Logo BeritaSatu

Fredy Napitupulu

Melepas ASN dan Sukses di Bimbel Khusus Kedinasan

Minggu, 23 Agustus 2020 | 09:30 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta, Beritasatu.com - Sebagai seorang pengusaha muda, Fredy Napitupulu sebetulnya sudah merasa cukup puas dengan apa yang dia hasilkan saat ini. Di usia yang belum mencapai 30 tahun, dia sudah menjadi seorang CEO di PT Stanbrain Pendidikan Indonesia atau yang dikenal dengan mereka Stanbrain. Saat ini, bisnis usaha jasa bimbingan belajar miliknya itu telah memiliki 42 cabang di seluruh Indonesia dan berhasil membantu lebih dari 3.000 siswa untuk masuk ke kampus-kampus kedinasan favorit.

Freddy memang merintis karier bisnisnya di bidang pendidikan, jasa bimbingan belajar (bimbel), pada 2013. Awalnya, dia memulai karier bisnisnya hanya dengan cara mengambil alih bisnis milik senior di kampusnya di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Dia melihat peluang bisnis ini sangat menjanjikan dan masih begitu banyak siswa yang ingin sekali masuk ke sekolah kedinasan PKN STAN. Bisnis usaha Stanbrain berusaha memfasilitasi para siswa dengan memberikan bimbingan belajar yang di khususkan untuk membantu siswa dalam menghadapi seleksi tes UTBK, CPNS, masuk kampus PKN STAN, dan kampus kedinasan lainnya.

“Menjadi seorang pengusaha memang tidak mudah. Apalagi, pada saat memutuskan memulai usaha pada usia yang relatif muda,” ujar Freddy di Jakarta, Sabtu (22/8/2020). Pada usia muda, menurutnya begitu banyak kendala untuk memulai usaha terutama soal kepercayaan dan permodalan. Namun, berkat kegigihannya segala kendala utama itu dilewati dengan mulus meski tantangan tetap terus menghadang di depan.

Freddy lalu memutuskan untuk bisnis bukan dengan cara yang mudah dan cepat. Setelah lulus dari kampus PKN STAN, harus menjalani ikatan dinas, dan menjadi aparatur sipil negara (ASN). Namun, pada 2016, ia akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ASN dan fokus mengembangkan bisnis usahanya tersebut. Setelah memutuskan untuk fokus dalam dunia bisnis, ia mulai mengembangkan bisnisnya di beberapa cabang di kota-kota besar di Indonesia.

Setelah cabangnya berjalan, tidak lama kemudian banyak perubahan yang terjadi pada bisnis jasa bimbel dan bisa dikatakan sebagai cikal bikal sebagai perusahaan rintisan di usaha dan jasa di bidang pendidikan. Saat ini Stanbrain merupakan bimbingan belajar khusus persiapan masuk, bukan hanya untuk Kampus PKN STAN, tetapi juga untuk persiapan UTBK, CPNS, dan sekolah kedinasan lainnya.

Fredy juga tidak cukup puas dengan kesuksesan yang dimiliki saat ini bersama Stanbrain. Dia mulai terjun kembali ke dunia bisnis lainnya dan melebarkan sayap bisnis baru di luar bidang jasa bimbel, yaitu “Warkop 1993” dan” Masuk Kelas Online”. “Bisnis usaha selain Stanbrain tergolong masih baru. Kedai Kopi Warkop 1993 dan startup pendidikan, yaitu Masuk Kelas Online," tambahnya.

Kedai kopi Warkop 1993 merupakan usaha bisnis barunya yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan, tepatnya di samping bimbel Stanbrain Pendidikan Indonesia. Warung Kopi ini tidak hanya menyediakan menu kopi, tetapi juga tersedia menu makanan dan makanan ringan yang disukai anak muda. Tentu saja karena tempat ini berlokasi di samping Bimbel Stanbrain target marketnya jelas, yaitu untuk para siswa atau siswi Bimbel Stanbrain yang melepas lelah seusai belajar. Warung kopi ini berlokasi di Jalan Ceger Raya Nomor 85A Tangerang Selatan.

Sementara, untuk bisnis baru lainnya, Masuk Keelas Online, sebetulnya masih dalam kategori jasa bimbingan belajar, tetapi lebih mengutamakan kelas daring. Bisnis ini adalah platform aplikasi karya anak bangsa dan merupakan salah satu bisnis usaha baru. Fredy mendirikannya bersama rekannya, yang juga anak muda, yaitu Ruben Hasiholan N dan Eliadi Hulu.

