Film Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Piala Oscar 2020

Film Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Piala Oscar 2020
Aktris senior Christine Hakim selaku ketua Komite Oscar 2019 saat melakukan jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa, 17 September 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Chairul Fikri )
Chairul Fikri / CAH Rabu, 18 September 2019 | 07:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ajang penganugerahan film tingkat internasional bertajuk Piala Oscar 2020 kini mulai mengikutsertakan film di beberapa negara di dunia. Masing-masing negara akan mewakilkan satu filmnya di ajang Piala Oscar 2020 dalam kategori '92nd Oscars International Feature Film Awards' atau yang sebelumnya di sebut The Oscars Foreign Language Film.

Di Indonesia, Pihak Komite Oscar 2019 (The Indonesian Academy Awards Selection Committee) yang beranggotakan para sineas, produser, kritikus dan wartawan selama beberapa bulan belakangan telah menyeleksi tiga dari 99 film Indonesia yang beredar sejak Oktober 2018 hingga September 2019. Nantinya dipilih satu untuk mewakili Indonesia diajang tersebut.

Berdasarkan hasil keputusan pihak Komite Oscar 2019, film berjudul Kucumbu Tubuh Indahmu karya sutradara Garin Nugroho yang dipilih untuk mewakili Indonesia diajang Piala Oscar 2020 mendatang. Film tersebut mengalahkan dua pesaingnya yakni Ave Maryam karya sutradara Robby Ertanto dan 27 Steps Of May karya sutradara Ravi Bharwani.

Hal itu diungkapkan aktris senior Christine Hakim selaku ketua Komite Oscar 2019 saat melakukan jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2019).

"Berdasarkan penilaian tim Komite Oscar 2019, yang menyeleksi 99 film yang beredar sejak Oktober 2018 hingga September 2019 beberapa hari lalu kami telah memutuskan untuk memilih 3 buah film yang akan bersaing untuk mendapatkan satu jatah kursi diajang Piala Oscar 2019. Berhasilkan penjurian ketat, akhirnya kami memilih film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku karya sutradara Garin Nugroho untuk mewakili Indonesia diajang '92nd Oscars International Feature Film Awards' yang akan diadakan tahun 2020 mendatang," ungkap Christine Hakim.

Ditambahkan Christine Hakim, pihak Komite Oscar 2019 memilih film karya Fourcolours Films tersebut dinilai sangat artistik dan local content-nya tentang Indonesia sangat kuat. Hal itulah yang kemudian membuat film tersebut dianggap layak mewakili Indonesia diajang Piala Oscar 2020 mendatang.

"Film Kucumbu Tubuh Indahku menggunakan semua medium film yang ada, hingga medium paling subtil, yaitu batin atau rasa, bukan hanya dialog semata. Bahkan adegan percintaan di film ini tidak digambarkan secara verbal dan kasar, tapi lewat bahasa simbol yang pas," ungkap Christine Hakim.

Ditambahkannya, Film karya sutradara Garin Nugrohi itu juga dianggap menampilkan wajah masyararakat Indonesia secara nyata tanpa dibuat-buat. Hal itu bisa juga dijadikan media promosi pariwisata bagi Indonesia.

"Komite Oscar 2019 menilai setiap festival film mempunyai karakter. Dan berdasarkan pertimbangan itu, Komite Oscar 2019 akhirnya secara aklamasi memilih film Kucumbu Tubuh Indahku untuk mewakili Indonesia diajang Piala Oscar 2020 mendatang untuk kategori International Feature Film Award atau Foreign Language di Oscar 2020 karena kami menilai film itu cocok dengan karakter festivalnya. Tidak ada urusan lain, apalagi pilihan politik ketika menetapkan film Kucumbu Tubuh Indahku sebagai pilihan kami, kecuali estetika semata," tandasnya.

Pihak Komite Oscar 2019 yang beranggotakan Christine Hakim sebagai ketua, Komite Seleksi Oscar 2019 juga beranggotakan Sheila Timothy selaku sekretaris, produser Firman Bintang, aktor serbabisa Reza Rahadian dan Mathias Muchus, serta produser dan sutradara Lola Amaria, dan Roy Lolang. Selain itu Sutradara Benny Setiawan dan Adisurya Abdy, Fauzan Zidni, hingga pengamat film Benny Benke, serta Alim Sudio dan penata musik Thoersi Argeswara juga menjadi anggota Komite Oscar 2019.

Film Kucumbu Tubuh Indahku sendiri berhasil menyisihkan 99 film yang dinilai, dimana film tersebut dibagi dalam beberapa genre seperti 41 judul dari film bergenre drama, 34 judul film horor, dan sisanya 24 judul genre komedi. Film Kucumbu Tubuh Indahku sendiri dimainkan oleh para aktor dan aktris seperti Muhammad Khan, Raditya Evandra, Sujiwo Tejo, Randy Pangalila, Endah Laras



Sumber: BeritaSatu.com