Dumbo Kuasai Tangga Box Office

Dumbo Kuasai Tangga Box Office
Dumbo. (Foto: Disney)
Dina Fitri Anisa / YUD Selasa, 2 April 2019 | 07:21 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Dumbo, film live-action pertama Disney di tahun ini mendapat cukup banyak perhatian. Sejak minggu pertama penayangan, film ini sudah mencetak box office dengan pencapaian sekitar US$ 45,9 juta (Rp 653,9 miliar), di 4.259 layar kawasan Amerika Utara. Sedangkan untuk pendapatan di pasar internasional, film ini mendapatkan angka US$ 73,4 juta (Rp 1 triliun).

Namun sayang, meskipun sudah mencapai puncak box office, ternyata film yang telah memakan biaya produksi sekitar US$ 170 juta (Rp 2,4 triliun) ini meleset dari perkiraan. Banyak pihak, termasuk Disney sudah berharap lama bahwa, pendapatan perdana Dumbo akan mencapai US$ 50 juta (Rp 712 miliar) untuk debut domestiknya.

Dumbo menjadi film ke-10 Disney dalam kategori adaptasi versi live-action sejak 101 Dalmations (1996). Jika dibandingkan sembilan film sebelumnya, pendapatan film garapan Tim Burton pada akhir pekan pembuka memang tidak terlalu besar, tetapi mampu melampaui Alice Through the Looking Glass (2016) dan Pete's Dragon (2016).

Film terlaris pada akhir pekan pertama sepanjang masa milik Disney adalah Beauty and the Beast (2017), yang juga menjadi film Amerika terlaris ke-14 di dunia sepanjang masa. Dengan jumlah pendapatan awal sekitar US$ 147,7 juta (Rp 2,4 triliun).

Sedangkan ulasan Dumbo dalam situs Rotten Tomatoes juga tidak memperlihatkan hal-hal yang menarik. Film ini hanya mendapatkan 49% dari 263 kritikus film, dengan nilai rata-rata 5,6/10.

"Dumbo dipegang oleh bakat visual milik Tim Burton yang canggih, tetapi ia memenuhi kanvas dan memberikan cerita yang terlalu padat. Sehingga membuat live-action remake ini lebih seperti karya cekatan daripada karya yang menakjubkan,” tulis kesimpulan kritik di situs tersebut.

Kemudian, untuk pemenang ke dua ditempati oleh film thriller, Us dengan pendapatan US$ 33,2 juta (Rp 473 miliar) di minggu ke dua. Berbeda dengan Dumbo, sejak awal film ini lahir ke layar bioskop, pendapatan awal Us justru melampaui target yang ditentukan.

Kini, Us telah berhasil mengumpulkan US$ 127,8 juta di kawasan domestik, dan US$ 46,3 juta di kawasan internasional. Dengan nilai tersebut, Us telah berhasil mengalahkan The Nun (2018) dan Paranormal Activity (2009).

Dengan modal produksi US$ 20 juta (Rp 285,1 miliar) Us juga mampu tercipta sebagai film horor yang mendapat banyak pujian. Peele adalah seorang komedian yang memang dikenal dengan ide-ide yang cerdas, segar, dan orisinil. Terbukti juga dalam situs Rotten Tomatoes film ini mendapatkan 94 persen tomat segar dari 397 kritikus, dengan rata-rata nilai 7,8/10.

“Us adalah penjelajahan lain yang mendebarkan tentang masa lalu dan penindasan yang masih ditakutkan oleh negara ini. Peele ingin Us berbicara, dan dia memberi audiens materi untuk berpikir, merasakan jalan cerita Us melalui beberapa sisi gelap dari kondisi manusia dan pengalaman Amerika,” tulis kritikus dari RogerEbert.com, Monica Castillo.

Kemudian, analis senior di Comscore, Paul Dergarabedian juga berkomentar, “Cukup dengan melahirkan dua film, Jordan Peele kini mengukuhkan dirinya sebagai 'brand' pencetak film horor berkualitas dan bisa mendatangkan untung besar di box office.”

Menurut para kritikus, kekuatan Us tidak hanya berpusat pada cerita garapan pria yang juga pernah menangani film Get Out, dan memenangkan Best Original Screenplay di Oscars saja. Namun juga, beberapa pemain film terbaik, juga dikerahkan di film ini. Mereka adalah, pemenang Oscar, Lupita Nyong'o dan juga Winston Duke. Ke dua bintang ini ternyata juga pernah berperan di film bergengsi, Black Panther.

Sedangkan Captain Marvel (Disney-Marvel) masih menambah pendapatan di minggu ke empat dengan US$ 46,9 juta (Rp 668 miliar). Kini, total pendapatan yang telah berhasil dikumpulkan US$ 990,6 juta (Rp 14,1 triliun).

Dibandingkan film-film box office Amerika selama 12 bulan terakhir, Captain Marvel berada di posisi keempat terlaris, yang dibawah Avengers: Infinity War, Incredibles 2, dan Jurassic World: Fallen Kingdom. Film ini juga masuk jajaran 10 film Marvel Cinematic Universe (MCU) terlaris. Dari total 21 film yang telah dirilis, Captain Marvel berada di posisi ketujuh terlaris di dunia. 

Daftar film box office, pekan pertama April 2019:

1. Dumbo (2019) – US$ 45 juta

2. Us - US$ 33,6 juta

3. Captain Marvel - US$20,5 juta

4. Five Feet Apart - US$ 6,2 juta

5. Unplanned - US$ 6,1 juta

6. Wonder Park - US$ 4,9 juta

7. How to Train Your Dragon: The Hidden World - US$ 4,2 juta

8. Hotel Mumbai - US$ 3,1 Juta

9. Tyler Perry's A Madea Family Funeral - US$ 2,7 juta

10 The Beach Bum - US$ 1,8 juta



Sumber: Box Office Mojo