Komang

Ingin Menginspirasi Anak Muda

Ingin Menginspirasi Anak Muda
Komang ( Foto: Istimewa )
Lona Olavia / AB Senin, 23 November 2015 | 11:13 WIB

Kesuksesan adalah milik siapa saja yang berkeinginan kuat untuk meraihnya. Tak terkecuali bagi anak petani, Komang, yang saat ini telah menempati posisi chief technology officer (CTO) di MatahariMall.com. Komang pun ingin menginspirasi anak muda. 

Pria kelahiran Singaraja, 8 Februari 1983 ini datang dari keluarga petani dan sebagian besar masa kecilnya dihabiskan di lingkungan persawahan.

“Saya sangat suka bercocok tanam. Itu salah satu pekerjaan yang sangat menantang, penuh kerja keras, menuntut insting dan kesabaran yang lebih. Sampai sekarang pun saya masih suka berada di areal persawahan, meskipun tidak sesering dulu karena tuntutan pekerjaan formal dan lokasi. Saya masih sering ikut bercocok tanam setiap ada kesempatan. Saya merasa hasil panen sendiri taste so much better,” ujarnya.

Bahkan, dia mengaku suatu saat nanti dirinya ingin pulang kampung dan menikmati menjadi petani penuh waktu. Tapi, diakuinya hal itu akan semakin sulit, mengingat area persawahan terkikis habis diganti ladang beton perumahan. Namun begitu, dia berharap para petani bisa melek teknologi supaya bisa mencari jalan keluarnya.

Di sisi lain, menjabat sebagai CTO di MatahariMall.com diakui Komang merupakan pencapaian tertingginya setelah bergelut cukup lama di bidang teknologi informasi (TI). Namun, siapa sangka pria yang memiliki hobi touring, membaca buku, dan bercocok tanam ini, masih tercatat sebagai mahasiswa di salah satu universitas di Bali.

Komang mengatakan, dirinya sempat kuliah TI beberapa kali, tetapi tidak selesai. Sebab, selain kuliah dirinya pun harus bekerja. Selain susah membagi waktu, aturan kampus yang menurutnya susah untuk diikuti membuat gerak dirinya terasa lambat.

“Saat ini saya masih tercatat sebagai mahasiswa di salah satu universitas di Bali. Jika memungkinkan saya ingin menyelesaikannya dan akan menjadi pencapaian terbesar saya setelah 12 tahun,” ucapnya tertawa.

Meski belum tamat, keahliannya di bidang teknologi tak bisa diragukan. Komang yang pernah berkarier di Kosong Satu Network, Forgitive Media Kreasi, dan OLX Indonesia, banyak mendapat ilmu dari membaca buku dan internet. Dengan membaca buku dan langsung mempraktikkannya, menurutnya keberhasilan lebih cepat tercapai.

“Saya juga banyak belajar dari kolega saya juga. Saya menganggap mereka mentor saya,” kata pria yang memiliki moto hidup “Jangan biarkan pengalamanmu lebih hebat daripada mimpimu”.

Namun, Komang mengaku tidak berharap orang mengikuti jalurnya. Sebab, diakuinya pengalaman akademis itu penting dan bisa membuka banyak kesempatan.

"Banyak orang sukses karena punya background akademis yang bagus dan lebih banyak yang gagal karena tidak memilikinya. Tapi, pada akhirnya, hasrat, konsistensi, dan kerja keraslah yang membawa seseorang berhasil,” ungkapnya. 

Sumber: Suara Pembaruan