Fredy memaparkan bahwa di dalam aplikasi Masuk Kelas online nantinya tersedia fitur "Skill Room", "Video Conference", dan "Live Teaching". Lalu, aplikasi ini juga akan menjadi penghubung dengan webinar atau kelas daring. Saat ini Aplikasi tersebut masih dikembangkan dan bersiap untuk diluncurkan dalam waktu dekat.

Tak cukup dengan jasa bimbel dan warung kopi, Freddy juga mencoba bisnis di bidang lain, yaitu Sans T-Shirt Indonesia. Bisnis ini merupakan produk baju dari bahan katun (combed 100%). Kaus katun ini dapat mencetak/sablon kata-kata yang diinginkan sesuai dengan pesanan.

Freddy Napitipulu meyakini bahwa sesuatu yang sudah dimulai dengan usaha dan kerja keras maka akan membuahkan keberhasilan. “Selain itu, saya juga memiliki komitmen terhadap tujuan yang ingin di capai,” ujarya.

Tanpa komitmen menurutnya sulit dapat membuat seseorang berhasil dengan bidang yang sedang dijalani. Hal itu terbukti dengan berhasilnya bisnis usaha yang ia jalani saat ini dijalankan dengan komitmen yang tinggi dan fokus.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Minta Maaf ke Keluarga Brigadir J, Kamaruddin: Itu yang Ditunggu

Ferdy Sambo meminta maaf kepada keluarga Brigadir J.  Kamaruddin Simanjuntak mengatakan, permintaan maaf itu telah ditunggu-tunggu sejak awal.

NEWS | 6 Oktober 2022

Puan Maharani Bicara Hubungan Harmonis RI-Rusia

Ketua DPR Puan Maharani berbicara mengenai hubungan harmonis RI dan Rusia yang terbangun selama 70 tahun.

NEWS | 6 Oktober 2022

Polisi Akan Tanyakan Penyebab Rizky Billar Lakukan KDRT

Polisi menegaskan bakal menanyakan apa yang jadi penyebab artis Rizky Billar tega melakukan KDRT terhadap Lesti Kejora secara berulang.

NEWS | 6 Oktober 2022

Polisi Akan Gelar Perkara untuk Tetapkan Rizky Billar sebagai Tersangka

Polisi bisa saja langsung menggelar perkara untuk menetapkan Rizky Billar sebagai tersangka dalam kasus KDRT terhadap istrinya, Lesti Kejora.

NEWS | 6 Oktober 2022

Golkar Pastikan Akbar Tandjung Konsisten Menangkan Airlangga Hartarto

Partai Golkar meyakini Akbar Tandjung konsisten memenangkan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden Golkar di Pilpres 2024.

NEWS | 6 Oktober 2022

KPK Benarkan Blokir Rekening Istri Lukas Enembe untuk Penyidikan

KPK membenarkan telah memblokir rekening istri Gubernur Papua Lukas Enembe, Yulce Wenda.

NEWS | 6 Oktober 2022

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Pengembangan Agroeduwisata

Wapres Ma'ruf Amin mendorong pengembangan agroeduwisata di Indonesia. Wisata itu perlu diperbanyak untuk menumbuhkan minat masyarakat

NEWS | 6 Oktober 2022

Sore Hari Cuaca Jabodetabek Masih Berpotensi Hujan, Ini Wilayahnya

Jabodetabek berpotensi diguyur hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang akan berlangsung hingga sore.

NEWS | 6 Oktober 2022

Jakarta Punya Parkir Limpahan Sungai Berbasis Alam

Anies Baswedan menyebut, Jakarta mempunyai tempat parkir sementara untuk menampung limpahan air sungai berbasis alam pertama di Indonesia. 

NEWS | 6 Oktober 2022

KPK Telusuri Pembahasan soal Pengadaan LNG Pertamina

KPK menelusuri pembahasan soal pengadaan LNG pada PT Pertamina dalam rentang waktu 2011-2021.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Serangan di Zaporizhzhia, 2 Tewas dan 5 Menghilang

Serangan di Zaporizhzhia, 2 Tewas dan 5 Menghilang

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings