Maleficent 2 Tumbangkan Joker di Daftar Box Office

Maleficent 2 Tumbangkan Joker di Daftar Box Office
Maleficent: Mistress of Evil ( Foto: istimewa )
Dina Fitri Anisa / IDS Senin, 21 Oktober 2019 | 11:00 WIB

Los Angeles, Beritasatu.com - Film Maleficent: Mistress of Evil atau Maleficent 2 produksi Disney berhasil merebut tahta Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix dari kejayaan di box office Amerika Utara selama dua pekan belakangan ini. Diketahui, pada pekan pertama penayangannya, Maleficent 2 berhasil meraup US$ 36 juta (Rp 509,2 miliar) di 3.790 layar.

Meski terbilang sukses, pendapatan ini rupanya tidak sesuai dengan harapan rumah produksi. Angka di atas rupanya tidak sebanding dengan pendapatan film pertama pada 2014 lalu, yang berhasil mencapai US$ 69,4 juta.

Walau penonton di kawasan Amerika Utara terlihat kurang antusias menyambut film ini, tetapi tidak demikian dengan para kritikus film yang senantiasa memberikan nilai memuaskan untuk Maleficent 2. Situs Cinemascore pun langsung memberikan nilai A kepada film yang dibintang Angelina Jolie itu.

Beralih ke pasar internasional, film ini diluncurkan di semua pasar utama dan menghasilkan sekitar US$ 117 juta (Rp 1,6 triliun). Pasar Tiongkok sudah dipastikan sebagai penyumbang terbesar dengan kisaran US$ 22,4 juta, diikuti oleh Rusia ($ 10,7 juta), Meksiko ($ 7,8 juta), dan Indonesia ($ 4,8 juta).

Fakta menyebutkan, Maleficent: Mistress of Evil dirilis bertepatan dengan perayaan 60 tahun film yang asli. Tokoh Maleficent pertama kali diperkenalkan dalam film animasi klasik Sleeping Beauty yang digarap sineas Clyde Geronimi.

Maleficent pertama kali diperankan aktris Eleanor Audley, sementara tokoh Princess Aurora dimainkan Mary Costa. Diproduksi dengan bujet US$ 6 juta, film ini langsung mencetak box office lantaran di Amerika Serikat saja mengeruk pendapatan kotor US$ 51 juta. Ini merupakan angka fantastis untuk era itu.

Dalam Maleficent 2, pokok cerita berpusat pada Maleficent (Angelina Jolie) dan putri angkatnya Aurora (Elle Fanning) yang mulai berseteru. Perbedaan pandangan dan definisi keluarga membuat kehidupan kurang bahagia. Ditambah penentangan Maleficent atas rencana pernikahan Aurora.

Belum selesai masalah keluarga, Maleficent masih perlu menghadapi ancaman serangan dari luar. Maleficent: Mistress of Evil merupakan film karya Joachim Rønning dan penulis naskah Linda Woolverton, Micah Fitzerman-Blue dan Noah Harpster. Selain Jolie dan Fanning, ilm ini juga dibintangi oleh Michelle Pfeiffer, Chiwetel Ejiofor, Sam Riley, Harris Dickinson, Ed Skrein, Imelda Staunton, Juno Temple dan Lesley Manville.

Posisi dua diduduki oleh mantan jawara dari Warner Bross, Joker. Pada akhir pekan ketiga penayangannya, pendapatan film ini merosot hingga 48%. Diperkirakan pendapatan film ini pada minggu lalu adalah US$ 29,2 juta (Rp 413 miliar). Total secara kumulatif selama tiga pekan di pasar domestik, Joker mampu meraup US$ 247 juta (Rp 3,4 triliun).

Kemudian, secara internasional film ini menambahkan US$ 77,8 juta (Rp 1,1 triliun) lagi untuk kumulatif luar negeri yang kini mencapai US$ 490 juta (Rp 6,9 triliun). Bila ditotal secara keseluruhan, Joker berhasil membawa pulang US$ 737,5 juta (Rp 10,4 triliun).

Pupus
Di posisi selanjutnya terdapat film produksi Sony bertajuk Zombieland: Double Tap. Film yang baru saja rilis minggu lalu ini diharapkan mendapat pendapatan yang tinggi. Namun sayang, harapan itu pupus mengingat Maleficent 2 memiliki kekuatan jual yang lebih kuat.

Alhasil, Zombieland: Double Tap hanya menghasilkan sekitar US$ 26,7 juta (Rp 377,6 miliar) untuk tiga hari penayangannya di akhir pekan. Walau demikian, film ini berpenghasilan lebih tinggi dari sekuel peraamanya 10 tahun lalu, yaitu US$ 24,7 juta

Lantas, secara internasional, Zombieland: Double Tap memulai debutnya di satu pasar akhir pekan lalu dan sekarang bermain di 17 pasar luar negeri, di mana film ini meraup US$ 5 juta (Rp 70,7 miliar).

Inggris memimpin semua pasar dengan kinerja US$ 1,7 juta akhir pekan ini diikuti oleh Australia dengan debut US$ 1,3 juta. Ke depan, film ini akan dibuka di Rusia, Brasil, dan Meksiko akhir pekan depan diikuti dengan pembukaan di Prancis (30 Oktober), Jerman (7 November), Korea Selatan (13 November), Italia (14 November), dan Jepang (22 November).

Pada akhir pekan kedua perilisannya, komedi animasi The Addams Family meraup sekitar US$ 16,05 juta (Rp 227 miliar) selama akhir pekan, mendorong kumulasi domestik film menjadi US$ 56,8 juta (Rp 803 miliar) setelah sepuluh hari dirilis.

Menutup posisi lima teratas adalah Gemini Man yang turun 59% dengan perkiraan US$ 8,5 juta (Rp 120 miliar). Secara internasional, film ini menghasilkan sekitar US$ 33,4 juta (Rp 472 miliar) di akhir pekan ini. Sebagian besar berasal dari pembukaan US$ 21 juta di Tongkok.



Sumber: Suara Pembaruan