SHOH Enterprise Resmikan Studio Animasi di Indonesia

SHOH Enterprise Resmikan Studio Animasi di Indonesia
Perusahaan animasi asal Singapura, SHOH Enterprise secara resmi mengoperasikan studio animasi kreatif di Indonesia pada Jumat (15/3/2019). ( Foto: istimewa / - )
Mashud Toarik / MT Jumat, 15 Maret 2019 | 19:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – SHOH Enterprise secara resmi mengoperasikan studio animasi kreatif, Studio SHOH Entertainment (SSE) di Indonesia. Ini merupakan ekspansi yang telah direncanakan oleh perusahaan yang berbasis di Singapura tersebut sejak tahun 2018 lalu.

Presiden dan CEO Seung-Hyun Oh menyampaikan, saat ini SSE menampung lebih dari 100 pemuda dan pemudi kreatif. “Dalam empat tahun ke depan SSE berencana akan memiliki kurang lebih 500 karyawan permanen,” ujar SHOH saat peluncuran Studio SHOH Entertainment di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Dikatakannya, Studio SHOH menyediakan layanan dari konsep hingga penyelesaian, baik animasi 2D dan 3D, pengembangan karakter, efek visual, production, direction, hingga post-production.

Dipaparkan Seung-Hyun Oh, SHOH bertujuan untuk menjadi perusahaan penyedia animasi terkuat,yang secara agresif akan membentuk industri animasi global.Untuk mencapai tujuan itu, studio ini bekerja sama dengan beberapa klien internasional,seperti SamG Animation, Synergy Media, Ocon, Man of Action, Zag Toon, Warner Bros, Nickelodeon, Disney, dan lainya.

Sebagai catatan, SSE dibangun atas rekam jejak dari Seung-Hyun Oh, seorang produser yang selama 27 tahun telah berkarya di industri animasi sembari memimpin berbagai produksi, distribusi, sekaligus peraih berbagai macam penghargaan untuk konten animasi.

Dia juga memiliki andil pada karya cerita yang sukses di kancah internasional, seperti Avatar the Last Airbender, Tron Uprising, Tinkerbell: Never Beast, Wonderful Days, Kiko, dan Zak Storm.

Untuk menjalankan studio animasi kreatif ini, di bagian produksi Seung-Hyun Oh dibantu oleh Baek Dong Jin selaku Wakil Presiden. Baek sebelumnya telah melambungkan tokoh anak-anak seperti Pororo, Friends and Heroes, The Adventure of Charlotte and Henry. Selain itu ada Han Jung Hun yang turut andil sebagai kepala pengoperasian studio SSE.

Disebutkan, SSE tengah mengerjakan empat proyek kolaborasi, dan menargetkan dapat memproduksi lebih dari delapan acara serial TV, serta dua film animasi selama tiga tahun ke depan.

Bersamaan dengan peluncuran SSE, SHOH melakukan penandatangan kerjasama dengan Lenovo terkait pengembangan Animation Institute.

Menurutnya hal ini dilandasi oleh keinginan SSE menjadi bagian besar dari pendidikan yang layak bagi generasi muda di Indonesia, yang sekarang merupakan kelompok populasi terbesar sebanyak lebih dari 100 juta orang.

“Oleh karena itu, SSE akan berkontribusi sebagai penyedia konten berkualitas tinggi dari dasar, dengan membuka Animation Institute yang didukung oleh Lenovo,” kata Seung-Hyun Oh.

Seung-Hyun Oh mengatakan institut ini diharapkan memberikan kembali harapan kepada masyarakat dengan menyediakan aksesibilitas bagi talenta muda dengan pengetahuan dan pengalaman dalam bisnis.

“Kami percaya pertumbuhan bisnis kedepannya akan signifikan. Di akademi ini kami akan mengembangkan keterampilan dan imajinasi mereka, dan percaya mereka dapat bersaing dengan talenta dalam bidang animasi di belahan dunia lainnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, sebagai pendidikan vokasi, akademi ini harus menjadi salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang ingin selangkah lebih maju dari yang lain.



Sumber: Majalah Investor