Meningkatkan Kualitas Film Indonesia, Mouly Surya Ajak Sutradara Berkompetisi

Meningkatkan Kualitas Film Indonesia, Mouly Surya Ajak Sutradara Berkompetisi
Mouly Surya ( Foto: dina fitri anisa )
Dina Fitri Anisa / EAS Senin, 23 September 2019 | 05:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Demi meningkatkan kualitas perfilman nasional, sutradara Mouly Surya (39) menilai, dibutuhkan wadah kompetisi untuk sineas muda. Hal ini penting karena dengan mengikuti kompetisi, para sineas bisa mengasah potensi dan membuka perspektif baru.

"Kompetisi sangat bagus, problem kita adalah masalah wadah. Kita punya banyak potensi, tetapi banyak yang tidak tersalurkan. Program kompetisi bisa membangun potensi di industri kita yang masih berkembang,” jelasnya kepada Beritasatu.com, di kawasan Jakarta Pusat, pekan lalu.

Tahun ini, untuk ketiga kalinya Mouly dipercaya mewakili Indonesia untuk menjadi juri di kompetisi HOOQ Filmmakers Guild. Menurutnya, gairah sineas muda Indonesia semakin tinggi untuk mengikuti kompetisi se-Asia Tenggara itu melalui karya episodik.
Indonesia memiliki kekuatan keberagaman kultur dan karakter dalam setiap cerita yang dibuat. Pun demikian, Indonesia memiliki saingan berat, yaitu Singapura dan India. Ia menjelaskan, meski Singapura negara yang kecil, tapi mereka memiliki potensi penulis skenario yang baik.

Sedangkan India memiliki industri film yang sudah tua umurnya, sehingga memiliki industri yang kuat. Jadi tidak heran, sudah setumpuk pengalaman yang bisa mereka pelajari lebih jauh untuk membuat film yang menarik minat penonton.

"Akhirnya kita melihat, kualitas SDM. Awalnya pendidikan dan menurut saya, dari Singapura menarik karena mereka punya edukasi yang sangat maju jadi terlihat di karya-karya mereka saat submisi. Namun keuntungannya, saat kita bersaing sama orang Singapura yang pendidikannya lebih bagus dari kita dan juga India, menurut saya itu bisa menjadi motivasi positif buat filmmaker muda Indonesia untuk memulai,"papar sutradara film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak ini.



Sumber: BeritaSatu.com