Empat Karakter Joker Tersadis di Dunia

Empat Karakter Joker Tersadis di Dunia
Heath Ledger memerankan Joker di film Batman, The Dark Night (2008). ( Foto: istimewa )
Elvira Anna Siahaan / EAS Rabu, 2 Oktober 2019 | 14:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Oktober 2019 akan menjadi bulan terindah bagi penggemar film komik DC. Film yang paling dinanti, Joker (2019) mulai tayang hari ini, Rabu (2/10) di bioskop di Indonesia. Film yang juga menuai banyak kontroversi karena menceritakan soal seorang pria dengan gangguan mental ini diprediksi akan menghiasi nominasi Oscar 2020 mendatang.

Film Joker yang sudah digarap puluhan kali, sejak tahun 1940 silam, pemeran utamanya selalu mengundang perhatian. Bahkan, sosok badut psikopat yang menjadi musuh Batman ini telah beberapa kali mengalami perubahan pemain, baik dalam serial TV maupun film layar lebar. Lebih dari lima aktor pernah mendalami karakter Joker, namun berdasarkan pantauan Beritasatu.com dari berbagai sumber, ada empat pemain yang dinilai paling fenomenal di kancah perfilman dunia. Siapakah mereka?

1. Jack Nicholson
Jack Nicholson memainkan Joker pada film Batman (1989) garapan Tim Burton. Dalam film ini Nicholson mampu menampilkan karakter Joker yang sadis dan dapat membunuh siapa pun tanpa alasan. Dalam film ini, Joker diceritakan memiliki selera humor yang sakit untuk menyembunyikan fakta bahwa dia mampu merancang rencana kejahatan.
Dalam film ini juga Joker sudah digambarkan berambut hijau dengan kulit putih. Keanehan penampilan Joker di film ini diceritakan karena adanya konfrontasi yang terjadi antara Joker dengan Batman di sebuah pabrik kimia. Konfrontasi tersebut membuat Joker masuk ke tangki yang berisi limbah kimia.

2. Heath Ledger
Aktor muda ini memainkan sosok Joker pada film yang digarap oleh Christopher Nolan, The Dark Knight (2008). Joker digambarkan dengan palet warna yang sudah menjadi ciri khasnya. Wajahnya dipenuhi dengan cat yang dibuat untuk menutupi bekas luka yang ada di mulut si Joker.
Ledger bisa dibilang termasuk pemeran Joker terbaik yang penuh totalitas. Berkat perannya tersebut, Ledger berhasil meraih penghargaan kategori Best Supporting Actor dalam ajang Academy Awards (Oscar). Konon hingga detik ini belum ada yang bisa menggantikan peran Ledger sebagai Joker. Ledger mampu mengeluarkan sisi sadis Joker, yang bisa membunuh dan beraksi tanpa perlu alasan apa pun.

4. Jared Leto
Joker yang satu ini masih sangat segar karena baru muncul pada 2016 lalu dalam film garapan David Ayer, Suicide Squad. Vokalis band 30 Seconds to Mars ini memainkan sosok Joker yang suka menyiksa dan membunuh. Tubuhnya pun dipenuhi dengan tato. Sayangnya, banyak orang yang mengatakan Joker versi Leto bisa tidak maksimal jika dibandingkan Joker versi aktor-aktor sebelumnya. Dari segi penampilan Leto memang cukup baik, hanya saja, karakter sadis dalam sosok Joker tidak maksimal. Saat diperankan Leto, Joker hanya terlihat aneh semata.

4. Joaquin Phoenix
Aktor terakhir di tahun 2019 yang akhirnya terlibat dalam film Joker terbaru ini akan menampilkan sisi lain kehidupan kelam Arthur Fleck. Dalam film garapan Todd Phillips, Joker ditampilkan sangat orisinal. Penonton disuguhkan dengan asal-usul si penjahat untuk pertama kalinya. Dua pengorbanan yang dilakukan Phoenix untuk tampil maksimal di film, yakni menurunkan berat badan hingga 25 kilogram, dan nyaris gila karena mendalami karakter liar Joker. 



Sumber: Suara Pembaruan