Avengers: Endgame Sudah Ditonton 9 Juta Orang di Indonesia

Avengers: Endgame Sudah Ditonton 9 Juta Orang di Indonesia
Bank DKI gelar Nobar (Nonton Bareng) gratis Avengers : Endgame kepada 95 pengguna JakOne Mobile di CGV FX Sudirman, Jakarta (27/04/2019). ( Foto: Beritasatu Photo/Uthan )
Dina Fitri Anisa / FMB Senin, 6 Mei 2019 | 10:08 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Avengers: Endgame masih terus menampilkan performa perkasa di Box Office. Hanya dalam dua minggu setelah rilis, film ini berhasil mencetak pendapatan kotor seluruh dunia mencapai US$ 2,1 miliar (Rp 30 triliun). Berkat kesuksesannya tersebut, dalam Box Office dunia Endgame berhasil melesat langsung ke posisi dua, menggantikan Titanic (1997) sebagai film terlaris sepanjang masa. Avatar masih menjadi film terlaris sepanjang masa.

"Endgame akan menjadi sejarah dalam Box Office saat ini," kata Paul Dergarbedian, seorang analis senior di Comscore.

Mengulas usut pencapaian, nilai fantastis tersebut adalah hasil sumbangan dari teritori domestik yang menambahkan US$ 145,8 juta (Rp 2 triliun) dari 4.662 layar kawasan Amerika Utara di pekan kedua. Namun, jika dibanding dengan pekan pertama, pendapatan ini mengalami kemerosotan tajam sekitar 59,2 persen.

Jadi, hingga kini dalam teritori domestik, Endgame telah meraup hampir US$ 620 juta (Rp 8,8 triliun). Dengan angka tersebut, film yang bawaan Disney ini berhasil mengukir nama sebagai film domestik kesembilan dengan pendapatan terbesar sepanjang masa.

Jika ingin naik peringkat kelima terbesar, menyusul Avengers: Infinity War yang berada di posisi empat, film ini terlebih dulu harus mengalahkan pesaing tangguh. Diantaranya, film Star Wars: The Last Jedi (US$ 620,1 juta), Marvel's The Avengers (US$ 623,3 juta), Jurassic World (Rp 652,2 juta), dan terakhir Titanic (Rp 659,3 juta).

Para kritikus pun sulit menebak, seberapa tinggi film garapan duo sutradara, Joe Russo dan Anthony Russo akan terus meningkat. Namun sepertinya, Box Office Mojo meragukan bila Endgame dapat menghasilkan pendapatan domestik kotor yang mencapai US$ 900 juta.

Kemudian, membedah pendapatan kotor di kawasan internasional, kini Endgame telah mencapai angka US$ 1,5 miliar (Rp 21,4 triliun). Pasar internasional teratas tetap dikuasai oleh Tiongkok, di mana film ini sekarang meraup lebih dari US$ 575 juta (Rp 8,2 triliun), dan diikuti oleh Inggris US$ 89,9 juta (Rp 1,2 triliun).

Sedangkan di Indonesia sendiri, Indonesia rupanya juga menyumbangkan pundi cukup besar, yaitu US$ 30,9 juta (Rp 442,3 miliar). Menurut informasi, popularitas Endgame berhasil mencetak rekor di industri perfilman Indonesia, dengan menembus angka 9 juta penonton di seluruh Indonesia, terhitung 24 April 2019 hingga 3 Mei 2019.

Memang, sejak Infinity War usai, para pencinta film tidak sabar menanti kehadiran para jagoan Avengers untuk mengalahkan Thanos, dan mengembalikan keseimbangan semesta. Alhasil, film ke-22 Marvel Cinematic Universe (MCU) berhasil menjual 8.000 tiket menjelang perilisan film ini. Tentunya ini semakin membuat para pemilik teater bioskop bersemangat untuk lebih banyak membuka studio untuk pemutaran film yang berdurasi tiga jam ini.

Dalam posisi runner-up Box Office Mojo menemukan film thriller yang dirilis Sony bertajuk, The Intruder. Film ini berhasil mendapatkan sekitar US$ 11 juta (Rp 157,4 miliar) dari 2.222 lokasi penayangan. Film ini menerima "B-" dari CinemaScore di hari pembukaan.

Kemudian, dalam kesempatan yang sama rumah produksi Lionsgate juga merilis film terbaru bertajuk Long Shot. Film ini datang dengan ekspektasi yang lebih rendah, dan menghasilkan sekitar US$ 10 juta (Rp 143,1 miliar).

Pendapatan cukup rendah bilang filmini dikatakan sebagai salah satu judul terbaik di antara deretan film baru lainnya. Namun sayang, tidak semua penonton tertarik menonton Long Shot. Film ini menerima "B" CinemaScore

Beriku adalah daftar film Box Office:

1. Avengers: Endgame - US$ 145,8 juta.

2. The Intruder (2019) - US$ 11 juta.

3. Long Shot - US$ 10 juta.

4. Uglydolls - US$ 8,5 juta.

5. Captain Marvel - US$ 4,2 juta.

6. Breakthrough - US$ 3,9 juta.

7. The Curse of La Llorona - US$ 3,5 juta.

8. Shazam! - US$ 2,4 juta.

9. Little - US$ 1,4 juta.

10. Dumbo (2019) - US$ 1,4 juta.



Sumber: Suara Pembaruan