Bergenre Komedi, Star Stealer Menangi Viu Pitching Forum 2019

Bergenre Komedi, Star Stealer Menangi Viu Pitching Forum 2019
(dari kiri) Sutradara Lucky Kuswandi, penulis skenario Melisa Karim, Viu Head of Original Production Malaysia & Indonesia Sahana Kamath, Senior Vice President-Marketing Viu Indonesia Myra Suraryo, pemenang Viu Pitching Forum 2019 Aaron Timothy Soeharto, Founder Kalyana Shira Films Nia Dinata, Sutradara & Kabid Fasilitas Pembiayaan Film Badan Perfilman Indonesia Agung Sentausa, Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo, dan penulis skenario Devina Sofiyanti berfoto bersama pada pengumuman pemenang dari Viu Pitching Forum 2019 yang diumumkan di Aryaduta Lippo Karawaci, Tangerang, pada Sabtu (30/3/2019). ( Foto: Viu Indonesia / Dokumentasi )
Unggul Wirawan / WIR Minggu, 31 Maret 2019 | 16:51 WIB

Tangerang, Beritasatu.com- Bertepatan dengan peringatan Hari Film Nasional, Viu sebagai layanan OTT terkemuka, mengumumkan pemenang dari ajang Viu Pitching Forum (VPF) 2019 di Hotel Aryaduta Lippo Village, Karawaci, Sabtu (30/3). Ide cerita komedi berjudul Star Stealer karya Aaron Timothy terpilih sebagai pemenang.

“Terpilih menjadi salah satu finalis sudah menjadi satu kesempatan yang sangat berharga bagi saya. Saat melakukan pitching saya sempat tegang padahal cerita saya komedi. Jadi sangat mengejutkan juga ketika berhasil memenangkan Viu Pitching Forum 2019,” ungkap Aaron Timothy.

Star Stealer dinobatkan sebagai pemenang setelah dilakukan serangkaian kegiatan audisi berupa Dialog Film di 10 kota di Indonesia dan menerima ratusan ide cerita. Star Stealer akan segera diproduksi menjadi Viu Originals. Star Stealer menggagas tokoh Kania yakni seorang mahasiswa drop out. Dia harus membayar utang ayahnya dengan cara mengumpulkan dan menjual barang artis yang dicurinya.

“Ide di balik Star Stealer sangat unik dan dewan juri secara aklamasi memilihnya sebagai pemenang karena paling siap diproduksi menjadi 13 episode. Alur ceritanya segar menggambarkan kehidupan yang berkaitan dengan anak muda, target pemirsa Viu. Hal ini yang membuat cerita tersebut dipilih menjadi pemenang,” papar Nia Dinata, Sutradara, Produser, dan Juri Viu Pitching Forum.

Menurut Nia, secara keseluruhan, peserta tahun ini juga dinilai lebih matang. Selain mengangkat realitas yang menarik, banyak konsep cerita merefleksikan kehidupan anak muda yang tak bisa terlepas dari gadget dan dunia maya.

“Viu Pitching Forum, yang kini masuk di tahun ketiganya, telah berkembang dengan pesat. Kami berkomitmen untuk terus berinvestasi pada talenta lokal dengan memberikan mentorship yang tepat, pendanaan dan dukungan teknis dalam menghasilkan tayangan berkualitas tinggi,” timpal Senior Vice President Marketing Viu Indonesia, Myra Suraryo.

Kembangkan Talenta

Januari 2019 lalu, Viu Pitching Forum (VPF) adalah ajang tahunan yang didedikasikan untuk mengembangkan talenta dan ide-ide papan atas guna mengembangkan industri konten Indonesia serta menghasilkan Original Series bagi konsumen Indonesia yang menikmati tayangan lokal berkualitas tinggi.

“Sudah terbayang oleh saya Star Stealer akan digarap seperti apa dari sisi penulisan dan meyakini nantinya akan menjadi karya yang ditunggu,” kata Melissa Karim, Penulis naskah Profesional & Produser, salah satu juri Viu Pitching Forum.

Melalui proses ini, kata Melissa, sineas menemukan banyak ide cerita dari genre yang beragam, termasuk drama komedi, komedi romantis, thriller, drama keluarga, dan drama romantis. Para finalis dapat belajar bagaimana mempersiapkan satu proposal dan memaparkannya secara menarik bagi Produser Eksekutif.

Sejak tanggal 25 hingga 30 Maret 2019 lalu, 12 finalis terpilih telah mengikuti Workshop yang dibimbing oleh para mentor profesional di industri perfilman Indonesia seperti Sammaria Simanjuntak (sutradara dan produser), Andri Cung (penulis naskah), Aline Jusria (penyuntingan), Pritagita Arianegara (sutradara), Rohaya (dosen mata kuliah produksi FFTV IKJ-Kepala UPT Sinemaflex) dan Fadjar Hutomo (Deputi Akses Pemodalan Bekraf).

Lebih jauh, Fadjar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Bekraf, menyampaikan Bekraf mendukung inisiatif ini sebagai upaya untuk mengembangkan dan memperkaya konten lokal Indonesia. Ajang seperti ini cukup baik diperbanyak dan ditingkatkan agar industri kreatif Indonesia berkembang makin pesat.

Pada akhir dari Workshop, dewan juri yang terdiri dari Myra Suraryo (Viu Senior Vice President Marketing Viu Indonesia), Sahana Kamath (Viu Head of Original Production Malaysia & Indonesia), Nia Dinata (Sutradara, Produser, Pendiri Kalyana Shira Films), Melissa Karim (Penulis naskah, Produser), Lucky Kuswandi (Penulis naskah, Sutradara), Devina Sofiyanti (penulis skenario IKJ) dan Fadjar Hutomo (Deputi Akses Pemodalan Bekraf) akhirnya mengumumkan cerita Star Stealer karya Aaron Timothy sebagai pemenang.



Sumber: Suara Pembaruan