Logo BeritaSatu

Astronaut Wanita Tiongkok: “Ibu Akan Memetik Bintang untukmu”

Selasa, 9 November 2021 | 14:23 WIB
Oleh : Unggul Wirawan / WIR

Beijing, Beritasatu.com- Astronaut Wang Yaping menjadi wanita Tiongkok pertama yang berjalan di luar angkasa. Seperti dilaporkan Reuters, Senin (9/11/2021), Wang dijadwalkan untuk mengambil bagian dalam misi awak Shenzhou-13, dengan pesawat ruang angkasa yang akan diluncurkan dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut Tiongkok pada 16 Oktober.

Seperti dalam laporan Xinhua, terakhir kali Wang berada di luar angkasa adalah delapan tahun lalu, tiga tahun sebelum kelahiran putrinya. Dia menjadi berita utama di seluruh dunia dengan gambar dirinya yang tercermin dalam setetes air yang mengambang di laboratorium ruang angkasa Tiangong-1.

"Ibu akan memilihkan bintang untukmu. Tunggu aku," kata Wang Yaping, wanita pertama di stasiun luar angkasa Tiongkok, memberi tahu putrinya yang berusia 5 tahun sebelum misi penerbangan Shenzhou-13.

Wang lahir pada tahun 1980 dari keluarga pedesaan di Provinsi Shandong. Dia suka jogging dan merupakan pemain depan dengan skor tinggi di lapangan basket di sekolah.

"Ketika saya masih muda, dunia saya kecil. Mimpi saya jauh lebih sederhana: pergi ke luar desa dan membalas kembali semua yang telah diberikan orang tua saya," kenang Wang.

Mimpi luar angkasa Wang dimulai pada tahun 2003 ketika Tiongkok mengirim astronaut pertamanya Yang Liwei ke luar angkasa.

"Saya menyaksikan nyala api roket yang terang di TV, dan satu ide melintas di benak saya: Tiongkok sekarang memiliki astronaut laki-laki, kapan akan ada astronaut perempuan?" kata Wang. Saat itu, dia sudah menjadi pilot pesawat angkut dengan pengalaman dua tahun di Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat.

Setelah melakukan penerbangan yang aman selama 1.600 jam selama sembilan tahun, Wang terpilih ke dalam angkatan kedua astonaut Tiongkok pada tahun 2010 dan menjadi kandidat kuat untuk penerbangan pertama Tiongkok dengan atsronaut wanita.

Namun, Wang tidak lulus ujian terakhirnya dan Liu Yang dinobatkan sebagai astronaut "wanita pertama".

Wang tidak berkecil hati tetapi mendorong ke depan lebih keras. Astroaut cadangan selalu berlari tiga putaran lebih banyak dari yang lain dalam kursus fisik; dia mengajukan diri untuk diperlakukan dengan standar yang sama dengan rekan prianya selama pelatihan bertahan hidup di gurun, dan dia meminta untuk berlatih di ruang bertekanan selama 30 menit ekstra setiap kali.

"Anda tidak bisa beristirahat hanya karena menjadi seorang wanita," kata Wang.

Usaha Wang Yaping tidak sia-sia. Dia menjadi anggota kru misi luar angkasa Shenzhou-10 pada tahun 2013. Dan yang lebih penting, Wang mendapatkan gelar guru ruang angkasa pertama Tiongkok setelah memberikan kuliah siaran kepada siswa dari orbit lebih dari 300 km di atas permukaan bumi.

Sebelum kuliah, pendidik pertama NASA di luar angkasa Barbara Morgan menulis surat kepada Wang untuk menyampaikan salam dan harapan kepada rekan Tiongkok-nya. Pelajaran itu berhasil, dengan khalayak lebih dari 60 juta siswa.

Liu Cixin, penulis fiksi ilmiah terkenal Tiongkok dan pemenang Penghargaan Hugo, menggambarkan pelajaran Wang sebagai "kuas", yang melukis dunia luar angkasa untuk anak-anak yang berbeda dari Bumi.

Kuncir kuda Wang, wajah murah senyum dan suara lembut menarik jutaan hits di media sosial, sehingga ia telah dikenal sebagai "pahlawan luar angkasa."

Selain berbagai penghargaan yang telah diberikan kepadanya, Wang juga telah mengambil lebih banyak tanggung jawab. Dia adalah wakil Kongres Rakyat Nasional ke-13, badan legislatif tertinggi Tiongkok, dan menjabat sebagai wakil ketua Federasi Pemuda Seluruh Tiongkok ke-12. Pada tahun 2020, Wang terpilih kembali sebagai wakil ketua Federasi Pemuda Seluruh Tiongkok ke-13.

Wang memperoleh gelar master komunikasi massa di Universitas Peking, dan juga menjadi dosen tetap, memberikan kuliah sains ke sekolah-sekolah.

Wang dan rekannya Zhai Zhigang keluar dari modul pada Minggu malam. Dia melambai ke kamera sambil tertambat ke luar stasiun dan memasang perangkat suspensi dan konektor transfer.

"Ini menandai aktivitas ekstravehicular pertama kru Shenzhou-13, dan juga yang pertama dalam sejarah luar angkasa Tiongkok yang melibatkan partisipasi astronaut wanita," kata Badan Antariksa Berawak Tiongkok pada Senin pagi.

"Seluruh proses berjalan lancar dan sukses," tambah agensi, menyatakan selesai.

Tiangong diperkirakan akan beroperasi setidaknya selama 10 tahun, dan ketiga astronaut tersebut adalah kelompok kedua yang tinggal di sana. Wang adalah wanita pertama yang berkunjung.

Komandan misi Zhai adalah mantan pilot pesawat tempur yang melakukan perjalanan luar angkasa pertama Tiongkok pada 2008.

Operasi hari Minggu terjadi hanya beberapa pekan setelah Wang, Zhai dan anggota tim ketiga Ye Guangfu meluncur dari pusat peluncuran Jiuquan di barat laut gurun Gobi Tiongkok. Ye, yang tinggal di dalam selama berjalan untuk mendukung rekan-rekannya, adalah seorang pilot Tentara Pembebasan Rakyat.

Pekerjaan mereka melibatkan pengaturan peralatan dan teknologi pengujian untuk konstruksi masa depan, dengan setidaknya satu perjalanan ruang angkasa lagi yang direncanakan. Tim ini diperkirakan akan menghabiskan enam bulan di stasiun Tiangong tersebut.

Awak pemecah rekor sebelumnya, yang melakukan misi pertama ke Tiangong, kembali ke Bumi pada bulan September setelah menghabiskan tiga bulan di sana.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi, 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehataan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Positivity Rate Covid-19 sampai 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi, 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Kesembuhan Terendah Covid-19 di 10 Provinsi, 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi, 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Kematian Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi, 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Prediksi Puncak Covid-19 Berdasarkan Data, 5 Oktober 2022

Berikut ini Prediksi Puncak Covid-19 Berdasarkan Data, 5 Oktober 2022 sesuai dengan dta dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 5 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus Positif Kumulatif & Suspek Covid-19, 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022

Data Kematian akibat Covid-19 sampai 5 Oktober 2022

Data Kematian akibat Covid-19 sampai 5 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 5 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pengelolaan Informasi Publik Harus Mengikuti Tren Kekinian

Pengelolaan Informasi Publik Harus Mengikuti Tren Kekinian

NEWS | 30 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings