Sosok Nyoman Wenten dalam Film "Bali: Beats of Paradise"

Sosok Nyoman Wenten dalam Film
I Nyoman Wenten, aktor film "Bali:Beats of Paradise" di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2019). ( Foto: Beritasatu.com / Winda Ayu Larasati )
Winda Ayu Larasati / WIN Jumat, 19 Juli 2019 | 20:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - I Nyoman Wenten, seorang seniman asal Bali berhasil memperkenalkan seni dan budaya Indonesia di mata dunia.

Tinggal bersama keluarga seniman di sebuah desa di Badung, Bali membuat Wenten memutuskan untuk bersekolah musik di Bali. Wenten kerap berhasil menampilkan tarian dan musik gamelan dengan baik hingga mendapatkan tawaran beasiswa musik di salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat hingga menjadi pengajar etnomusikologi di University of California Los Angeles (UCLA) dan CalArts School hingga kini.

Ia mengaku saat mengajar di Negeri Paman Sam itu menggunakan pakaian khas Bali, Jawa dan lainnya. Tidak hanya Bali, Ia pun memperkenalkan budaya lain seperti Jawa dan Sunda.

Selain itu, Wenten juga berkolaborasi dengan musisi Judith Hill yang memenangkan Grammy Award yang pernah berkolaborasi dengan Michael Jackson dan Stevie Wonder.

Kisah hidup Wenten menginspirasi sineas muda mendunia asal Jawa Timur Livi Zheng. Livi mengemas kisah hidup Wenten melalui film garapannya "Bali:Beats of Paradise" yang akan tayang secara serentak di Jakarta pada 22 Agustus 2019.

Pria berusia 73 tahun tersebut merasa bangga dan gembira melakoni dirinya sendiri di dalam film tersebut. Ia pun berterima kasih dengan Livi. Ia juga bangga memperkenalkan seni dan budaya Indonesia ke mancanegara. Walau telah sukses di Negeri Paman Sam, Wenten tetap rendah hati. Sukses selalu Wenten dan Livi!



Sumber: BeritaSatu.com