Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw Melaju di Box Office

Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw Melaju di Box Office
Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw ( Foto: ist )
Dina Fitri Anisa / YUD Senin, 5 Agustus 2019 | 06:48 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Rumah produksi Universal kembali menawarkan hiburan baru dengan merilis spin-off Fast & Furious, bertajuk Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw. Tidak memiliki saingan yang kuat, film ini dapat dengan mudah menduduki puncak box office dengan perolehan, US$ 60,8 juta (Rp 865,2 miliar) di 4.253 layar kawasan domestik.

Meski berada di puncak, pencapaian tersebut rupanya belum bisa melampaui pendapatan perdana seri film sebelumnya. Dengan jumlah layar yang lebih sedikit, Furious 7 (2015) bisa meraih US$ 147 juta pada penayangan perdana.

Akhirnya, spin-off dengan anggaran bombastis, yaitu sekitar US$ 200 juta (Rp 2,8 triliun) ini diharapkan memberikan hasil imbang yang lebih besar di luar negeri, di mana franchise aksi ini sangat populer.

Secara internasional, Hobbs & Shaw akan diluncurkan di 63 pasar akhir pekan ini termasuk Inggris & Irlandia, Jerman, Rusia, Meksiko, Brasil, Australia, dan Jepang. Peluncuran internasional berlanjut hingga bulan Agustus dengan tujuh wilayah tambahan, termasuk Cina pada 23 Agustus.

Jika mengintip penghasilan saat ini di pasar internasional, Hobbs & Shaw memulai dengan US$ 120 juta (Rp 1,7 triliun). Bila ditotal, pendapatan kotor film ini mencapai US$ 180,8 juta (Rp 2,5 triliun). Angka tersebut merupakan peluncuran global terlaris kelima Universal, di belakang The Fate of the Furious, Jurassic World, Furious 7 dan Fifty Shades of Grey.

Film ini berlatar dua tahun setelah Dominic Toretto dan kawanannya mengalahkan Chiper pada The Fate of the Furious alias Furious 8 (2017). Saat itu, agen federal Luke Hobbs (Dwayne Jhonson) dan mantan tentara bayaran Deckard Shaw (Jason Statham) berpisah pada dua arah yang berbeda.

Namun, dalam keadaan terdesak, keduanya terpaksa bersatu untuk membantu Hattie Shaw (Vanessa Kirby) memburu Brixton (Idris Elba). Brixton adalah penjahat jenis baru yang berhasil mengubah dirinya menjadi manusia super. Keberadaanya menjadi ancaman bagi umat manusia.

The Fast and Furious Presents : Hobbs & Shaw merupakan film yang disutradarai oleh David Leitch (Deadpool 2). Selain Dwayne Jhonson dan Jason Statham, beberapa pemain ternama lain, seperti Idris Elba, Helen Mirren, dan Vanessa Kirby juga terlibat dalam film ini. Di luar itu terdapat juga pemeran cameo yang diisi oleh dua nama besar, yaitu Ryan Reynolds dan Kevin Hart.

Berdasarkan penilaian yang telah diunggah dibeberapa situs agregator, film ini mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Nilai ‘A-’ diberikan oleh Cinemascore, sedangkan dari Rotten Tomatoes, film ini memiliki penilaian sebesar 71% berdasarkan 152 ulasan, dengan peringkat rata-rata 6.18/10. Konsensus kritis situs web itu berbunyi, "Hobbs & Shaw tidak setinggi film-film Fast Furious terdahulu, tetapi mendapatkan cukup bagus untuk ditonton.”

Sedangkan di peringkat ke dua masih dipertahankan oleh The Lion King yang mendapatkan US$ 38 juta (Rp 540 miliar). Meski bertahan, pendapatan tersebut menangalami penurunan yang drastis, sekitar 50 persen dari pendapatan minggu sebelumnya.

Kini, setelah tiga pekan penayangan film garapan Jon Favreau ini berhasil mencetak US$ 430,8 juta di kawasan domestik, dan US$ 764,9 juta di pasar internasional. Jika ditotal, pendapatn kotor film ini mencapai US$ 1,1 miliar (Rp 15,6 triliun).

Kemudian, di posisi ke tiga ditempati oleh Once Upon a Time in Hollywood. Film yang mengususng genre drama komedi ini berhasil meraih US$ 20 juta (Rp 284,6 miliar) di 3.659 layar kawasan domestik saja. Film ini belum melebarkan sayap untuk diputar di pasar internasional. 

Daftar 10 film box office:

1. Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw - US$60,8 juta

2. The Lion King - US$38,2 juta

3. Once Upon a Time in Hollywood - US$20 juta

4. Spider-Man: Far from Home - US$7,7 juta

5. Toy Story 4 - US$7,1 juta

6. Yesteday - US$2,4 juta

7. The Farewell - US$2,4 juta

8. Crawl - US$2,1 juta

9. Aladdin - US$2 juta

10. Annabelle Comes Home - US$875 ribu



Sumber: Suara Pembaruan