Billy Kurniawan

Bawa Kopi Janji Jiwa Mendunia

Bawa Kopi Janji Jiwa Mendunia
Billy Kurniawan pemilik kedai kopi Janji Jiwa ( Foto: Suara Pembaruan/Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / IDS Kamis, 26 Desember 2019 | 14:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bisnis kopi saat ini semakin menjamur. Salah satu yang cukup familiar di masyarakat adalah kopi Janji Jiwa. Bagaimana tidak? Usaha milik Billy Kurniawan ini berhasil membuka dan memperluas kedai kopinya hingga mencapai 700 gerai dalam setahun. Semuanya sudah tersebar di 50 kota besar di Indonesia.

Setelah berbagai strategi telah dilakukan oleh Jiwa Group untuk memenangkan pangsa pasar kopi lokal, Billy akan memberikan usaha terbaiknya untuk mengembangkan kopi otentik Indonesia ini ke pasar global pada 2020. Negara-negara di Asia Tenggara menjadi tujuan pertamanya.

Saat ini, ia telah mempersiapkan ketersediaan bahan baku serta food tasting di beberapa negara yang dituju. Billy pun akan memberikan sedikit konsep dan beberapa menu spesial yang akan dijual di sana, sehingga ia optimistis kedai kopinya akan mampu bersaing dan mendapatkan konsumen di luar negeri.

"Kami memiliki rasa yang memang otentik dan khas dibandingkan kopi yang lain. Sebab, kami menggunakan gula aren yang memang khas Indonesia. Cita rasa ini yang ingin kami perkenalkan kepada dunia, agar kopi gula aren tidak hanya jadi minuman favorit di Indonesia saja," ujarnya Billy saat dijumpai SP beberapa waktu lalu di bilangan Jakarta Barat.

Hingga saat ini, pihaknya telah menjual sebanyak 5 juta cup kopi dalam sebulan.

Dengan pencapaian tersebut, Billy berhasil mencetak sejarah di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kopi lokal dengan prestasi “Pertumbuhan Kedai Kopi Tercepat dalam Satu Tahun".

Billy mengatakan, jumlah gerai mampu tumbuh dengan cepat karena dikembangkan dengan sistem waralaba. Ia mengakui, sebanyak 90% gerai merupakan milik pewaralaba, sedangkan sisanya dikelola sendiri.

"Dibandingkan merek lainnya, kita tidak terlalu agresif dengan promosi, karena kita pakai sistem waralaba. Jadi, tantangannya untuk modal kita kalah, tetapi produk kita bisa menang di market. Salah satu alasannya, karena produk kopi kita berkualitas dan langsung didapat dari petani kopi di Sumatra yang kita proses sendiri," terangnya.

Pada pertengahan tahun mendatang, Billy menargetkan akan membuka 1.000 cabang Janji Jiwa di seluruh kota Indonesia. Diperkirakan, secara total Janji Jiwa akan menghabiskan 12 ton biji kopi per minggu atau 48 ton biji kopi yang akan diproduksi per bulannya.

Menurut Billy, sudah menjadi komitmen bagi dirinya untuk terus memberikan yang terbaik bagi para pecinta kopi di seluruh Indonesia melalui segelas kopi lokal terbaik. Dengan niat tersebut, maka tercetuslah nama Janji Jiwa sebagai bentuk dari janji sang pemilik untuk membuat sebuah merek kopi lokal terbaik di Indonesia.

“Dengan tagline #kopidarihati, setiap satu gelas kopi yang dibuat berasal dari hati ini tidak semata hanya menjual sebuah produk tetapi juga menumpahkan passion, skill, dan semuanya yang saya punya ke dalam satu gelas kopi. Dengan hal tersebut saya percaya, sesuatu yang dimulai dari hati akan kembali ke hati,” jelasnya.



Sumber: Suara Pembaruan