John Wick Gusur Posisi Avengers

John Wick Gusur Posisi Avengers
John Wick 3 ( Foto: istimewa / istimewa )
Dina Fitri Anisa / CAH Senin, 20 Mei 2019 | 08:33 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - John Wick, Chapter 3 - Parabellum akhirnya mampu menggusur posisi Avengers: Endgame di box office Amerika Utara. Film yang dibuka pada pekan ini tersebut berhasil meraup US$ 57 juta (Rp 823,6 miliar) di 3.850 layar kawasan Amerika Utara.

Pendapatan tersebut merupakan sebuah kejutan tersendiri bagi rumah produksi Lionsgate. Pasalnya, beberapa minggu lalu, situs boxoffice watchers mengatakan, waralaba film aksi laga itu kemungkinan akan memulai debut mencapai US$ 40 juta yang diklaim cukup untuk menggusur Avenger:Endgame.

Angka ini menjadi rekor tersendiri bagi franchise itu. Film pertamanya pada 2014 dibuka dengan angka US$ 14,4 juta, sekuelnya pada 2017 meraup US$ 30,4 juta pada debutnya.

Tidak lupa, pendapatan di pasar internasional juga tidak kalah menarik untuk diulas. Film ini mendapatkan sumbangan US$ 92,2 juta (Rp 1,3 triliun) dari 63 negara, termasuk Australia, Brasil, Rusia, Italia, Meksiko, Skandinavia, dan Inggris.

Pencapaian angka ini dinilai menarik untuk melihat dampaknya pada perkembangan masa depan franchise John Wick. Dikutip dari Screen Rant, pada pandangan pertama, Chapter 3 ini memiliki penampilan dan rasa entri akhir, terutama dengan premisenya, John Wick vs dunia.

Namun, Keanu Reeves dan sang sutradara Chad Stahelski, sudah mengatakan mereka siap membuat lagi film itu memiliki permintaan untuk menyaksikan bagaiman Baba Yaga (John Wick) melumpuhkan para musuhnya dengan cara yang brutal, sehingga John Wick mungkin belum siap untuk tenggelam.

Pada ulasan aggregator RottenTomatoes, film ini memiliki mendapatkan 89 persen respon positif berdasarkan 210 ulasan, dengan peringkat rata-rata 7.44 / 10. Konsensus kritis situs web itu menyimpulkan, "John Wick: Chapter 3 - Parabellum mengisi ulang untuk babak yang sulit dari koreografi, tindakan over-the-top yang lama diinginkan oleh penggemar permintaan waralaba."

Sedangkan pada Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 74 dari 100, berdasarkan 49 kritik, menunjukkan ulasan positif. Kemudian, penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata film "A–" pada skala A + ke F, sama dengan pendahulunya.

Sementara itu, memasuki pekan keempatnya, Avengers: Endgame berada di posisi kedua box office dengan mengantungi US$ 27 juta (Rp 390,1 miliar). Meskipun tersungkur ke posisi dua, tapi Avengers: Endgame masih menjadi perhatian di box office.

Film ini mengincar posisi Avatar sebagai film terlaris di dunia, dan pekan ini mereka berhasik mencapai tujuan tersebut. Dengan meraup US$ 770 juta (Rp 11,1 triliun) di box office Amerika Serikat, Avengers: Endgame jelas mampu melengserkan posisi film garapan James Cameron di pasar domestik. Avatar saat ini meraup US$760 juta di pasar domestik.

Namun, meski mampu menggusur Avatar, Endgame tidak akan mampu merenggut posisi nomor satu Star Wars: The Force Awakens di daftar film terlaris sepanjang masa di Amerika Serikat. The Force Awakens meraup US$ 936,6 juta. Angka ini jelas sangat jauh untuk disaingi Endgame.

Beralih ke posisi ke tiga, yang diisi oleh Pokemon Detective Pikachu dengan US$ 24,8 juta (Rp 358,3 miliar). Telah dua pekan berlalu, film ini telah berhasil mengumpulkan US$ 94 juta (Rp 1,3 triliun) dari kawasan domestik, dan US$ 112,4 juta (Rp 1,6 triliun) dari pasar internasional.

Kemudian, teman berbulu kembali ke bioskop akhir pekan ini dalam A Dog’s Journey, sekuel dari film yang rilis pada 2017, A Dog’s Purpose. Film keluarga itu hanya meraih US$ 8 juta (Rp 115,6 miliar), setelah sebelumnya diprediksi mendapat US$ 10 juta hingga US$ 14 juta, lebih kecil daripada film pertamanya. 

Berikut adalah daftar 10 film box office:

1. John Wick: Chapter 3 - Parabellum - US$ 57 juta

2. Avengers: Endgame - US$ 29,4 juta

3. Pokemon Detective Pikachu - US$ 24,8 juta

4. A Dog's Journey - US$ 8 juta

5. The Hustle - US$ 6 juta

6. The Intruder (2019) - US$ 4 juta

7. The Sun Is Also a Star - US$ 3,4 juta

8. Long Shot - US$ 2,6 juta

9. Poms - US$ 2 juta

10. Uglydolls - US$ 1,6 juta



Sumber: BeritaSatu.com