Pemprov Sumut Optimistis Swasembada Bawang Merah

Pemprov Sumut Optimistis Swasembada Bawang Merah

Selasa, 9 Juni 2020 | 16:30 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / FER

Medan, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) optimistis dalam mewujudkan swasembada pangan untuk komoditi bawang merah.

Baca Juga: Pemprov Sumut Siapkan Transisi Menuju New Normal

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah mengemukakan hal itu setelah melakukan peninjauan lahan pertanian bawang merah di Desa Liang Pematang, Kecamatan Tigajuhar Kabupaten Deliserdang, Minggu (7/6/2020).

"Selama ini, Sumut masih mengambil bawang merah dari Brebes. Setelah kita melakukan peninjauan ke Desa Liang Pematang, masyarakatnya menanam bawang merah," ujar Musa Rajekshah melalui siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Selasa (9/6/2020).

Ijeck panggilan akrab Musa Rajekshah mengatakan, Pemprov Sumut masih melihat potensi lahan untuk bisa mengembangkan tanaman bawang merah. Ini sesuai dengan visi dan misi membangun Sumut yang bermartabat oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Baca Juga: Pemprov Sumut Siapkan Sanksi untuk Pelanggar Aturan

"Kita yakin dan optimis karena memang tujuan visi pembangunan Gubernur Bapak Edy Rahmayadi dan saya sebagai wakilnya, salah satunya adalah mendongkrak pertanian di Sumatera Utara dan kita yakin, dengan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat dan membantu keperluan-keperluan masyarakat saya yakin ini bisa berhasil,” katanya.

Saat melakukan peninjauan di lapangan, Ijeck merasa kagum dengan hasil bawang merah yang menjadi komoditi unggulan dari daerah ini.

Ijeck mengapresiasi tanaman bawang merah bisa ditanam hingga tiga kali dalam setahun. Daerah di sini cukup cocok dengan ketinggian mencapai 800 mdpl, didukung oleh cuaca dan udaranya yang sangat mendukung.

Baca Juga: Kemtan Jadikan NTT Sentra Bawang Merah Baru

Melihat kondisi lapangan, Ijeck optimis Sumut bisa meningkatkan panen bawang merah di Sumut. Apalagi, Sumut memiliki banyak daerah yang berada pada ketinggian 700 mdpl, yang sangat sesuai untuk pengembangan tanaman bawang merah.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

DKI Geser Jatim dalam Pertambahan Kasus Positif Covid-19 Tertinggi Hari Ini

DKI Jakarta kembali menggeser Jawa Timur dalam jumlah pertambahan kasus positif Covid-19 tertinggi dalam sehari di Indonesia yakni 232.

NASIONAL | 9 Juni 2020

Penumpang Kereta Api Reguler Akan Diwajibkan Pakai Face Shield

Dalam fase kedua operasional Kereta Api Luar Biasa (KLB), penumpang wajib menggunakan face shield yang disediakan operator.

NASIONAL | 9 Juni 2020

Pemkot Medan Siapkan Infrastruktur Kenormalan Baru

Pemkot Medan belum mendapatkan rekomendasi untuk melaksanakan tatanan kenormalan baru.

NASIONAL | 9 Juni 2020

Polsek Sajingan Tangkap Pemilik Pupuk Diduga Mengandung Bahan Peledak

"Apabila terbukti, pelaku bisa dijerat Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang Bahan Peledak,"

NASIONAL | 9 Juni 2020

Penambahan Kasus Positif Covid-19 Torehkan Rekor Baru 1.043

Penambahan kasus positif Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam hari ini Selasa (9/6/2020) mencapai jumlah tertinggi yakni 1.043.

NASIONAL | 9 Juni 2020

Uji Materi UU Penyiaran untuk Hasilkan Konten Berkualitas di Internet

diharapkan kualitas isi siaran video berbasis internet dapat dihindarkan dari pornografi, kekerasan serta kebohongan, kebencian, termasuk fitnah, hoax.

NASIONAL | 9 Juni 2020

Sekjen TII Ingatkan PDIP Tetap Kawal Pemerintahan Jokowi

Dia khawatir, bila PDIP tak mengontrol terus pemerintahan, maka pencapaian yang membaik di periode pertama justru bisa memburuk di periode kedua.

NASIONAL | 9 Juni 2020

Ini Syarat Masyarakat Gunakan KA Luar Biasa

Pengoperasian Kereta Api Luar Biasa (KLB) untuk masyarakat umum diperpanjang hingga 11 Juni 2020, dan penumpang harus memenuhi syarat tertentu.

NASIONAL | 9 Juni 2020

Kepala Dinas PU Natuna Sembuh dari Covid-19

Helmi bersyukur bisa cepat sembuh dari Covid-19, dan berterima kasih kepada tenaga kesehatan yang sudah merawatnya di RSUD Arifin Achmad.

NASIONAL | 9 Juni 2020

DPR Targetkan Revisi UU Pemilu Selesai Akhir Tahun

Pembahasan revisi UU Pemilu sengaja dipilih lebih cepat oleh Komisi II. Tujuannya untuk memberi kepastian kepada para pihak yang berkepentingan.

NASIONAL | 9 Juni 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS