Aladdin Jadi Raja Box Office

Aladdin Jadi Raja Box Office
Naomi Scott dan Mena Massoud dalam film Aladdin (2019) ( Foto: imdb.com )
Dina Fitri Anisa / CAH Senin, 27 Mei 2019 | 09:09 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Tidak hanya berhasil menarik perhatian Putri Jasmine dari kerajaan Agrabah, ternyata Aladdin juga mampu menduduki tahta box office dalam waktu tiga hari penayangannya. Disutradarai oleh Guy Ritchie, film Aladdin berhasil meraih US$ 86,1 juta (Rp 1,2 triliun) di 4.476 layar selama akhir pekan Memorial Day.

Dengan perkiraan pendapatan tersebut, Aladdin mengalahkan pembukaan tiga hari untuk film blockbuster, Solo: A Star Wars Story tahun lalu, yang dibuka dengan US$ 84,4 juta. Tidak hanya itu, pendapatan tersebut juga berhasil melampaui estimasi angka pendapatan yang telah diramalkan sebelumnya, yaitu sekitar US$ 75 juta sampai US$ 85 juta.

Pun demikian, film dengan biaya produksi US$ 182 juta (Rp 2,6 triliun) rupanya belum mampu mengalahkan remake Disney lainnya. Mengingat The Jungle Book karya Jon Favreau memulai debutnya di box office dengan US$ 103 juta pada 2016 silam. Sedangkan Beauty and the Beast telah menghasilkan US$ 174 juta selama tiga hari pertama rilis.

Beralih ke pendapatan internasional, film ini pun mendapatkan perhatian meriah dengan pembuktian US$ 121 juta (Rp 1,7 triliun) telah mengalir ke kantong Aladdin. Pasar utama film akhir pekan ini adalah China di mana dibuka dengan US$ 18,7 juta diikuti oleh Meksiko US$ 9,2 juta, Inggris US$ 8,4 juta), sedangkan Indonesia US$ 4,9 juta.

Melalui Aladdin, tampaknya Disney ingin membuktikan kembali kekuatan cerita dongeng klasiknya yang telah berjuang keras. Aladdin menjadi film kedua dari tiga film reboot Disney yang dijadwalkan tayang tahun ini. Selain Aladdin, ada juga reboot Dumbo dan The Lion King.

Film ini bercerita tentang seorang pemuda jalanan yang tampan bernama Aladdin (Mena Massoud) yang kemudian jatuh cinta dengan Putri Jasmine yang diperankan Naomi Scott. Kehidupan Aladdin langsung berubah sejak bertemu dengan jin biru yakni diperankan aktor kawakan Wiil Smith.

Paket kisah nostalgia Aladdin berhasil menerima nilai "A" dari penonton di CinemaScore. Sedangkan dalam situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini memiliki angka yang tidak terlalu besar yakni, 58 persen berdasarkan 259 ulasan, dan peringkat rata-rata 5,85 / 10.

Konsensus kritis situs itu berbunyi, "Aladdin menceritakan kembali kisah materi sumber klasiknya dengan tontonan dan keterampilan yang cukup, bahkan jika itu tidak pernah mendekati kemegahan yang memukau dari animasi aslinya."

Di tempat kedua adalah rilis Lionsgate dari John Wick: Chapter 3 - Parabellum dengan perkiraan US$ 24,35 juta (Rp 350,4 miliar) di akhir pekan lalu. Pendapatan ini pun mendorong keuntungan film lebih dari US$ 100 juta setelah sepuluh hari rilis.

Dengan kinerja akhir pekan ini, Wick 3 sudah menjadi film terlaris di waralaba, sehingga tidak heran membuatnya Lionsgate berencana kembali menggarap John Wick: Bab 4 untuk Mei 2021. Bahkan, kini film Wick ketiga sedang mengimbangi orang-orang seperti Mission: Impossible - Rogue Nation dan Jason Bourne dalam kekuatan karakter di box office.

Sedangkan secara internasional, Wick menambahkan sekitar US$ 24,8 juta (Rp 356,9 miliar) dari 74 pasar akhir pekan ini, mendorong akumulasi pendapatan di seluruh dunia yang melampaui US$ 175 juta (Rp 2,5 triliun).

Beralih ke posisi ke tiga, film ini rupanya juga membuat Disney senang bukan kepalang. Siapa lagi jika bukan, Avengers: Endgame Film yang telah mencetak banyak rekor ini kembali menambahkan US$ 16,8 juta (Rp 241,8 miliar).

Kinerja tersebut akan cukup untuk memberikan film lebih dari US$ 800 juta (Rp 11,5 triliun) di dalam negeri, bergabung dengan Star Wars: The Force Awakens sebagai satu-satunya film domestik yang pernah mencapai lebih dari US$ 900 juta di box office domestik. Kemudian, secara internasional, Endgame menambahkan US$ 15,3 juta (Rp 220 miliar) akhir pekan ini dari 54 pasar dengan total internasional. 

Berikut 10 film box office

1. Aladdin - US$ 86,1 juta

2. John Wick: Chapter 3 - Parabellum - US$ 24,3 juta

3. Avengers: Endgame - US$ 16,8 juta

4. Pokemon Detective Pikachu - US$ 13,3 juta

5. Brightburn - US$ 7,5 juta

6. Booksmart - US$ 6,5 juta

7. A Dog's Journey - US$ 4 juta

8. The Hustle - US$ 3,8 juta

9. The Intruder (2019) - US$ 2,2 juta

10. Long Shot - US$ 1,5 juta



Sumber: BeritaSatu.com