Aquaman Tembus Rp 13,2 Triliun

Aquaman Tembus Rp 13,2 Triliun
Poster film Aquaman. ( Foto: Superherohype )
Diana Fitri Anisa / JAS Selasa, 8 Januari 2019 | 08:38 WIB

Los Angeles - Tiga pekan sejak penayangan perdana, Aquaman berhasil meraih keuntungan kotor di seluruh dunia dengan angka yang cukup fantastis, yaitu US$ 943,2 juta (Rp 13,2 triliun). Dengan performa tersebut, Aquaman dinyatakan berhasil mengalahkan Batman v Superman: Dawn of Justice pada Sabtu lalu untuk menjadi film DC Extended Universe (DCEU) terlaris di dunia.

Jika dijabarkan, total pendapatan tersebut 72,4 persen merupakan hasil dari penjualan tiket di pasar internasional dengan angka hingga US$ 683,2 juta (Rp 9,6). Sedangkan untuk hasil penjualan di 4.125 layar di kawasan domestik, Aquaman mendapatkan US$ 260 juta (Rp 3,6) atau sekitar 27,6 persennya saja.

Tidak hanya "berenang" cepat di DC Extended Universe, film garapan James Wan ini rupanya juga mengalahkan pendapatan box office dari beberapa film pahlawan super dari "tetangga sebelah", alias Marvel Cinematic Universe (MCU). Pertama adalah, Guardians of the Galaxy: Vol 2 menghasilkan US$ 863,8 juta (Rp 12,2 triliun) di seluruh dunia. Guardians 2 berada di urutan kedelapan dalam daftar film Marvel Cinematic Universe (MCU) terlaris.

Kemudian, yang kedua dari Thor: Ragarnok (2017) yang kini berada di urutan kesembilan dalam daftar tersebut dengan total box office sebesar US$ 854 juta (Rp 12,1 triliun). Sementara Venom meraup hampir US$ 856 juta (Rp 12,17 triliun) dalam daftar box office.

Dengan kesuksesan Aquaman ini, aktor Jason Momoa juga telah mengucapkan terima kasih. Hal ini disampaikan untuk semua orang yang telah menjadikan film ini jadi nomor satu.

“Mahalo semuanya yang telah membuat #Aquaman menjadi film nomor satu di dunia. Saya cinta kalian semua. Saya sangat bangga dengan film ini dan semua orang pun juga begitu. Aloha,” tulisnya dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya @prideofgypsies.

Di sisi lain, Aquaman merupakan film keenam dari DC Extended Universe (DCEU) yang disutradarai oleh James Wan. Selain Jason Momoa, film ini juga turut dimainkan oleh Amber Heard, Willem Dafoe, Patrick Wilson, Dolph Lundgren, Yahya Abdul-Mateen II, dan Nicole Kidman. Aquaman menceritakan tentang pewaris kerajaan bawah laut Atlantis yang melawan saudara tirinya bernama Orm.

Posisi Aquaman di box office yang tidak berubah sejak tiga minggu lalu rupanya tidak berarti bagi film-film lainnya. Posisi dua kini diikuti oleh film horor produksi Sony, Escape Room yang berhasil menyabet angka US$ 18,2 juta (Rp 256,4 miliar) di 2.717 layar pada pekan perdananya. Film garapan Adam Robitel ini rupanya berhasil menyusul film Mary Poppins Returns yang sejak dua minggu lalu menguasai juara dua box office.

Meski performa di minggu pertama cukup baik, Escape Room rupanya tidak mendapatkan hati di kalangan kritikus. Film ini mendapatkan 53 persen tomat busuk (Rotten Tomatoes) atau dengan rata-rata nilai 5,1/10.

Seperti yang tertulis dalam situs aggregator itu, Escape Room dinilai gagal untuk mendapatkan potensial premis di dalamnya. Sedangkan ketegangan yang dihadirkan hanya cukup untuk menawarkan pengalihan suasana untuk para fan film suspense.

Kemudian, nasib Mary Poppins Returns dan Bumblebee sudah tidak seberuntung minggu-minggu sebelumnya. Penjualan tiket dua film ini cukup menyusut dengan tajam. Marry Poppins saat ini hanya mendapatkan US$ 15,8 juta (Rp 222,6 miliar), sedangkan Bumblebee mendapatkan US$ 13,2 juta (Rp 185,9 miliar). [DFA]

Berikut adalah daftar box office minggu lalu:

1. Aquaman – US$ 31 juta

2. Escape Room – US$ 18,2 juta

3. Mary Poppins Returns – US$ 15,8 juta

4. Bumblebee – US$ 13,2 juta

5. Spider-Man: Into The Spider-Verse – US$ 13,1 juta

6. The Mule – US$ 9,1 juta

7. Vice – US$ 5,7 juta

8. Second Act – US$ 4,7 juta

9. Ralph Breaks the Internet – US$ 4,6 juta

10. Holmes and Watson – US$ 3,3 juta



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE