Logo BeritaSatu

Astronaut Wanita Arab Pertama yang Meraih Mimpi Masa Kecil

Jumat, 9 Juli 2021 | 12:34 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Dubai, Beritasatu.com- Proklamator Soekarno pernah berkata: “Bermimpilah setinggi bintang-bintang di langit, dan jika jatuh, engkau akan berada di antara bintang-bintang”. Nora Al-Matrooshi mungkin tak mengenal Soekarno. Tapi ujaran motivasi Soekarno itu bukan lagi mimpi setelah dia menjadi astronaut wanita Arab pertama.

Nora Al-Matrooshi dari Uni Emirat Arab (UEA) adalah wanita Arab pertama yang memulai pelatihan untuk menjadi astronaut, satu dari dua orang Emirat yang dipilih dari ribuan pelamar saat negara Teluk itu berambisi "menjangkau" bintang-bintang.

Matrooshi telah bermimpi tentang luar angkasa sejak dia masih kecil. Perempuan asal Sharjah ini gemar belajar tentang planet dan bintang di sekolah.

Meskipun belum ada misi luar angkasa yang dijadwalkan, Matrooshi berharap suatu hari memiliki kesempatan untuk mengunjungi luar angkasa. Insinyur mesin berusia 28 tahun ini melanjutkan tradisi eksplorasi yang dimulai oleh nenek moyang pelautnya.

“Keturunan keluarga ibu saya adalah pelaut. Saya akan mengatakan mereka menjelajahi lautan. Istilah 'astronot' berarti 'pelaut bintang' dalam bahasa Yunani," kata Matrooshi yang bersuara lembut.

Matrooshi dan rekan senegaranya, Mohammad Al-Mulla, 33, akhir tahun ini akan berangkat ke Amerika Serikat (AS) untuk berlatih di Johnson Space Center NASA. Mereka sekarang bergabung dengan Sultan Al-Neyadi dan Hazza Al-Mansoori dalam persekutuan astronaut Emirat.

Kedua warga Emirat tersebut kini sedang berlatih di Dubai, mulai dari belajar berbicara bahasa Rusia hingga pelajaran terbang.

UEA adalah pendatang baru di dunia eksplorasi ruang angkasa, tetapi dengan cepat merintis jejaknya.

Pada September 2019, UEA mengirim astronaut pertama ke luar angkasa sebagai bagian dari awak tiga anggota yang meluncur dengan roket Soyuz dari Kazakhstan untuk misi delapan hari.

Kemudian pada bulan Februari, penyelidikan “Harapan” berhasil memasuki orbit Mars dalam perjalanan untuk mengungkap rahasia cuaca Mars. UEA membuat sejarah sebagai misi antarplanet pertama di dunia Arab.

Baru-baru ini pada September 2020, Abu Dhabi menyatakan pihaknya berencana meluncurkan penjelajah tak berawak ke bulan pada 2024 yang akan menjadi perjalanan pertama ke satelit Bumi oleh negara Arab.

“Jika saya bisa melakukannya, maka Anda bisa melakukannya. Jika belum ada yang melakukannya sebelum Anda, silakan saja dan jadilah yang pertama. Jika Anda benar-benar bersemangat tentang apa yang Anda lakukan, maka Anda harus bekerja keras untuk itu dan mencari peluang,” kata Matrooshi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jusuf Kalla Kenang Ferry Mursyidan Baldan Sebagai Sosok Humoris

Jusuf Kalla (JK) mengenang mantan menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Ferry Mursyidan Baldan sebagai sosok humoris.

NEWS | 2 Desember 2022

Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Ferry Mursyidan Baldan

Presiden Jokowi melayat ke rumah duka almarhum Ferry Mursyidan Baldan di daerah Slipi, Jakarta Barat, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Yudo Margono Bakal Perhatikan Kesejahteraan Prajurit

Peningkatan kesejahteraan prajurit TNI menjadi salah satu hal yang diperhatikan Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Didominasi XBB dan BQ.1

Kasus positif Covid-19 selama satu minggu ini mengalami penurunan meski di 12 provinsi justru terjadi peningkatan.

NEWS | 2 Desember 2022

Lebih 200 WNI Pemetik Buah di Inggris Terkatung-katung dan Terbelit Utang

Lebih dari 200 WNI yang bekerja memetik buah di Inggris hidup terkatung-katung dan terbelit utang hingga ratusan juta rupiah.

NEWS | 2 Desember 2022

Suara Bulat, Komisi I DPR Setujui Yudo Margono Jadi Panglima TNI

Komisi I DPR menyetujui Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dengan suara bulat, tanpa lewat voting.

NEWS | 2 Desember 2022

Pemberhentian dengan Hormat Jenderal Andika Perkasa Disetujui

Komisi I DPR menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Hasil Gelar Perkara Tambang Ilegal Tak Disampaikan, Ini Alasan Polri

Bareskrim Polri menyatakan tidak menyampaikan hasil gelar perkara kasus tambang ilegal untuk kepentingan investigasi selanjutnya.

NEWS | 2 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Gempa Susulan di Cianjur Terjadi 373 Kali

Gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat hingga saat ini sudah terjadi sebanyak 373 kali hingga hari ini, Jumat (2/12/2022) sore.

NEWS | 2 Desember 2022

Telkom Raih Penghargaan Indonesia's SDGs Action Awards 2022

Penghargaan ini diserahkan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa dan diterima langsung oleh Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom, Afriwandi.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit 27, Korsel Cetak Gol Penyeimbang ke Gawang Portugal

Menit 27, Korsel Cetak Gol Penyeimbang ke Gawang Portugal

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE