Angel Has Fallen Jawara di Box Office

Angel Has Fallen Jawara di Box Office
Morgan Freeman dan Gerard Butler dalam sekuel film Angel Has Fallen (2019) ( Foto: imdb.com )
Dina Fitri Anisa / EAS Senin, 26 Agustus 2019 | 14:57 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Film aksi persembahan Lionsgate, Angel Has Fallen, di pekan perdananya sukses merebut posisi pertama di box office kawasan Amerika Utara. Film sekuel ketiga ini mampu melampaui espektasi, setelah menerima US$ 7,9 juta dalam penjualan tiket domestik pada Jumat (23/8), di akhir pekan, film ini berhasil mengumpulkan total pendapatan sebanyak US$ 21,2 juta (Rp 302,8 miliar) dari 3.286 layar.

Para kritikus memperkirakan pendapatan awal trilogi seri Fallen ini berada dalam kisaran US$ 12 juta hingga US$ 16 juta. Namun, karena kekuatan para bintang yang tersohor, membuat pendapatan film dengan biaya produksi US$ 40 juta (Rp 571 miliar) meroket.

Pada seri sebelumnya, London Has Fallen (2016), dibuka dengan US$ 21,6 juta. Sedangkan film pertamanya, Olympus Has Fallen (2013), memperoleh penghasilan yang lebih tinggi lagi, US$ 30 juta. Diprediksi, penurunan pendapatan di pekan pertama film ketiga Fallen terjadi karena formula yang digunakan Ric Roman Waugh terkesan monoton, alias tidak ada kebaruan. Situs film Rotten Tomatoes memberikan 39% pendapat kurang memuaskan, dengan perkiraan nilai rata-rata 4,98 / 10.

"Film ini hanya potongan cerita dari pendahulunya. Angel Has Fallen melengkapi trilogi aksi yang sebagian besar dilupakan dengan cara yang biasa-biasa saja," tulis kritikus di situs tersebut.

Kemudian, situs Metacritic juga memberikan nilai yang hampir serupa, yaitu 45 dari 100. Sedangkan berdasarkan survei penonton melalui Cinemascore, film ini meraih ponten "A–" pada skala A + ke F. Skor sama yang diperoleh para pendahulunya.

Todd McCarthy dari The Hollywood Reporter mengatakan, film ketiga ini mungkin tidak jauh lebih baik dari dua seri pertamanya, tetapi sebenarnya lebih menyenangkan film pertama.

Posisi Dua

Jauh di belakang pendapatan Angel Has Fallen, pada posisi kedua box office diduduki oleh hit komedi Universal, Good Boys. Setelah mendominasi box office akhir pekan lalu, di minggu kedua film ini menghasilkan US$ 11,7 juta (Rp 167,1 miliar).

Disusul peringkat ketiga, dikuasai film baru dari Sony Pictures bertajuk, Overcomer. Film berbasis agama ini di pekan perdana mampu memberikan penjualan tiket domestik sebesar US$ 8,2 juta (Rp 117,1 miliar), dengan bujet produksi sekitar US$ 5 juta saja.

Sementara posisi keempat, Lion King masih kukuh mempertahankan tempat di lima besar box office. Meski sudah enam pekan berlalu, film ini masih mampu menarik penonton hingga dapatkan US$ 8,1 juta (Rp 115,7 miliar).

Mengakhiri peringkat lima besar, Hobbs & Shaw juga tidak kalah membawa pulang kesuksesan. Menuju pekan keempat, film ini masih mendapatkan US$ 8,1 juta (Rp 115,7 miliar). Untuk total pendapatan, film Hobbs & Shaw meraih US$ 147,7 juta (Rp 2 triliun) dari pasar domestik, dan sumbangan dari pasar internasional sebanyak US$ 441,2 juta (Rp 6,2 triliun). 

Berikut 10 film box office:
1. Angel Has Fallen - US$ 21,2 juta
2. Good Boys - US$ 11,7 juta
3. Overcomer - US$ 8,2 juta
4. Lion King - US$ 8,1 juta
5. Fast & Furious Presents:Hobbs & Shaw - US$ 8,1 juta
6. Ready or Not - US$ 7,5 juta
7. The Angry Birds Movie 2 - US$ 6,3 juta
8. Scary Stories to Tell in the Dark - US$ 6 juta
9. Dora and the Lost City of Gold - US$ 5,2 juta
10. Once Upon a Time in Hollywood - US$ 5 juta



Sumber: Suara Pembaruan