Green Awards dalam acara gala Dinner ASEAN Engineering Awards 2016 yang diselenggarakan di Myanmar. Penghargaan tersebut diberikan dengan disematkannya Gedung Utama Kementerian PUPR sebagai gedung pertama yang bersertifikat Platinum Greenship.

Selain itu, perseroan juga telah 4 kali menerima penghargaan dalam ajang ASIAN Power Awards yang dilaksanakan di Seoul Korea pada tahun 2016, di Bangok Thailand pada tahun 2017, di Jakarta pada tahun 2018, di Kualalumpur Malaysia pada tahun 2019. Penghargaan tersebut diraih oleh perseroan berkat prestasinya dalam bidang EPC.

Perseroan juga pernah menerima sejumlah penghargaan atas kinerja keuangan, seperti Best of The Best 50th Companies dari majalah internasional Forbes.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

UMKM Harus Lebih Adaptif Terhadap Sumber Pendanaan

UMKM harus mampu menemukan alternatif pembiayaan agar tak lagi terlalu bergantung kepada insentif pemerintah.

EKONOMI | 14 Agustus 2020

Jokowi Siapkan Anggaran TKDD Rp 796,3 Triliun di RAPBN 2021

Jokowi merincikan anggaran TKDD tersebut dilakukan untuk tujuh arah kebijakan.

EKONOMI | 14 Agustus 2020

Jokowi Siapkan Anggaran PEN 2021 Senilai Rp 356,5 Triliun

Jokowi menyiapkan anggaran PEN tahun depan sebesar Rp 356,5 triliun.

EKONOMI | 14 Agustus 2020

Kolaborasi Kemkop dan UKM Bersma Kem-BUMN Pulihkan KUMKM Terdampak Covid-19

Kemkop dan UKM kerja sama Kementerian BUMN pulihkan koperasi dan UMKM.

EKONOMI | 14 Agustus 2020

Jokowi Minta Kawasan Industri Tarik Investasi Berkualitas

Menurut Jokowi, saat ini pemerintah tengah membangun berbagai kawasan industri di seluruh Indonesia.

EKONOMI | 14 Agustus 2020

Jokowi Proyeksikan Tingkat Kemiskinan Maksimal 9,7% pada 2021

Proyeksi tingkat kemiskinan akan ditekankan pada penurunan kelompok kemiskinan ekstrem.

EKONOMI | 14 Agustus 2020

Anggaran Transfer Daerah dan Dana Desa Capai Rp 796,3 Triliun

Pada tahun 2021, anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) akan disalurkan sebesar Rp 796,3 triliun.

EKONOMI | 14 Agustus 2020

Utang Luar Negeri Indonesia Naik 5% Jadi US$ 408,6 Miliar

Posisi Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir triwulan II-2020 tercatat sebesar US$ 408,6 miliar.

EKONOMI | 14 Agustus 2020

Lion Air Tambah Fasilitas Gratis di Kabin Pesawat

Lion Air menghadirkan fasilitas inflight entertainment di dalam kabin pesawat untuk kenyamanan penumpang selama penerbangan.

EKONOMI | 14 Agustus 2020

Pulihkan Sektor Pariwisata, Jokowi Akan Gelontorkan Rp 14,4 T di 2021

Presiden Jokowi mengalokasikan anggaran sebesar Rp 14,4 triliun untuk pembangunan pariwisata.

EKONOMI | 14 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS