Fedi Nuril Tampil Beda di Film Mendadak Kaya

Fedi Nuril Tampil Beda di Film Mendadak Kaya
Aktor, Fedi Nuril. ( Foto: Beritasatu Photo / Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / FER Jumat, 14 Juni 2019 | 15:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tampil berbeda menjadi sosok Doyok dalam film Mendadak Kaya, rupanya menjadi peluang positif bagi Fedi Nuril (36). Tidak hanya mendapat pengalaman baru, karakter yang diadaptasi dari komik strip harian Pos Kota ini ternyata membuat dirinya lebih berhati-hati dalam mejaga ucapan.

Fedi menjelaskan, karakter Doyok adalah orang Jawa tulen yang sangat tertarik dengan berita-berita politik, serta gemar mengkritik kebijakan-kebijakan pemerintah. Bagi Fedi, inilah tantangan terberatnya. Sebab, belakangan terakhir kondisi politik di Indonesia sedang hangat, dan dirinya takut akan menyinggung pihak tertentu.

"Saya lebih takut karena karakter Doyok gemar mengkritik pemerintah. Saya takut kalau nanti jokes-nya salah tempat, karena sekarang sudah ada Undang-undang ITE. Karena sekarang itu tidak bisa ditebak, siapa saja bisa tersinggung," terang Fedi Nuril usai pemutaram perdana film Mendadak Kaya, di Jakarta Selatan, Kamis (13/6).

Demi mengurangi risiko tersebut, Fedi Nuril melakukan diskusi dengan sang sutradara, Anggi Umbara untuk menyaring mana naskah yang aman. Bahkan, ia membocorkan saat improvisasi terjadi, dan Fedi 'keceplosan' tentang kritik yang sensitif, dengan sigap Anggi pun langsung memotongnya.

Dalam kehidupan nyata, Fedi mengakui bahwa mungkin ada beberapa kesamaan antara dirinya dengan Doyok. Fedi adalah sosok yang update terhadap situasi di sekitar. Menurutnya, orang yang update terhadap informasi sekaligus kritis sepeti Doyok adalah kualitas yang harus dimiliki oleh orang zaman sekarang. Dia pun mengembani nilai Doyok ini dalam kehidupannya.


"Kita harus perhatian terhadap sekeliling kita mulai dari lingkup yang kecil sampai yang besar dan kita harus selalu kritis terhadap sesuatu yang janggal. Kalau kita tidak mengerti dengan bertanya itu bisa jadi ngerti. Itu salah satu nilai yang saya ambil dari karakter Doyok. Jadi tidak langsung telan informasi gampang apalagi dengan hoax yang setiap hari seliweran," pungkas Fedi Nuril.





Sumber: BeritaSatu.com