Pencernaan Sehat Imunitas Tubuh Kuat

Pencernaan Sehat Imunitas Tubuh Kuat

Kamis, 25 Juni 2020 | 22:33 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat masyarakat sangat sadar untuk menjaga imunitas tubuh agar siap menjalani aktivitas. Sayangnya, masih banyak kalangan yang tak sadar bahwa menjaga saluran pencernaan sehat adalah awal dari imunitas kuat. Mengingat sebanyak 70 persen sel imun ada dan hidup di pencernaan.

Baca Juga: Empat Cara Kurangi Ketagihan Junk Food

Dokter spesialis gizi medik, dr Hilna Khairunisa Shalihat, menjelaskan, sebanyak 70 persen sel imun yang terdiri dari Dendritic Cells (DCs), T-cells, dan Immunoglobulin A (IgA) terdapat pada sistem pencernaan. Untuk itu, dengan sistem pencernaan yang sehat, sistem imun pun akan kuat dan terjaga dalam melawan berbagai patogen, baik berupa bakteri ataupun virus.

"Sehingga, mengurangi risiko penularan penyakit, baik yang disebabkan oleh virus maupun patogen lain. Tidak hanya itu, banyak benefit lainnya yang bisa didapatkan, diantaranya mengurangi tingkat stres, asupan pola makan tercukupi," ungkap Hilna di acara webinar FibreFirst 'Sistem Pencernaan Sehat Imunitas Kuat' yang digelar secara virtual, Kamis (25/6/2020).

Menurut Hilna, konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang kemudian akan meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan memperhatikan asupan serat minimal 5 hingga 7 porsi per hari atau setara dengan 25-35 gram.

Baca Juga: Konsumsi Ini untuk Daya Tahan Tubuh yang Kuat

"Namun, konsumsi buah dengan sayur tidak bisa hanya salah satu saja, tapi juga harus keduanya, yaitu sayuran sebanyak 3-4 porsi dan buah 2-3 porsi. Contohnya saja, makan sayur bisa di masukan pada saat makan besar, seperti sarapan, makan siang, dan malam. Sedangkan makan buah bisa dilakukan pada waktu snacking sebanyak dua kali pada diantara waktu sarapan dan makan siang atau waktu makan siang dengan makan malam,” paparnya.

Scientific FibreFirst, Nourmatania Istiftiani, mengatakan, diet adalah salah satu faktor kunci yang mempengaruhi komposisi dan fungsi bakteri pencernaan. Oleh karena itu, diet rendah serat, gula tinggi, dan lemak berhubungan dengan timbulnya peradangan di usus dan sisitem pencernaan yang tidak sehat.

"Sayangnya, sebanyak 95,4 persen masyarakat Indonesia tidak mengonsumsi cukup buah dan sayur atau masih kurang dari 5 porsi sehari. Kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran meningkatkan resiko kekurangan serat dan dapat menyebabkan bertumpuknya kotoran dan racun," jelasnya.

Baca Juga: Tips Menjaga Kebugaran Saat WFH

Sales & Marketing Director PT Kobe Nutri Farma, Jozef Thenu mengatakan, pihaknya menghadirkan FibreFirst mengandung serat premium dan nutrisi dari ekstrak buah pilihan yang dapat memenuhi asupan buah dan sayur, serta menyehatkan sistem pencernaan dengan detoksifikasi optimal.

Bahkan, FibreFirst juga merupakan suplemen kesehatan pertama di Indonesia yang terjamin kualitasnya dengan memberikan jaminan pengembalian uang jika dalam 30 hari konsumen tidak merasa puas oleh manfaat kesehatan.

"Konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang kemudian akan meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya selagi kondisi pandemi Covid-19 ini," tandas Josef.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Dampak Covid-19, 16.000 Anak di Jatim Alami Depresi

Ada banyak persoalan yang kemudian muncul dalam keluarga akibat Covid-19.

KESEHATAN | 25 Juni 2020

Pentingnya Deteksi Alergi pada Anak Sejak Dini

Alergi pada anak bisa dicegah sejak dini.

KESEHATAN | 25 Juni 2020

Confidence Luncurkan Produk Baru

Produsen popok dewasa Confidence kembali meluncurkan produk terbarunya, Confidence Adult Pants Gender.

KESEHATAN | 25 Juni 2020

Penjual Es Krim Aice Edukasi Pencegahan Covid-19

Aice Group menjadi salah satu perusahaan pertama yang menerapkan protokol new normal dalam proses bisnisnya.

KESEHATAN | 25 Juni 2020

Deteksi Antigen, Alat Tes Covid-19 dari Unpad Lebih Akurat

Alat uji cepat Covid-19 dari Unpad melakukan deteksi antigen sehingga mampu mendeteksi virus dengan lebih cepat tanpa menunggu pembentukan antibodi.

KESEHATAN | 25 Juni 2020

Kasus Covid-19 di Indonesia Tembus 50.000

Ada penambahan sebanyak 1.178 kasus baru positif Covid-19.

KESEHATAN | 25 Juni 2020

Saleh Husin Yakin RSP UI Akan Maju dan Berkembang Pesat

Perlu solusi pembangunan jalan tembus dari rumah sakit menuju Jalan Margonda Raya.

KESEHATAN | 25 Juni 2020

Tingkat Hunian RS Rujukan Covid-19 Turun

Vanyak pasien dengan keluhan atau gejala ringan yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya maupun di fasilitas yang disediakan atas insiatif lingkungan rumah.

KESEHATAN | 24 Juni 2020

Aido Health Permudah Layanan Kesehatan di Tengah Pandemi

Aido Health membantu rumah sakit dan klinik untuk memberikan layanan kesehatan digital di tengah pandemi Covid-19.

KESEHATAN | 24 Juni 2020

68 RS TNI AD Dilengkapi Tes PCR

Setiap RS TNI AD ditargetkan mampu memeriksa hingga 10.000 spesimen per hari.

KESEHATAN | 24 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS