The Secret Life of Pets 2 Jawara di Box Office

The Secret Life of Pets 2 Jawara di Box Office
Film animasi The Secret Life of Pets 2, yang dibintangi Kevin Heart dan Harrison Ford berhasil menduduki posisi pertama di box office Amerika Utara. ( Foto: imdb.com )
Dina Fitri Anisa / EAS Senin, 10 Juni 2019 | 14:43 WIB

Los Angeles,Beritasatu.com - The Secret Life of Pets 2 diharapkan mampu mengikuti kesuksesan film pertamanya pada 2016. Kala itu filmThe Secret Life of Pets sukses mengantongi pendapatan sebesar US$ 104 juta (Rp 1,4 triliun). Terbukti kali ini sekuel kedua film tentang perasaan binatang peliharaan garapan rumah produksi Universal and Illumination, sukses mengantongi pendapatan sebesar US$ 47,1 juta (Rp 669,8 miliar) dari 4.561 layar bioskop di kawasan Amerika Utara.

Di pasar global, film The Secret Life of Pets 2 (Pets) yang sudah mulai tayang dua minggu lalu, mendapatkan US$ 97 juta (Rp 1,3 triliun) dari 21 negara. Pasar teratas dari film ini adalah Rusia yang menyumbang US$ 17 juta (Rp 241,7 miliar), disusul dengan Belanda, Vietnam, dan Italia. Sedangkan di Indonesia, film ini rencana tayang pada Jumat, 14 Juni 2019.

Dari segi kualitas, Pets 2 menerima tanggapan yang cukup baik. Nilai A- diberikan CinemaScore, dengan rata-rata penonton 57% perempuan. Sedangkan situs Rotten Tomatoes, memberikan nilai 5,6/10 dengan kesimpulan, film ini tidak mengajarkan bintang-bintang animasi trik-trik naratif baru. Tetapi bagi penggemar orisinal, sekuel yang lucu dan energik ini masih bisa memuaskan.

Pada posisi kedua box office ditempati X-Men: Dark Phoenix. Film ke-12 dan terakhir dari waralaba X-Men ini diklaim meraup US$ 33 juta pada perdana mereka di akhir pekan. Angka ini berada di bawah dari perkiraan awal Disney antara US$ 40 juta (Rp 570 miliar) hingga US$ 50 juta (Rp 713 miliar). Angka ini juga diklaim sebagai salah satu pendapatan terendah yang pernah ada sepanjang 20 tahun waralaba ini dibangun.

Dark Phoenix menjadi film X-Men pertama yang didistribusikan oleh Disney. Film ini juga menjadi sekuel dari X-Men: Apocalypse pada 2016 silam, yang meraup US$ 65 juta (Rp 926 miliar) dari penayangan perdana dan US$ 543 juta (Rp 7,7 triliun) dari pendapatan di seluruh dunia.

Selain pendapatan di bawah perkiraan, film dengan biaya produksi selangit US$ 200 juta (Rp 2,8 triliun) ini juga mendapatkan ulasan yang cukup buruk. Pasalnya film ini mendapatkan skor 4,5/10 dari Rotten Tomatoes. Dengan kesimpulan, ulasan Dark Phoenix mengakhiri era waralaba X-Men dengan mengambil langkah kedua mengadaptasi busur komik klasik, dengan hasil yang sangat mengecewakan.

Pun demikian, film yang disutradarai oleh Simon Kinberg ini masih bisa berharap merebut posisi pertama, mengingat masih banyak negara-negara yang belum memutar film ini.

Bertahan
Selanjutnya, di posisi tiga Aladdin (2019) masih bertahan. Meskipun mendapati penurunan pendapatan sekitar 42 %, Aladdin masih bisa mengantongi US$ 24,5 juta (Rp 348 miliar) dari 3.805 layar.

Berkat pesona dari tiga tokoh utama, Will Smith, Naomi Scott, Mena Massoud, Aladdin mampu bersanding di posisi ke dua film drama musikal paling laris sepanjang masa, yang telah lama dipimpin oleh Beauty and the Beast (2017).

Kekuatan Aladdin ini nyatanya juga mampu mendorong Godzilla: King of the Monsters yang hanya meraih US$ 15,5 juta (Rp 220 miliar). Bahkan pada pekan ke dua ini, film yang disutradarai oleh Michael Dougherty pendapatannya turun 67%.



Sumber: Suara Pembaruan