Tidak Ada Hantu Seksi di Film Si Manis Jembatan Ancol

Tidak Ada Hantu Seksi di Film Si Manis Jembatan Ancol
Arifin Putra dan Indah Permatasari berpasangan dalam film "Si Manis Jembatan Ancol", yang rencana tayang di layar lebar pada Desember 2019. ( Foto: istimewa )
Dina Fitri Anisa / EAS Sabtu, 2 November 2019 | 13:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Cerita legendaris Si Manis Jembatan Ancol segera diangkat kembali ke layar lebar. Judul dari film serta serial televisi yang pernah digemari pada tahun 90-an itu, kini dipegang oleh sutradara Anggy Umbara. Khusus di film remake, Anggy menginginkan ceritanya kembali ke akar kisah yang sudah ada.

Anggy bahkan rela menanggalkan image seksi dalam film Si Manis Jembatan Ancol garapan dirinya. Dalam trailer dan poster film itu, Indah Permatasari yang memerankan Si Manis mengenakan gaun panjang berwarna merah yang tertutup dan kerudung.

"Si Manis ini dulu identik dengan baju seksi di pinggir jalan. Saya mau hapuskan itu. Saya mau mengingatkan kembali aslinya enggak kayak gitu. Aslinya pakai kerudung dan perempuan baik-baik di film 1973,” terang Anggy Umbara saat peluncuran poster dan spesial trailer di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2019).

Tidak hanya dari citra diri Si Manis, film produksi MVP Pictures ini juga ingin menyampaikan pesan mengenai potret tentang kaum wanita yang hak-haknya masih dirampas. Anggy ingin menuangkan pesan tersebut karena dirinya resah, saat ini masih banyak wanita di Indonesia yang belum mendapatkan hak-haknya dan mendapat perilaku baik dari lingkungan sekitar.

Lewat film Si Manis Jembatan Ancol yang ia garap, Anggy mengingatkan kembali pada masyarakat kisah asli tokoh Si Manis. Pun demikian, Anggy tidak mau terlalu kaku. Ia memutuskan mengemas film tersebut dengan lebih kekinian.

"Walau berlatar belakang tahun 70-an, tetapi penonton akan menemukan cerita lebih modern, periodik juga multi modern. Isu yang diangkat masih sama tetapi tetap nyambung dengan sekarang. Seperti, isu sosial, hubungan kekeluargaan, cinta, dan juga pembalasan dendam,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggy Umbara mempercayakan Indah Permatasari sebagai pemeran Maryam, karena ada alasan khusus. Selain memiliki wajah ayu nan cantik, Indah juga dianggap memiliki tatapan yang hangat dan senyum misterius. Ia pun yakin Indah Permatasari masih yang terbaik untuk memerankan sosok Maryam.

"Sejak pertama kali menulis cerita ini, saya sudah membayangkan bahwa pemeran yang cocok untuk Si Manis adalah Indah Permatasari. Ternyata, para produser menyetujuinya,” terang Anggy.

Penuh Tantangan
Sementara itu, bukan hal mudah bagi aktris Indah Permatasari untuk berakting sebagai karakter Maryam di film Si Manis Jembatan Ancol. Hal itu karena ia tidak punya banyak waktu untuk mendalami karakter hantu yang melegenda itu.

Indah mengaku baru bergabung dengan tim yang lain saat detik-detik terakhir. Alhasil ia harus mengejar ketertinggalannya. Beruntung sang sutradara, Anggy Umbara membebaskannya mengembangkan karakter Maryam sesuai versinya sendiri, tidak harus terpaku dengan pendahulunya, Diah Permatasari dan Kiki Fatmala.

"Si Manis legenda sekali. Hampir semua orang tahu. Aku lahir di tahun 90-an, tetapi aku paham dan kenal sosok Si Manis seperti apa. Beban iya sedikit, tetapi ini kan film dari originalnya si film yang tayang 1973 bukan dari sinetron. Jadi masih bisa dilakukan, meski sulit karena waktu untuk reading dan persiapan mepet," kata Indah Permatasari.

Seperti diketahui, Si Manis Jembatan Ancol juga turut diperankan oleh Ozy Syahputra, Arifin Putra hingga Randy Pangalila. Film produksi MVP Pictures dan Umbara Brothers Film ini rencananya tayang di bioskop pada 26 Desember 2019.



Sumber: Suara Pembaruan