Toys Story 4 dan Annabelle di Puncak Box Office

Toys Story 4 dan Annabelle di Puncak Box Office
Boneka Annabelle disimpan dalam wadah kaca yang berasal dari gereja tertua dan sudah diberkati oleh pastor. ( Foto: imdb.com )
Dina Fitri Anisa / FMB Senin, 1 Juli 2019 | 09:55 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Di bagian atas tangga box office, kesuksesan Disney dan Pixar's yaitu Toy Story 4 kembali terulang. Setelah dua minggu penayangan, film ini masih mampu mengumpulkan US$ 57,9 juta (Rp 816,3 miliar) di kawasan AS.

Meski memimpin, pendapatan di atas rupanya mengalami penurunan yang cukup drastis dari minggu sebelumnya, yaitu sekitar 52 persen. Namun, jika ditotal, kesuksesan Toys Story 4 di 4.575 layar mencapai US$ 236,9 juta (Rp 3,3 triliun).

Menilik dari tangga film terlaris tahun ini, total angka pendapatan domestik tersebut rupanya berhasil menduduki di kursi nomor enam. Beberapa film yang berhasil dilewati adalah, Mission: Impossible - Fallout, Ant-Man and the Wasp, dan Bohemian Rhapsody.

Sedangkan di pasar internasional, film yang disutradarai oleh Josh Cooley ini mencapai US$ 259,6 juta (Rp 3,6 triliun). Pengasilan tertinggi disumbangkan dari Meksiko, yaitu sebesar US$ 23,8 juta (Rp 335,5 miliar).

Beralih ke posisi dua, diduduki oleh film horor terbaru bertajuk, Annabelle Comes Home. Teror mencekam yang dijanjikan sang saturadara, Gary Dauberman hanya mampu menarik pendapatan sebesar US$ 31,2 juta (Rp 439,9 miliar) di 3.613 layar.

Angka ini diklaim sesuai dengan perkiraan awal yang menempatkan film dalam kisaran US$ 30 juta (Rp 423 miliar). Namun, bila dibandingkan dengan dua sekuel sebelumnya, pendapatan perdana seri kali berada di posisi terakhir. Seri pertama, Annabelle mendapat US$ 37,1 juta, dan seri kedua Annabelle Creation menghasilkan US$ 35 juta.

Begitupun dalam tangga Conjuring Universe yang dipimpin oleh The Conjuring (2013), dari enam film yang tergabung, Annabelle Comes Home juga mendapatkan penghasilan dengan jumlah terburuk.

Menurut para kritikus, kualitas film ini memang biasa-biasa saja. Situs Cinemascore memberikan nilai ‘B-’, sedangkan Rotten Tomatoes memberikan angka rata-rata 6/10 dari 114 kritikus.

Kesimpulan ulasan dari Rotten Tomatoes menuliskan, “Menyenangkan bagi penggemar bahkan jika itu tidak menakutkan seperti beberapa pendahulunya, Annabelle Comes Home menunjukkan masih ada beberapa kehidupan yang tersisa di waralaba Conjuring.”

Setelah Annabelle, film baru milik Universal bertajuk,Yesterday turut bersaing. Film yang dibanjiri dengan lagu-lagu The Beatles ini mendapatkan US$ 17 juta (Rp 239,7 miliar) di 2.603 layar kawasan Amerika Utara.

Sejumlah kritikus menyebut film dengan modal US$ 26 juta (Rp 366,6 miliar) ini memiliki premis menarik. Yesterday dibintangi Himesh Patel, Lily James, Kate McKinnon, dan musisi peraih Grammy, Ed Sheeran. Film Yesterday mengisahkan Jack Malik (Himesh) seorang musisi yang berupaya mewujudkan mimpi.

Film ini menjelaskan bahwa dunia yang tak mengenal The Beatles. Padahal faktanya, The Beatles musisi dengan lagu terbanyak di puncak tangga lagu Billboard. Hingga kini, ada 20 lagu The Beatles di puncak tangga Billboard.

Fakta menarik lainnya mengenai film Yesterday, ternyata menyebabkan produksi film Bond ke-25 mundur. Danny Boyle yang awalnya didapuk menjadi sutradara film Bond ke-25 memutuskan mundur. Ia lebih memilih menggarap Yesterday. Dalam sesi wawancara dengan Variety bulan ini, Danny mengaku tak menyesal meninggalkan proyek Bond ke-25. 

Berikut adalah deretan box office terkini:

1. Toys Story - US$ 57,9 juta

2. Annabelle Comes Home - US$ 31 juta

3. Yesterday - US$ 17 juta

4. Aladdin (2019) - US$ 9,3 juta

5. The Secret Life of Pets 2 - US$ 7 juta

6. Men in Black International - US$ 6,5 juta

7. Avengers: Endgame - US$ 5,5 juta

8. Child's Play (2019) - US$ 4,2 juta

9. Rocketman - US$ 3,8 juta

10. John Wick: Chapter 3 - Parabellum - US$ 3,1 juta



Sumber: Suara Pembaruan