Epy Kusnandar Dedikasikan Film Preman Pensiun untuk Didi Petet

Epy Kusnandar Dedikasikan Film Preman Pensiun untuk Didi Petet
Para pemain film Preman Pensiun. ( Foto: Beritasatu.com/Chairul Fikri )
Chairul Fikri / CAH Sabtu, 12 Januari 2019 | 12:42 WIB

Preman Pensiun Diangkat Layar Lebar, Epy Kusnandar Kenang Saat Bersama (Alm) Didi Petet

Jakarta - Sineteron Preman Pensiun yang berkisah tentang kehidupan para preman di kawasan Bandung memang pernah jadi tayangan favorit  pemirsa televisi. Meski tidak dibintangi artis-artis tenar, namun gaya yang lucu dengan balutan nuansa adat masyarakat sunda membuat sinetron itu sempat jadi primadona saat ditayangkan.

Dua sosok utama dalam sinetron tersebut adalah Kang Muslihat yang diperankan Epy Kusnandar dan Kang Bahar yang diperankan (alm) Didi Petet.

Kini, sinetron tersebut kembali tayang namun berbeda format dengan diangkat ke layar lebar. Epy Kusnandar mengaku bahagia sekaligus sedih karena tak bisa berada satu frame lagi dengan almarhum Didi Pete.

"Hingga sekarang saya tidak akan pernah melupakan saat-saat saya pertama ketemu beliau (Alm Didi Petet). Saat itu, beliau menganggap saya sebelah mata. Beliau akan tersenyum dan melihat saya sebelah mata. Ya seperti pertemuan pertama sama Mas Didi, saya dipandang sebelah mata. Siapa lo dan mau ngapain? Kalau enggak serius enggak usah ke dunia ini. Kalau benar-benar, jadikan ini sumber kehidupan kamu dan kalau tidak tinggalkan dunia ini," tutur Epy saat ditemui di acara gala primier film Preman Pensiun The Movie di kawasan Epicnetrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/1).

Hal itu wajar karena Epy berangkat sebagai pemain teater. Namun seiring berjalannya waktu, Almarhum Didi Petet akhirnya mengakui bakat yang dimiliki Epy. "Ya dari sinetron Preman Pensiun itu saya dekat dengan beliau. Kalaupun ini akhirnya diangkat jadi film layar lebar. Saya pastinya akan dedikasikan film ini untuk beliau," ungkap Epy.

Ditambahkan Epy, pertemuan pertama itulah yang lantas memacu semangatnya untuk terus berkarya untuk membuktikan bahwa dirinya memang berbakat dan punya semangat yang sama untuk memajukan industri perfilman tanah air.

Meski mengakui bahwa dirinya bukan aktor tampan layaknya pemeran-pemeran film lainnya, namun Epy mengaku berusaha menunjukan bahwa film yang dibintanginya tak kalah dengan film-film yang dibintangi oleh para pemeran yang tampan dan cantik.

"Yang pasti lebih di-eksplore maksimal di film ini karena salah sedikit aja keliatan. Bukan saja salah dialog, salah perasaan aja sudah salah nih kayaknya' penonton akan jeli. Saya sendiri sadar diri aja, bahwa saya enggak ganteng gak seperti film-film lain yang punya pemeran yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Jadi dibutuhkan latihan yang ekstra keras 4 kali lipat agar filmnya enak ditonton," akuinya.

Epy mengatakan dirinya berusaha menyelami benar-benar karakter tokoh kang Mus ini agar bisa sesuai dengan preman pada umumnya. 

"Saya puas karena saya mampu membuat ini, itu artinya Alm Didi Petet gak akan menganggap saya sebelah mata lagi, karena karya saya sudah membuat orang mengenal saya dan mengancungi jempol akting yang saya lakukan," tandasnya.

Film Preman Pensiun masih mengusung genre komedi situasi seperti serialnya. Lelucon-lelucon ringan yang dilontarkan para mantan preman seperti duo Pipit (Ica Naga) dan Murad (Deny Firdaus), atau Ujang (M Fajar Hidayatullah) berhasil membuat penonton terpingkal. Selain itu untuk menambah keseruan filmnya, Sutradara Aris Nugraha pun meramu film ini sebagai film

Komedi satir yang dikemas dalam dialog-dialog yang ringan dan pas, juga masih kental disajikan di film Preman Pensiun yang bisa disaksikan keluarga Indonesia. Masih menyuguhkan latar belakang budaya Sunda yang kental. Namun bedanya kisah di film Preman Pensiun kini dibuat lebih kompleks namun tidak meninggalkan ciri khas versi serial televisinya. Film Preman Pensiun The Movie ini rencananya akan mulai tayang di bioskop Tanah air mulai 17 Januari 2019 mendatang.



Sumber: BeritaSatu.com