Dunkirk Masih Merajai Box Office

Dunkirk Masih Merajai Box Office
Dunkirk. ( Foto: istimewa )
Dina Fitri Anisa / YUD Senin, 31 Juli 2017 | 07:20 WIB

Jakarta - Dunkirk mampu bertahan selama dua pekan di daftar film terlaris, pekan terakhir Juli 2017. Dengan estimasi pendapatan sekitar US$ 28.1 juta minggu ini, Dunkirk berhasil merajai box office selama 2 pekan. Diketahui, film ini hanya turun sektitar 44 persen saja dari pendapatannya minggu lalu. Nolan kini sudah mengumpulkan pundi-pundi keuntungan sebesar US$ 102 juta dalam kawasan domestik di 10 hari pertama penayangan, dan terus bertambah hingga kini.

Bertambah 17 pasar internasional membuat keuntungan film ini bertambah sekitar US$ 45.6 juta dan telah terkumpul US$ 131.3 juta. Untuk jumlah pendapatan global mencapai US$ 234.1 juta, diperkirakan sudah cukup untuk menutupi bujet yang cukup besar, US$ 100 juta.

Besarnya bujet produksi film ini terjadi karena Nolan merekonstruksikan sejarah dengan visual yang begitu megah sekaligus menegangkan.

Sebenarnya, Warner Bros. melakukan langkah yang cukup berani dengan mengucurkan dana besar untuk film bertema sejarah. Tapi mereka sepenuhnya percaya dengan Nolan yang kualitasnya sudah teruji dan memiliki basis penggemar loyal. “Chis Nolan punya reputasi. Penontonnya selalu menantikan film terbaru dari dia. Kami bangga menjadi bagian dari itu,” kata Presiden Distribusi Domestik Warner Bros Jeff Goldstein.

Jika dibandingkan dengan film-film bertema perang lainnya, pencapaian Dunkirk sejauh ini cukup bagus. Unbroken karya Angelina Jolie memiliki debut US$ 30,6 juta saat dirilis Desember 2014, sementara Fury mendapat US$ 23,7 juta ketika tayang di bioskop November 2014. Tahun lalu, Mel Gibson mengeluarkan Hacksaw Ridge yang mendapat debut US$ 15,2 juta.

Saat ini film Perang Dunia Kedua dengan pendapatan tertinggi masih dipegang ‘Saving Private Ryan’ (1998) garapan sutradara Steven Spielberg, dengan pemasukan US$ 216,5 juta domestik, dan US$ 265.3 juta internasional.Ketika dirilis, film ini pun memiliki debut pemasukan sebesar US$ 31 juta.

Kontroversi

Selain sukses di box office, film Dunkirk juga menjadi perbincangan karena kontroversi tentang penamaan tokoh dalam film. Ada pihak keluarga korban peristiwa Dunkirk yang mengajukan protes karena Nolan memakai nama fiktif untuk tokoh yang diperankan Sir Kenneth Branagh.

Branagh disebut memainkan tokoh yang diadaptasi dari karakter Commander James Campbell Clouston. Dia adalah anggota Angkatan Laut berusia 39 tahun yang tewas saat evakuasi massa pada Juni 1940. Keluarga Clouston marah karena film Dunkirk dinilai tidak menghargai jasa pahlawan yang gugur.

Seperti yang dilansir Daily Mail, anak lelaki Commander Clouston, Dane (78), masih bayi ketika ayahnya meninggal dalam peristiwa tersebut. Dia kemudian mengambil langkah untuk menghubungi produser film Dunkirk pada Januari lalu dan bertanya kemungkinan untuk mencantumkan nama ayahnya sebagai penghormatan, tetapi permintaannya ditolak karena ada terlalu banyak pahlawan yang harus diberi penghormatan.

“Aku cukup kecewa namanya tidak disebutkan dengan layak. Aku mengerti sepertinya mustahil untuk menggunakan nama tiap orang secara benar di film, tapi dia adalah pier-master, tak ada lagi orang lain yang memiliki wewenang itu. Kami tentu bangga dengan apa yang sudah mendiang lakukan dan kecewa bahwa dia tidak mendapatkan pengakuan,” kata Dane yang juga anggota Angkatan Laut.

Produser Emma Thomas yang kebetulan istri dari Nolan, mengatakan bahwa tiap karakter dalam film dibuat fiktif agar menghormati semua pahlawan di kehidupan nyata. “Kami tidak mengubah nama fiktif itu karena fakta bahwa karakter kami terinspirasi dari cerita orang-orang yang berbeda,” paparnya.

Di luar permasalahan tersebut, mendarat di posisi kedua adalah fitur animasi terbaru dari Sony, The Emoji yang memasuki akhir pekan dengan ulasan pedas dari para kritikus. Namun, setelah perkiraan Jumat, tampaknya ada kemungkinan di posisi teratas di akhir pekan. Tapi akhirnya menetap, dan menghasilkan sekitar $ 25.6 juta. Film ini pun mendapatkan nilai dari CinemaScore "B".

Daftar 10 box office, pekan keempat Juli 2017:

1. Dunkirk – US$ 28,1 juta

2. The Emoji – US$ 25.6 juta

3. Girls Trip ] – US$ 20 juta

4. Atomic Blonde – US$ 18.5 juta

5. Spider-Man: Homecoming – US$ 13.4 juta

6. War for the Planet of the Apes – US$ 10.3 juta

7. Despicable Me 3 – US$ 7.7 juta

8. Valerian and the City of a Thousand Planets – US$ 6.8 juta

9. Baby Driver – US$ 4 juta

10. Wonder Woman – US$ 3.5 juta



Sumber: Box Office Mojo